Resep Masakan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Perhatikan Biar Janin Sehat

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat  Resep Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Perhatikan Agar Janin Sehat
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Sehat (Foto: Alodokter)

Asupan masakan yang sehat sangat perlu diperhatikan oleh ibu hamil muda.

Sebab, pada usia kehamilan trimester pertama inilah janin rentan mengalami keguguran.

Makanan sehat untuk ibu hamil muda harus menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin mempunyai janin dan bayi yang sehat. Sebab jikalau tidak, akan beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Pada usia kehamilan trimester pertama sangat penting untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral sehingga janin sanggup berkembang dengan baik.

Walaupun hampir setiap hari merasa mual dan muntah pada 3 bulan pertama, jangan pantang mengalah untuk mengatur gizi masakan sehari-hari.

Jangan percaya mitos bahwa ibu hamil harus makan 2 kali lipat alasannya yaitu sedang ‘berbadan dua’. Yang benar adalah, makanlah 2 kali lebih bergizi, bukan 2 kali lebih banyak.

Bila kita makan berlebihan, asupan kalori yang kelebihan akan menciptakan tubuh kegemukan. Ibu hamil yang gemuk belum tentu melahirkan bayi gemuk pula. Akhirnya justru ibu hamil akan kesulitan menurunkan berat tubuh sesudah melahirkan nanti.

Jadi, bagaimana cara mengatur gizi ibu hamil? Makanan yang kita makan, sebaiknya diatur semoga “tepat sasaran”. Maksudnya, kita makan sesuai dengan tahap pertumbuhan janin.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas masakan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan demi bulan di sini.

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan: Folic acid sangat penting


Sumber: Times Indonesia

Pada umumnya, kehamilan gres diketahui pada usia 4 minggu. Sebagaimana dilansir dari Theasianparent, ketika itu janin masih berupa embrio dan besarnya kira-kira menyerupai selasih.

Makanlah multivitamin untuk ibu hamil yang mengandung minimal 400 mcg folic acid alasannya yaitu zat ini berfungsi untuk mempersiapkan rahim dan mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada bayi.

Selain terdapat pada multivitamin untuk ibu hamil, folic acid terdapat pada brokoli, kembang kol, kol, wortel, jagung, kacang kedelai, jeruk, jambu klutuk, alpukat, sereal berbahan gandum atau jagung.

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan

Pada perinsipnya, makanan sehat untuk ibu hamil di trimester pertama harus memenuhi 4 sehat 5 tepat setiap harinya:
  • karbohidrat, contohnya : nasi, roti, kentang, oatmeal (havermouth)
  • sayuran
  • buah-buahan
  • protein, contohnya : ayam, sapi, telur, tahu, tempe
  • produk susu, contohnya : susu, yogurt, keju

Contoh masakan yang sehat untuk ibu hamil untuk memehuni kebutuhan nutrisi ketika hamil:
  • Sebaiknya, porsi sayuran dan buah-buahan lebih banyak daripada porsi karbohidrat.
  • Makanlah dalam porsi kecil-kecil namun sering, untuk mengurangi rasa mual.
  • Waktu makan yang dianjurkan yaitu 5 kali, yaitu sarapan, makan siang, makan malam, serta diselip cemilan di antara 3 kali makan utama tersebut.
  • Semua masakan tersebut tidak harus komplit dalam 1 kali makan. Misalnya, bila pada ketika sarapan Anda hanya makan telur, susu, dan roti, berarti sayuran dimakan pada ketika makan siang dan malam, serta buah dimakan ketika ngemil sore hari.

Tubuh butuh cairan

Selama hamil, jagalah semoga meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari. Cairan yang kita minum sanggup pula berupa jus buah dan susu. Sama menyerupai makan, sebaiknya minum juga dibagi-bagi menjadi porsi kecil-kecil tetapi sering.

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil


Sumber: featherlandeggfarm.com

Mulai ketika ini, kurangilah konsumsi kafein. Batas maksimum yang dianjurkan yaitu 200 mg per hari, kira-kira 2 cangkir kopi per hari.

