Rekomendasi Buah Penurun Kolesterol


Image Source: pixabay.com
Kolesterol tinggi yakni adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal. Kolesterol yang terlampau tinggi sanggup menyebabkan stroke sampai serangan jantung.

Namun tenang, salah satu cara mengatasi persoalan kolesterol tinggi yakni dengan mengkonsumsi buah penurun kolesterol. Lalu apa saja buah penurun kolesterol? Yuk simak dibawah ini.

Buah-Buah Penurun Kolesterol

1. Buah apel


Image Source: pixabay.com
Apakah buah penurun kolesterol yang pertama? Yaitu buah apel, sebab buah apel mempunyai kandungan pektin. Pektin sendiri yakni serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar badan lewat urin dan feses.

2. Buah alpukat


Image Source: pixabay.com
Alpukat kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang sanggup berkhasiat untuk menghambat peresapan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, dengan mengkonsumsi secara rutin 1 buah alpukat setiap hari sanggup membantu menurunkan kolesterol jahat.

3. Buah pir


Image Source: pixabay.com
Buah pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Salah satunya jenis serat yang terdapat dalam pir yakni pektin. Pektin mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari badan sehingga sanggup membantu menurunkan kolesterol jahat.

4. Buah dengan keluarga berry (strawberry, blueberry, cranberry, dll)


Image Source: pixabay.com
Buah dengan keluarga berry kaya akan kandungan serat pektin, serat larut air yang sanggup mengikat kolesterol yang terserap di usus halus, sehingga kadar kolesterol jahat menurun dan tergantikan dengan kolesterol baik.

5. Buah anggur


Image Source: pixabay.com
Buah anggur juga kaya akan kandungan serat larut air yang sanggup berkhasiat untuk membantu mengikat kolestrol yang terserap di usus halus. Selain itu, buah anggur mempunyai senyawa antioksidan yang tinggi, apalagi anggur merah. Antioksidan sendiri sanggup membantu meningkatkan kolestrol baik dan menurunkan kolestrol jahat.

6. Buah jeruk


Image Source: pixabay.com
Buah jeruk juga kaya akan serat larut air yang sanggup mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Selain itu, buah jeruk mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol dan sekaligus membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

7. Buah nanas


Image Source: pixabay.com
Apakah buah nanas penurun kolesterol? Jawabannya benar. Karena buah nanas kaya akan kandungan vitamin C dan mangan. Vitamin C yang terdapat dalam buah nanas membantu menstabilkan kolesterol yang menyebabkan asam urat berlebih.

Demikian klarifikasi diatas apa buah penurun kolesterol yang terbukti ampuh dan efektif. Selamat mencoba dan biar bermanfaat!
Related Posts