Cara Gampang Mencar Ilmu Baca Al Qur'an Dengan Cepat, Dapat Lewat Aplikasi Hp

Tak ada kata terlambat untuk mencar ilmu membaca Al Cara Praktis Belajar Baca Al Qur'an dengan Cepat, Bisa Lewat Aplikasi HP
Cara Praktis Belajar Membaca Al Qur'an dengan Cepat (foto: onino.web.id)

Tak ada kata terlambat untuk mencar ilmu membaca Al-Qur’an.

Sebagaimana yang dikatakan dalam Hadist; "Sebaik-baik orang diantara kau yaitu yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya" HR Bukhari.

Pembahasan mengenai Cara Belajar Membaca Al-Qur’an tentunya cukup banyak dicari oleh kalangan Pembaca Muslim Online yang ada di tanah air, alasannya yaitu tidak sanggup dipungkiri bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara Muslim yang kebanyakan Masyarakatnya beragama Islam.

Oleh alasannya yaitu itu tentu aneka macam masyarakat Muslim Tanah Air yang mencari isu di Internet wacana cara mencar ilmu Al-Qur’an untuk pemula ataupun bagaimana cara mencar ilmu membaca alquran dengan cepat? maksudnya yaitu cepat sanggup membaca Al-Qur'an.

Sebagian orang beranggapan kalau membaca Al-Qur’an itu sulit dipelajari dan susah untuk dipahami terlebih khusus bila kita sudah beranjak dewasa. Kondisi menyerupai ini sanggup dimengerti alasannya yaitu kita ketuhi bersama bahwa bahasa alquran memakai bahasa arab.

Belajar membaca Al-Qur’an dan memahami kandugan Al-Qur’an, tentunya jauh lebih sulit lagi. Untuk mencar ilmu membaca Al-Qur’an perlu energi yang besar, selain fikiran perlu motivasi yang tidak kecil.

Tapi apakah demikian ? tentunya mencar ilmu membaca alquran tidaklah se menyeramkan yang kita fikirkan.

Jika kita benar-benar belum sanggup membaca Al-Qur’an dengan baik yaitu sesuai dengan tajwid, tidak perlu berkecil hati, tidak perlu minder karena, membaca ayat-ayat Al-Qur’an sanggup dipelajari dengan gampang dan cepat.

Allah sendiri yang menjamin dalam surat Al-Qamar (54) ayat 17

"Dan gotong royong telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?"

Keutamaan membaca Al-Qur’an

Keutamaan membaca Al Qur’an sekali lagi sangat banyak, dan dalam hal ini telah dijelaskan oleh Hadits-Hadits Shahih menyerupai telah diterangkan oleh Abdulllah bin Mas’ud Ra bahwa ia berkata, ‘ Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda;

Siapa yg membaca 1 abjad dari kitab suci Al Qur’an maka bagi-nya 1 kebaikan dg bacaan tersebut, 1 kebaikan dilipatkan menjadi 10 kali kebaikan semisalnya, dan Aku tidak menyampaikan ALIF itu 1 huruf, melainkan Alif Satu Huruf, Laam satu abjad dan Miim satu huruf ”. (HR. Tirmidzi)

Selain itu terdapat Hadits Shahih bahwa dari Sahabat Abu Umamah Al Bahili Ra berkata, saya mendengar Nabi Muhammad Sallallahu alaihi wasallam bersabda :

Bacalah oleh kalian Al Qur’an, alasannya yaitu Al Qur’an akan tiba pd hari selesai zaman kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang2 yg rajin membaca-nya ”. (HR. Muslim, NO 804)

Tentunya masih ada banyak lagi Hadits-Hadist Shahih yg menandakan keutamaan membaca Al Qur’an, oleh alasannya yaitu itu ada baiknya bagi Umat Muslim untuk selalu mencar ilmu dan membaca Al Qur’an di setiap harinya.

Cara Belajar Membaca Al Qur’an Bagi Pemula



Berikut akan kami paparkan cara mencar ilmu baca Al-Qur’an pemula atau belajar baca Al-Qur’an untuk cukup umur tingkat dasar.

Ulasan ini pun juga sanggup diterapkan sebagai cara mencar ilmu baca mencar ilmu baca alquran anak.

1. Pengenalan Dasar Huruf Hijaiyah

Pengertian abjad Hijaiyah sendiri ialah abjad yg ejaannya bahasa arab sebagai bahasa orisinil Al Qur’an, sanggup dikatakan bahwa abjad Hijaiyah menyerupai abjad Abjad (A B C D E) di dalam bahasa Indonesia.

Sehingga bila kalian ingin lancar dalam membaca Al Qur’an maka kalian harus mencar ilmu dan mengerti akan abjad Hijaiyah dan ejaannya.

Adapun untuk pengenalan dasar wacana abjad Hijaiyah disini, bahwa abjad -huruf hijaiyah yang dipakai didalam Kitab Suci Al Qur’an terdapat 29 macam dan jumlah abjad hijaiyah tersebut sudah termasuk Alif.

Dibawah ini sanggup kalian lihat 29 Macam Huruf Hijaiyah didalam Al Qur’an.


Sumber: mistamajahp.com

2. Mengenal Tanda Baca (Harakat)

Kemudian didalam cara mencar ilmu membaca Al-Qur’an yang kedua sehabis mempelajari huruf-huruf Hijaiyah ialah harus mengenal dan mempelajari tanda baca atau harakat didalam Al Qur’an.

