Penjelasan Lengkap Nanah Jalan Masuk Pernafasan Akut


Image Source: radarbogor.id

Penyakit ISPA atau abuh kanal pernapasan akut sangat perlu diwaspadai. Membekali diri dengan pengetahuan perihal perawatan abuh kanal pernapasan akut sanggup menciptakan Anda terhindar dari serangan penyakit ISPA ini.

Apa itu abuh kanal pernafasan akut? Apa tanda-tanda abuh kanal pernafasan akut? Berikut Penjelasannya.

Definisi ISPA 

Apa itu abuh kanal pernafasan akut? ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) ialah abuh yang terjadi pada kanal pernapasan yang disebabkan oleh kuman dan sangat menular. Saluran napas terdiri dari kanal napas atas dan kanal napas bawah. Saluran napas atas ialah kanal napas yang  seringkali terkena abuh pertama kali. Orang yang menderita penyakit ISPA atau abuh kanal pernafasan akut ini sanggup menularkan penyakitnya kepada mereka yang berkontak eksklusif dengannya.

Penularan penyakit ISPA ini sanggup juga disebabkan penderita mengalami batuk atau bersin, lalu kuman penyebab ISPA tersebut menular kepada orang yang ada di dekatnya.

Penyebab ISPA

Bronkitis akut umumnya disebabkan oleh abuh paru-paru, 90% di antaranya ialah virus. Serangan berulang dari bronkitis akut, yang melemahkan dan mengiritasi bronkus kanal udara dari waktu ke waktu, sanggup menimbulkan bronkitis kronis.

Bronkitis kronis ditemukan dalam tingkat yang lebih tinggi pada tempat industri ibarat pertambangan watu bara yang para pekerjanya terpapar bubuk dan asap. Tapi penyebab utama ialah merokok jangka panjang, yang mengiritasi kanal bronkial dan mengakibatkan kanal bronkhial untuk menghasilkan lendir yang berlebihan.

Gejala ISPA

Apa gejala abuh kanal pernafasan akut? Gejala abuh kanal pernapasan akut meliputi:
  • Batuk kering.
  • Dahak berwarna kuning, putih, atau hijau,  muncul 24 hingga 48 jam sehabis batuk dimulai.
  • Demam menggigil.
  • Rasa nyeri dan sesak di dada.
  • Nyeri di bawah tulang dada dikala bernapas dalam-dalam
  • Sesak napas.

Gejala-gejala bronkitis kronis adalah:

Batuk persisten (menetap) yang memproduksi dahak kuning, putih, atau hijau (setidaknya tiga bulan dalam setahun atau selama lebih dari dua tahun berturut-turut).Kadang-kadang disertai mengi atau sesak napas.

Cara mencegah abuh kanal pernafasan akut yaitu dengan segera berkunjung ke dokter jika:
  • Batuk begitu berat sehingga mengganggu acara tidur atau harian atau mengakibatkan nyeri dada persisten. Karena batuk yang ibarat itu sanggup merusak kantung udara dalam paru-paru.
  • Gejala bertahan lebih dari seminggu dan lendir menjadi lebih gelap, lebih tebal, adanya peningkatan volume dahak, atau ternyata berdarah.
  • Gejala bronkitis akut diikuti dengan problem paru-paru atau jantung kronis, atau terinfeksi virus (HIV) yang mengakibatkan AIDS; abuh pernapasan sanggup menciptakan rentan terhadap penyakit paru-paru yang lebih serius, ibarat pneumonia.
  • Kesulitan bernapas. Seperti asma, emfisema (PPOK) atau penyakit jantung.