Menu Makanan Sehat Untuk Diet Cepat, Lengkap Pagi, Siang Dan Malam

sah saja kalau Anda ingin mendapatkannya dengan cara diet Menu Makanan Sehat Untuk Diet Cepat, Lengkap Pagi, Siang dan Malam
Menu Makanan Sehat Untuk Diet Cepat, Lengkap Pagi, Siang dan Malam (gambar: Yestodequeva.com)

Mau punya berat tubuh ideal? Sah-sah saja kalau Anda ingin mendapatkannya dengan cara diet.

Namun hati-hati, Anda harus pintar-pintar menentukan diet yang tepat. Alih-alih berat tubuh menurun, justru timbangan Anda malah melonjak drastis.

Tubuh ideal dan langsing menjadi harapan setiap orang, terutama para wanita. Beberapa tahun belakangan, banyak orang yang berlomba-lomba menerapkan contoh hidup sehat dengan menjalankan diet ketat demi mendapat bentuk tubuh yang ideal.

Memang menjaga contoh hidup yang sehat itu baik, namun kalau Anda terlalu memaksa untuk segera mungkin menurunkan berat badanmu itu salah.

Perubahan pola makan sehat untuk diet cepat secara mendadak, itu akan beresiko pada kesehatan Anda. Bahkan ada beberapa diet yang ekstrem dan mengakibatkan gangguan kesehatan, lho.

Nah, itu sebabnya, Anda harus menjalani diet sehat alami biar berat tubuh turun dan kesehatan tidak terganggu. Semua butuh sedikit demi sedikit dan pastinya tidak terlalu menyiksa.

Lalu, bagaimana cara diet sehat alami untuk menurunkan berat tubuh tanpa membahayakan kesehatan? Simak panduan lengkapnya dalam artikel ini.

Cara Diet Sehat Alami Tanpa Membahayakan Kesehatan

Dilansir dari hellosehat.com, intinya kelebihan berat tubuh terjadi akhir terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berkembang menjadi lemak.

Pada alhasil lemaklah yang menciptakan perut Anda buncit dan ukuran paha serta lengan bertambah besar.

Meski Anda sangat ingin mendapat berat tubuh yang ideal, sebaiknya Anda pilih-pilih diet yang tidak membahayakan kesehatan.

Tidak sulit kok untuk menerapkan diet sehat alami, alasannya yaitu intinya semua orang yang kelebihan berat tubuh atau tidak harus melaksanakan diet ini biar terhindar dari banyak sekali penyakit kronis di kemudian.

Lantas, bagaimana cara diet sehat?


Gambar ilustrasi (hellosehat.com)

Bagi Anda yang ingin diet namun tak mebahayakan kesehatan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

1. Pilih kuliner yang tepat, jangan melewatkan waktu makan

Cara diet sehat alami yang pertama yaitu dengan menentukan kuliner yang Anda konsumsi sehari-hari. Ya, pemilihan asupan kuliner yang sempurna memegang tugas penting untuk kesuksesan jadwal diet Anda.

Cara diet sehat ini sanggup Anda lakukan dengan menghindari kuliner yang berlemak serta mengandung gula tinggi.

Makanan dengan gula tinggi mempunyai nilai kalori yang tinggi pula sehingga jelek bagi tubuh. Selain itu, hindari pula kuliner kemasan serta gorengan lantaran kuliner ibarat itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda saja.

Sebaliknya, kalau Anda mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti Anda menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua kuliner itu tetap kok diharapkan bagi tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik dan pilihlah makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan.

2. Atur porsinya sesuai dengan kebutuhan

Setelah menentukan kuliner yang tepat, maka cara diet sehat selanjutnya yaitu mengatur porsi kuliner tersebut. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari.

Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya. Perlu perhitungan asupan kuliner sehat untuk diet yang Anda lakukan.

Kalau Anda kesulitan Anda bisa konsultasikan hal ini dengan hebat gizi. Namun, bagi Anda yang mempunyai berat badan, biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi kuliner sebanyak 1500 kalori.

Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan Anda harus menyeimbangkan semua zat gizi yang diharapkan tubuh. Anda sanggup menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, dalam satu kali makan, Anda harus mengonsumsi kuliner pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah sebagai selingan. Anda bisa menerapkan porsi sesuai dengan ilustrasi gizi seimbang berikut ini.


Porsi satu kali makan (sumber: Pedoman Gizi Seimbang 2014)

3. Ganti gula dengan komplemen yang lebih sehat

Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat satu ini. Padahal, cara diet sehat dengan mengganti gula dengan komplemen yang lebih sehat yaitu salah satu ampuh untuk menurunkan berat tubuh Anda.