Makanan lain yang harus dihindari yaitu :
  • alkohol
  • mayonaise, alasannya yaitu mengandung telur mentah
  • telur yang kurang matang
  • daging yang kurang matang
  • daging hotdog atau hamburger, kecuali digoreng terlebih dahulu
  • sushi
  • produk susu yang tidak dipasteurisasi terlebih dahulu
  • seafood yang kandungan merkurinya tinggi, contohnya kerang

Camilan Sehat untuk Ibu Hamil


Sumber: daylimoslem.com

Ibu hamil bukan berarti tak boleh nyemil. Namun tentunya Anda harus mengetahui jenis-jenis kudapan yang sehat dan baik untuk ibu hamil. Beberapa kudapan yang sanggup Anda konsumsi yaitu:

1. Guacamole

Guacamole adalah saus celup yang terbuat dari alpukat. Untuk mengonsumsi guacamole, Bunda sanggup memakai aneka macam cara. Beberapa di antaranya menyerupai menyajikannya bersama sayuran, keripik, atau biskuit.

2. Apel

Manfaat buah apel sudah tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk ibu hamil. Apel sanggup dipanggang atau diolah dengan aneka macam cara gampang untuk dijadikan kudapan sehat. Kandungan serat dalam apel sangat baik untuk kesehatan si Kecil di perut Bunda.

Contoh Keputihan Tanda Hamil 1 Minggu dan Ciri-ciri Tanda Awal Kehamilan

3. Kacang-kacangan

Agar lebih nikmat, kacang-kacangan sanggup dipadukan dengan kudapan sehat lain menyerupai yoghurt atau biskuit.

Salah satu jenis kacang yang kaya nutrisi yaitu almond, alasannya yaitu mengandung banyak kalsium, serat, dan lemak tidak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung.

4. Smoothie

Smoothie menjadi masakan yang kian terkenal alasannya yaitu manfaat kesehatan dan kelezatannya.

Camilan ini terbuat dari aneka macam buah dan sayuran segar sehingga mengandung banyak nutrisi. Agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi, gunakan susu rendah lemak ya, Bun.

5. Popcorn

Bunda mungkin tidak menyangka kalau popcorn termasuk jenis kudapan sehat.

Untuk mendapat popcorn yang sehat, Bunda sanggup membuatnya sendiri dengan menghindari penggunaan mentega dan garam berlebihan. Sebagai ganti, tambahkan parutan keju ketika popcorn masih panas semoga cita rasanya tetap nikmat.

6. Sereal

Terbuat dari gandum utuh, sereal menjadi alternatif kudapan sehat lain yang sanggup Bunda konsumsi selama hamil.

Agar semakin nikmat, padukan sereal dengan bermacam-macam buah segar. Dengan begitu, kudapan ini akan lebih mengenyangkan dan kaya gizi.

7. Yoghurt

Camilan yang terbuat dari olahan susu ini juga sehat untuk dikonsumsi ibu hamil. Tak hanya mudah dan lezat, yoghurt juga mempunyai banyak kandungan bermanfaat.

Untuk menciptakan kandungan nutrisinya makin lengkap, Bunda sanggup menambahkan buah-buahan segar.

8. Telur Rebus

Telur merupakan materi masakan yang kaya akan aneka macam kandungan bermanfaat. Beberapa di antaranya yaitu kalsium, protein, dan vitamin A.

Semua kandungan tersebut menciptakan telur menjadi sajian yang penuh nutrisi untuk ibu hamil.

9. Ubi

Kandungan vitamin dan mineral dalam ubi sangat baik untuk kesehatan kehamilan.

Menariknya, ubi tetap nikmat dimakan dalam keadaan orisinil atau sudah diolah. Jika bosan dengan ubi rebus, buat saja kudapan lain menyerupai keripik ubi.

10. Edamame

Edamame menjadi salah satu kudapan yang banyak digemari orang Indonesia. Saat resah menentukan kudapan selama hamil, edamame sanggup menjadi pilihan.

Kandungan vitamin C dan mineral lain dalam edamame sangat baik bagi kesehatan kehamilan Bunda

Nah, demikianlah makanan sehat untuk ibu hamil muda yang perlu Anda perhatikan. Semoga bermanfaat.