Hal tersebut dikarenakan tanda baca (Harakat) ini berfungsi untuk memilih bagaimana huruf-huruf Hijaiyah didalam Al-Qur’an diucapkan atau dilafalkan. Sebagai contohnya bila didalam Bahasa Indonesia terdapat A I U E O, dan tanda baca (Harakat) didalam Al Qur’an (Bahasa Arab) sendiri antara lain.

Tanda Baca Fathah, Tanda Baca Alif Khanjariah, Tanda Baca Kasrah, Tanda Baca Dammah, Tanda Baca Sukun, Tanda Baca Tasydid, Tanda Baca Tanwin dan Tanda Baca Wasal.

Adapun untuk pengenalan lebih detail mengenai Tanda Baca Harakat ini, kalian sanggup mencarinya Buku Tajwid Al-Qur’an yang banyak di Jual di Toko Buku, atau sanggup tanya (belajar) pribadi ke Ustad disekitar Anda.

3. Mengenal Bacaan Tajwid Al-Qur’an

Lalu langkah cara mencar ilmu membaca Al-Qur’an selanjutnya ialah dengan lebih mengenal bacaan-bacaan Tajwid Al-Qur’an.

Ilmu bacaan Tajwid Al Qur’an ini yaitu ilmu yang dipakai untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf-huruf (Bacaan) Al-Qur’an secara baik dan benar. Seperti dibacakan secara mendengung, kurang jelas atau jelas.

Secara sederhana bahwa bacaan Tajwid ini sanggup dikatakan sebagai grammar nya didalam Bahasa Inggris, dan adapun Grammar didalam Bahasa Arab sendiri (Macam – Macam Bacaan Tajwid) antara lain Bacaan Idzhar, Bacaan Idgham, Bacaan Iqlab dan masih banyak yang lainnya.

Sangat direkomendasikan bila kalian ingin lebih mengenal dan memahami wacana bacaan-bacaan Al-Qur’an. Maka, sangat baik sekali bila kalian sebagai seorang Muslim-Muslimah untuk membeli buku-buku wacana Bacaan Tajwid Al-Qur’an yang banyak di jual di Toko Buku, dan sehabis itu sanggup juga dengan mencar ilmu secara pribadi dengan Ustad disekitar rumah kalian.

Kunci Cepat Belajar Al-Qur’an Selama 30 Menit


Sumber foto: tribunnews.com.

Sesuai dengan namanya metode ini hanya memerlukan waktu 30 menit untuk sanggup membaca Al-Qur’an, yang nantinya dilanjutkan dengan praktek.

Penemu metode 30 menit lancar membaca Alquran ini yaitu Ustaz Achmaf Farid Hasan. Ustaz Farid mengatakan, terdapat tiga kunci untuk lancar membaca Al Qur’an dengan memakai metode tersebut.
  • Pertama, seseorang itu harus menguasai abjad Alquran yang jumlahnya 30 huruf.
  • Sementara, kunci yang kedua harus sanggup menguasai tanda baca Alquran yang jumlahnya ada delapan tanda baca. Untuk sanggup menguasai abjad dan tanda baca itu diharapkan waktu 30 menit. Setelah itu dilanjutkan dengan praktik.
  • Sementara kunci yang ketiga, kata Ustaz Farid, dengan menguasai tajwid yang ada dalam Al-Quran. Dimana, untuk menguasai tajwid tersebut sanggup dipraktekkan seiring dengan praktik yang dilakukan sehabis acara ini kedepannya.

Namun untuk menguasai abjad Alquran tersebut dengan cepat, kata Ustaz Farid, juga ada beberapa teknik. Dimana, pertama dengan menyebut 30 abjad tersebut dengan nama latinnya.

Contoh: Kalau abjad alif sama dengan A kalau latinnya, hamzah juga A, Ain juga A, jadi A ada tiga. Terus dal, dho itu disebut D semua. Sin, Syin, Sod itu S semua.

: 25 Doa Mustajab dari Al Qur'an yang sanggup Dibaca Disetiap Kesempatan
Karena dalam satu abjad latin terdapat beberapa abjad Alquran, maka teknik membedakannya dengan diberi ciri-ciri terhadap abjad tersebut. Teknik tersebut merupakan teknik kedua untuk sanggup menguasai 30 abjad tersebut.

Setelah melalui dua teknik tersebut, maka selanjutnya dengan mengajari bagaimana melafalkan abjad tersebut dengan benar, sesuai dengan tajwid.

Cara Belajar Membaca Al-Qur'an Sendiri dengan Aplikasi


Aplikasi mencar ilmu Al-Qur'an

Sebenarnya, ada cara lain yang gampang untuk kita sanggup belajar membaca Al-Qur'an secara mandiri. Yaitu dengan belajar baca alquran apk (aplikasi hp).

Aplikasi yang mengajarkan membaca al-Qur'an disertai dengan pengucapannya (audio), dan dilengkapi dengan dasar-dasar ilmu tajwid sekarang semakin banyak di PlayStore.

Anda sanggup Download Aplikasi Baca Al-Qur'an tersebut dan pribadi mempraktekkannya.

Kuncinya yaitu mencar ilmu secara sunguh-sungguh dan rajin, Insya Allah amal baik Anda untuk mencar ilmu membaca Al-Qur'an dimudahkan oleh Allah SWT.

Demikian, agar bermanfaat.