Seberapa sering Anda menambahkan gula dalam kuliner atau minuman Anda? Banyak orang yang tidak tahu seberapa banyak ia mengonsumsi gula dalam satu hari. Ingat, gula dan kuliner cantik yaitu kuliner penyebab berat tubuh berlebih, dan tentu saja jelek bagi kadar gula darah Anda.

Mulai sekarang, Anda sebaiknya mengganti gula dengan komplemen yang mempunyai kalori lebih rendah tetapi tak kalah manisnya dengan gula.

Sekarang ini telah banyak komplemen buatan yang mempunyai kalori yang rendah, kondusif bagi kadar gula darah, dan tak bikin timbangan berat tubuh melonjak.

4. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan

Olahraga yaitu cara diet sehat alami yang paling gampang untuk Anda lakukan. Pasalnya diet sehat alami tidak akan optimal kalau tak melaksanakan olahraga.

Oleh alasannya yaitu itu, mulai kini jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban. Pasalnya tubuh Anda perlu mengeluarkan dan memperabukan kalori-kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Kalau bukan dengan olahraga rutin, dengan cara apa lagi tumpukan kalori yang berbentuk lemak itu bisa dihilangkan?

Mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setiap hari, setidaknya 30 menit. Untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.

5. Menerapkan contoh hidup sehat

Setelah menerapkan banyak sekali cara diet sehat ibarat yang sudah disebutkan di atas, alangkah baiknya kalau Anda juga menerapkan contoh hidup yang baik secara keseluruhan.

Apa saja contoh hidup yang baik itu?

Ini sanggup Anda lakukan dengan banyak sekali cara, contohnya tidur dengan cukup dan hindari begadang.

Lalu, hindari mengonsumsi alkohol yang berlebihan dan jangan merokok. Hal-hal tersebut akan membantu diet sehat alami Anda berjalan dengan gampang dan berhasil.

Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet


Foto: Hellosehat.com

Sebenarnya ada banyak makanan sehat untuk diet alami yang sanggup Anda konsumsi. Namun, beberapa kuliner diet sehat di bawah ini mungkin bisa jadi rujukan Anda.

1. Oatmeal

Oatmeal yaitu salah satu kuliner diet sehat yang paling sering dikonsumsi. Bahkan oatmeal bisa dibilang sebagai kuliner diet sehat yang wajib ada setiap hari dalam sajian Anda.

Sebuah studi yang  dilakukan selama 6 tahun oleh para peneliti dari University of California telah menunjukan bahwa mengonsumsi outmeal sebagai sajian diet sehat telah terbukti membantu menurunkan berat Anda.

Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang selalu sarapan dengan oatmeal, mempunyai indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan sajian lain. Hal ini terjadi lantaran oatmeal termasuk kuliner yang mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik yang rendah.

Kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga menciptakan Anda tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas.

Selain terbukti membantu menurunkan berat badan, oatmeal juga sanggup membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah biar tetap normal. Untuk sajian sarapan jadwal diet Anda, oatmeal bisa jadi pilihan yang tepat.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai orang saat sedang diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang mempunyai kandungan zat gizi yang baik dan bisa membantu perjuangan Anda dalam menurunkan timbangan berat badan.

Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat. Sementara serat yang terkandung di dalamnya yaitu serat larut air yang ampuh menciptakan Anda tahan lapar lebih lama.

Ini artinya,  Anda bisa jadikan apel sebagai selingan untuk kuliner diet sehat di sela-sela waktu makan, supaya mencegah Anda mengonsumsi kuliner dalam jumlah yang berlebihan.

Apel juga punya tingkat indeks glikemik yang rendah sehingga kondusif bagi Anda yang mempunyai diabetes, namun ingin mengendalikan berat badan.

3. Putih telur

Biasanya putih telur dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai sajian diet sehat. Tidak ibarat kuning telur, putih telur tinggi protein namun rendah lemak, sehingga sehingga cocok dijadikan sebagai kuliner untuk diet Anda.

Ya, dalam 100 gram putih telur saja terdapat protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tak perlu khawatir kuliner ini akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh.

Ditambah lagi, kuliner diet sehat ini tidak punya nilai indeks glikemik, lantaran tak mempunyai kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan kondusif mengonsumsi putih telur.

Meski rendah lemak, Anda harus mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup dan sesuai kebutuhan ya. Jangan lupa, variasikan putih telur dengan sajian diet sehat lainnya biar asupan nutrisi Anda tetap terpenuhi.

4. Brokoli

Brokoli bisa Anda andalkan sebagai salah satu kuliner diet sehat. Hal ini lantaran brokoli renda kalori namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral.

Bayangkan, satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara untuk kandungan serat, brokoli mempunyai serat sebanyak 5 gram yang sanggup membantu Anda kenyang seharian.

