Masya Allah! Ini 13 Manfaat Sholat Tahajud, Mulia Di Dunia Selamat Di Akhirat

Sholat tahajud mempunyai manfaat yang sangat besar jikalau dikerjakan secara rutin setiap mala Masya Allah! Ini 13 Manfaat Sholat Tahajud, Mulia di Dunia Selamat di Akhirat
13 Manfaat Sholat Tahajud, Mulia di Dunia Selamat di Akhirat (ilustrasi: bersamadakwah.net)

Sholat tahajud mempunyai manfaat yang sangat besar jikalau dikerjakan secara rutin setiap malam.

Bahkan, manfaat sholat tahajud sanggup kita rasakan pribadi di dunia, apalagi di akhirat...

Muslim mana yang tidak ingin menerima predikat muslim sejati di mata Allah? Pastinya semua muslim ingin terlihat bederma salah dan bertakwa di hadapan pencipta-Nya kelak.

Hal ini pula mungkin yang selalu dipikirkan oleh kaum muslimin dan muslimat di seluruh dunia. Sehingga tak jarang mereka selalu melaksanakan kewajiban serta sunnah secara sempurna.

Begitu banyak sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad guna menuntun kehidupan kaum muslim di muka dunia.

Salah satunya ialah salat tahajud yang banyak dilakukan oleh kaum muslim di seluruh dunia. Salat tahajud sendiri ialah salat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangkit dari tidur.

Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad, yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’. Tak jarang banyak orang yang mengerjakannya di kala terbangun di tengah malam.

Sholat tahajud ialah sholat yang sangat istimewa. Satu-satunya sholat sunnah yang perintahnya pribadi disebutkan dalam Al Qur’an disertai dengan keutamaannya. sholat tahajud dikerjakan sehabis tidur, dinamakan shalat Tahajud, artinya terbangun malam.

Jadi, kalau mau mengerjakan sholat Tahajud, harus tidur dulu. Shalat malam ( Tahajud ) ialah kebiasaan orang-orang shaleh yang hatinya selalu berdampingan dengan Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kau sebagai suatu ibadah embel-embel bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kau ke kawasan yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Sholat tahajud mempunyai manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Karena manfaat ini pula, mengapa sehingga sholat tahajud sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Banyak dalil-dalil, baik itu Al-Qur'an maupun hadis yang memperlihatkan klarifikasi wacana kandungan manfaat yang dimiliki oleh sholat sepertiga malam ini. Beberapa diantaranya seperti, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan masih banyak lagi.

Tentunya, semua itu hanya sanggup diraih jikalau kita rajin untuk bertahajud.

Mungkin, ini pula yang menjadi sebab, Rasulullah di sepanjang hidupnya tidak pernah meninggalkan sholat tahajud. Bahkan, dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa, sebelum sholat lima waktu diwajibkan kepada Rasulullah, perintah melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali diterima oleh dia dari Allah SWT.

Shalat tahajud merupakan shalat sunat yang dikerjakan pada malam hari yaitu waktu yang utama sepertiga malam yaitu antara jam 03.00.

Dimana disepertiga malam merupakan waktu yang sangat mustajabah untuk berdoa (doanya akan terkabul). Pada waktu tersebut para malaikat akan turun ke bumi. Shalat sunat tahajud dilakukan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak tidak ada batasannya dengan diakhiri dengan shalat witir sebagai penutup.

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata :

Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga jerawat kedua telapak kaki beliau,lalu saya katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melaksanakan mirip ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang kemudian maupun yang akan tiba telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah saya dilarang menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Nabi yang telah dijamin keselamatan serta kebahagiaannya saja selalu melaksanakan shalat tahajud, tetapi kadang kita masih ragu untuk melaksanakan shalat tahajud.

Berikut manfaat sholat tahajud bagi yang rutin melaksanakannya:

Manfaat sholat tahajud (ilustrasi: tribunnews.com)

1. Dikabulkannya Doa-doa

Begitu banyak hadits keutamaan sholat tahajud, salah satunya ialah dikabulkannya doa-doa kita.

"Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang final dari waktu malam, kemudian berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) niscaya akan kukabulakn, adakah orang yang meminta, niscaya akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, niscaya akan kuampuni baginya hingga tiba waktu Subuh." (Al-Hadis).

2. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji

Begitu juga keutamaan sholat tahajud dalam Al-Qur'an. Manfaat sholat tahajud yang kedua ialah Allah SWT akan mengangkat derajat ke kawasan yang terpuji. Keterangan wacana ini sanggup kita baca dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kau sebagai suatu ibadah embel-embel bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kau ke kawasan yang terpuji." (QS A1-Isra [17]: 79).

Selain itu, keterangan lain sanggup ditemukan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Abi Darda r.a, bahwa Rasulullah bersabda:

"Ada 3 macam manusia, Allah SWT menyayangi mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya ialah orang yang mempunyai istri elok serta kawasan tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangkit malam (untuk sholat), kemudian Allah SWT berkata: 'Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur." (Riwayat Ath-Thabrani).

