5 Cara Mengobati Sariawan Biar Terbebas Rasa Perih Dan Nyeri


Image Source: hellosehat.com

Sariawan merupakan suatu kelainan pada selaput lendir lisan berupa luka pada lisan yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Penyebab niscaya munculnya sariawan hingga ketika ini belum diketahui.

Tetapi sariawan di lidah, bibir, atau sekitar lisan belahan dalam lebih berisiko muncul jikalau sedang stres, terkena jerawat virus maupun jamur, alergi terhadap makanan, dan kekurangan vitamin atau mineral.

Tidak hanya itu, sistem kekebalan badan bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, pengecap atau dinding lisan tergigit, dan luka di lisan juga sanggup menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Selain itu, hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Sariawan juga menciptakan makan terasa sakit, minum sulit, bahkan hingga sikat gigi perih. Namun jangan khawatir, cara mengobati sariawan sanggup memakai bahan-bahan alami. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan?

Bagaimana cara mengobati sariawan secara alami? Bagaimana cara mengobati sariawan supaya cepat sembuh? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Cara Mengobati Sariawan Secara Alami


Image Source: panduanibu.com

1. Menggunakan madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang sanggup berkhasiat untuk membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan dengan madu? Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan madu pada luka sariawan tersebut.

2. Menggunakan air garam

Garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan berkembang semakin parah dan juga membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Tidak hanya itu, garam bermanfaat untuk mencegah jerawat di mulut. Lalu bagaimana cara mengobati sariawan dengan garam?

Caranya:
  • Siapkan 1 sdt garam
  • Kemudian campurkan garam tersebut dalam satu gelas air hangat 
  • Lalu aduk hingga rata dan gunakanlah untuk berkumur Jangan
  • Segera buang sesudah simpulan berkumur dan bilas dengan minum air putih 
  • Lakukanlah berkumur air garam beberapa kali sehari

3. Menggunakan kelapa

Kelapa bekerja dengan mencegah peradangan luka yang semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akhir sariawan.

Caranya:
  • Siapkan susu kelapa dan madu
  • Kemudian campurkan susu kelapa dengan madu
  • Lalu oleskan adonan tersebut pada luka sariawan. 
  • Lakukanlah sebanyak 3-4 kali dalam sehari

4. Menggunakan kantong teh bekas

Kantong teh bersifat basa yang sanggup berkhasiat untuk membantu menetralisir lingkungan lisan yang asam supaya tidak memperburuk rasa sakit akhir sariawan tersebut.

Sedangkan daun teh sanggup membantu melawan jerawat dan peradangan yang menjadikan sariawan. Terlebih lagi, sisa teh yang diseduh sanggup membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi.

Caranya mudah, cukup dengan menempelkan kantong teh bekas selama kira-kira 5 menit pada luka sariawan tersebut.

5. Menggunakan es batu

Rasa sejuk es kerikil sanggup berkhasiat untuk membantu menjadi obat sariawan alami yang sanggup meringankan rasa nyeri akhir sariawan.

Caraya mudah, cukup dengan kulum es kerikil pada belahan luka sariawan hingga es kerikil mencair sepenuhnya dalam mulut.

Demikian klarifikasi diatas wacana bagaimana cara mengobati sariawan cepat dan alami. Semoga bermanfaat!