Tidak hanya itu, pada orang dengan diabetes, sayur jenis ini bisa membantu mengendalikan kadar gula darah.

Jadi, makan brokoli sebanyak-banyaknya juga tidak akan bikin gula darah Anda naik.

5. Ikan

Selain banyak sekali jenis kuliner yang sudah disebutkan di atas, Anda juga sanggup mengonsumsi ikan sebagai kuliner diet sehat. Kandungan lemak baik dalam ikan sanggup membantu Anda menurutkan berat badan, loh.

Tidak ibarat daging, ikan punya jenis lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak ini ada di dalam ikan perairan bahari dalam seperti, salmon, tuna, san makarel.

Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa orang yang sajian makan malamnya yaitu ikan, cenderung mempunyai asupan 11% lebih rendah ketimbang orang yang makan daging.

Mengonsumsi asupan yang cukup dan tak berlebihan juga yaitu cara bagi diabetesi untuk mengelola penyakitnya. Agar manfaat ikan ini lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng. Alih-alih ingin menurunkan berat badan, proses memasak tersebut justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh Anda.

7. Camilan yang rendah kalori

Tak perlu meninggalkan kebiasaan untuk ngemil. Selama menjalani diet, Anda bekerjsama tak dihentikan kok untuk makan camilan. Saat ini telah banyak kuliner ringan sehat dijual di pasaran sebagai kuliner diet sehat.

Akan tetapi, pastikan kalau kuliner ringan yang Anda konsumsi memang rendah kalori dan tak mengandung gula tinggi, ya.

Oleh alasannya yaitu itu, selalu periksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan kuliner sebelum Anda membeli kuliner ringan sehat.

Perhatikan juga dengan cermat kandungan gula, lemak, serta kalori di dalam kuliner ringan tersebut.

: 8 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dalam Waktu 1 Minggu

Menu Diet Sehat Untuk Sehari-hari! Pagi, Siang dan Malam


Gambar lustrasi (tribunnews.com)

Sebenarnya menentukan sajian diet sehat untuk sehari-hari tidaklah sulit, selama setiap kuliner dan kuliner ringan yang Anda konsumsi mengandung protein, serat, karbohidrat kompleks dan sedikit lemak.

Berikut ini beberapa rujukan sajian diet sehat yang sanggup Anda coba terapkan untuk sehari-hari.

Menu diet sehat 1

Sarapan
  • Teh atau kopi dengan gula, jangan ditambahkan susu
  • Dua lembar roti gandum utuh dengan mentega
Makan siang
  • Dada ayam panggang dengan baluran butter (mentega) atau minyak zaitun
  • Sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung) dan kentang tumbuk (mashed potato)
  • Segelas air putih
Makan malam
  • Steak daging tanpa lemak
  • Kentang tumbuk
  • Segelas air putih
Camilan
  • Apel

Menu diet sehat 2

Sarapan
  • Secangkir yogurt plain dengan madu
  • Satu buah pisang
  • Segelas air putih
Makan siang
  • Salad sayur ditambah makaroni, pakai minyak zaitun biar lebih sehat
  • Segelas air putih
Makan malam
  • Dada ayam rebus tanpa kulit
  • Setup brokoli dan kacang merah
  • Segelas air putih
Camilan
  • Granola bar

Menu diet sehat 3

Sarapan
  • Telur rebus ditambah keju
Makan siang
  • Nasi merah
  • Pepes ikan
  • Tahu atau tempe rebus
Makan malam
  • Salad sayuran tambahkan perasan jeruk lemon, jamur, dan sedikit minyak zaitun (bisa ditambahkan juga dengan potongan dada ayam atau udang dan taburan keju)
  • Segelas air putih
Camilan
  • Jus buah orisinil tanpa tambahan gula

Keterangan: Sarapan yaitu hal wajib kalau Anda sedang menjalani diet. Kuncinya, hindari kuliner tinggi lemak dan tinggi kalori. Cukupi asupan sarapan Anda dengan kuliner yang tinggi protein dan serat biar Anda tetap kenyang sampai siang hari.

Camilan dalam sajian diet sehat yang disebutkan di atas bersifat opsional, artinya Anda sanggup menghilangkannya kalau memang tidak diperlukan.

Biasanya makan malam bisa jadi bomerang bagi Anda untuk makan berlebih, terutama kalau Anda hanya makan siang sedikit. Itu sebabnya, selalu perhatikan porsi makan Anda. Idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian.

Seperempat untuk daging atau sumber protein Anda, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran hijau dan berwarna-warni.

Ingat, hindari kuliner berat yang berlemak atau kuliner tinggi gula saat makan malam biar berat tubuh Anda tetap terkontrol dengan baik.

Demikianlah pembahasan makanan sehat untuk diet. Selamat mencoba, dan rasakan manfaatnya.