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Manfaat sholat tahajud yang ketiga ialah sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dikuatkan lewat hadits keutamaan sholat tahajud.

Rasullullah SAW bersabda:

"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam lantaran sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta epilog kesalahan dan penghapus dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Dalam riwayat yang lain, dikatakan bahwa Jibril pernah berkata kepada Rasulullah Saw:

"Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman ialah perilaku berdikari dari pinjaman orang lain". (Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

4. Memperoleh aneka macam Kemuliaan

Manfaat sholat tahajud yang keempat ialah akan memperoleh aneka macam kemuliaan. Hal ini diperkuat menurut keterangan hadis Rasulullah SAW, yang bersabda:

"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memperlihatkan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."

Adapun lima keutamaan di dunia itu ialah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan bisa mengucapkan kata-kata yang mengandung nasihat dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

5. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sholat tahajud yang kelima ialah manfaat sholat tahajud untuk kesehatan.

Tahajud sanggup mengusir aneka macam penyakit dan di ketika yang sama meningkatkan kekebalan tubuh. Sedikit yang menyadari bahwa kepatuhan kita mengerjakan ritual keagamaan semisal sholat tahajud akan memperlihatkan dampak pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Hal ini menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa di ketika yang sama ketika kekebalan tubuh sudah meningkat, otomatis segala penyakit yang mengalah akan musnah dengan sendirinya.

6. Menjauhkan Diri dari Kelalaian Hati

Manfaat sholat tahajud yang keenam ialah menjauhkan diri dari kelalaian hati. Penjelasan wacana ini sanggup ditemukan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas." (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

7. Meringankan Lamanya Berdiri pada Hari Kiamat

Keterangan wacana ini sesuai yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas ra, yang berkata:

"Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari final zaman diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir." (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

8. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan

Manfaat sholat tahajud yang kedelapan ialah sanggup mencegah diri dari perbuatan dosa dan menghapus kejahatan. Ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahli ra, yang berbunyi:

"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sebenarnya ia ialah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

9. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya

Tentang ini, pernah suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, "Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam mempunyai muka yang bagus?".

Hasan Basri menjawab: "Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memperlihatkan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya." (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Terkait dengan ini pula, Imam Ibnul Qayyim pernah berkata:

"Sesungguhnya sholat malam itu sanggup memperlihatkan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan sholat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab, ‘Sholat malam itu sanggup membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus".

10. Dapat Melancarkan Aliran Darah

Bangun pada pukul 02.30 untuk melaksanakan sholat tahajud ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Pada waktu tersebut, udara disekitar sangat segar bebas dari polusi. Pada ketika itu juga, tubuh mempunyai kesempatan untuk menggerak-gerakkan seluruh otot yang menciptakan tubuh lebih segar dan fatwa darah terasa lebih lancar.

Doa Sesudah Sholat Tahajud, Syarat, Jumlah Rakaat, Serta Tata Cara Tahajud yang Benar

11. Jaminan Masuk Surga

Manfaat sholat tahajud ke-11 ialah menerima jaminan masuk surga. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah ketika orang pada terlelap, maka masuklah nirwana dengan selamat". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

12. Penyelamat dari Siksa Neraka

Manfaat sholat tahajud yang ke-12 ialah sanggup menyelamatkan diri dari siksa api neraka.

Tentang ini, Ibnu Umar r.a pernah meriwayatkan bahwa pada masa Rasulullah SAW, ketika seseorang bermimpi, ia akan menceritakan mimpi tersebut ke Rasulullah SAW. Aku pun berharap menerima mimpi yang sanggup kuceritakan kepada Rasulullah SAW. Dia berkata,

"Aku ialah seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasululullah Saw, maka saya bermimpi seolah-olah dua malaikat mengambilku dan membawaku ke neraka, ternyata ia ialah bangunan mirip bangunan sumur. Ia mempunyai dua palang mirip palang sumur. Di dalamnya terdapat insan yang telah saya kenal. Maka saya mulai mengucapkan, 'Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka'. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku, 'Janganlah takut!' (Mimpi ini) saya ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan dia bersabda, "Sebaik-baik lelaki ialah Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam." Salim berkata, 'setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar." (HR Bukhari dan Muslim).

13. Penyebab Husnul Khatimah

Manfaat sholat tahajud yang ke-13 ialah seorang hamba akan meraih husnul khatimah di ketika ajal menjemputnya.

Kita semua menyadari bahwa semua yang bernyawa niscaya akan berpisah dan meninggalkan dunia ini menuju kawasan abadi di akhirat. Sholat tahajud sanga bermanfaat bagi siapa saja yang mengerjakannya, lantaran sholat ini bisa membantu orang tersebut untuk mencapai husnul khatimah.

Semoga kehadiran 13 manfaat mengerjakan sholat tahajud di atas, akan menciptakan kita semua lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah sholat tahajud.

Tentunya, semua manfaat ini sayang untuk kita sia-siakan. Sholat tahajud menyerupai hadiah dari Allah SWT untuk kita semua, maka berbahagialah kita sebagai hamba Allah, selamat bertahajud.

Wallahu A'lam.