5 Jenis Buah Yang Baik Untuk Ibu Hamil, Perhatikan Biar Bayi Terlahir Sehat

Bumil tak boleh konsumsi buah sembarangan 5 Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil, Perhatikan Agar Bayi Terlahir Sehat
Jenis Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil (foto: doktersehat.com)

Bumil tak boleh konsumsi buah sembarangan!

Sebab selain ada buah yang memang sehat untuk ibu hamil, ternyata ada juga buah yang justru sanggup membahayakan janin.

Para pakar kesehatan menganjurkan semoga ibu hamil memiliki pola makan yang lebih sehat dibandingkan sebelum masa kehamilan dan memperlihatkan asupan yang baik untuk dirinya dan janinnya.

Nah, salah satu contoh makan sehat yang sanggup dilakukan oleh Anda, calon bunda, yaitu dengan cara mengonsumsi buah.

Buah yang dikonsumsipun harus buah yang mempunyai banyak kandungan serat dan nutrisi ibarat vitamin, asam folat, beta karoten, dan kalium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan pertumbuhan janinnya.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang banyak terkandung di dalam buah-buahan, buah juga mengandung serat yang sanggup melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi sulit BAB alias sembelit pada ibu hamil.

Beta-karoten dari vitamin A dalam buah berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh. Vitamin C dalam buah berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi.

Serta Asam folat dalam buah sanggup membantu mencegah cacat lahir dan anemia. Kalium dalam buah membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah antara 2-4 sajian per hari, dan setiap 1 sajian terdiri dari 1 buah berukuran sedang atau 1 mangkuk berisi buah potong. Selain itu buah-buahan untuk ibu hamil juga sanggup dijadikan kudapan sebagai pengganti kuliner ringan yang mengandung banyak kalori namun sedikit vitamin dan mineral.

Namun demikian, buah yang dikonsumsi ibu hamil harus selalu menjadi perhatian khusus bagi siapa saja yang ingin mempunyai janin dan bayi yang sehat. Sebab, meskipun sehat tak semua buah baik utuk janin dan ibu mengandung. Hal ini lantaran buah mengandung aneka macam nutrisi yang berbeda-beda kandungannya.

Nah berikut kami akan mengulas lengkap mengenai buah yang baik dikonsumsi ibu hamil maupun buah yang sebaiknya dihindari ibu hamil atau tak dikonsumsi berlebihan sebagaimana dikutip dari aneka macam sumber.

Buah yang Baik Untuk Ibu Hamil


merdeka.com

Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil serta untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Berikut ini beberapa buah yang baik untuk ibu hamil muda maupun buah yang baik untuk ibu hamil tua.

1. Pisang

Kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium dalah pisang sanggup membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Pisang juga mengandung zat besi yang sanggup membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Pisang juga gampang untuk dicerna, sehingga sanggup menjadi alternatif kuliner jikalau ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk

Mengandung vitamin C, folat, dan serat. Hampir 90% kandungannya yaitu air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Kekurangan cairan tubuh sanggup menjadikan kelelahan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga sanggup membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi ketika hamil. Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium.

Alpukat sanggup membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jikalau memakannya terlalu banyak sanggup menjadikan kenaikan berat badan.

4. Mangga

Mangga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi.

Kalium dalam mangga sanggup membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh, vitamin C sebagai antioksidan yang sanggup menangkal radikal bebas dalam tubuh, sedangkan vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

Mangga juga mengandung serat yang tinggi sehingga sanggup mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.

5. Blueberrry, strawberry, dan raspberry

Buah-buahan berry ini mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi.

Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diharapkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C sanggup membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil.

Buah-buahan ini juga mengandung serat yang sanggup membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Selain buah-buahan di atas, buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil yaitu kiwi, pepaya matang, anggur, semangka, buah naga dan masih banyak lagi buah-buahan lainnya. Buah-buahan ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil dan janin.

Sebaiknya konsumsi buah-buahan 2-3 porsi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Ditambah dengan konsumsi sayuran 2-3 porsi per hari, maka akan melengkapi kebutuhan gizi Anda.

: Resep Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Perhatikan Agar Janin Sehat

Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil


merdeka.com

Selain buah yang baik bagi kesehatan bunda dan janin, ada beberapa buah yang sebaiknya tak dikonsumsi ibu hamil. Diantaranya:

1. Pepaya muda

Jika Anda sedang hamil ada baiknya bila menghindari makan buah pepaya yang masih mentah.

Meski memang manfaat dari buah pepaya matang sangat baik untuk ibu hamil, namun kandungan senyawa dalam pepaya muda diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan.

Mengkonsumsi pepaya muda sanggup menjadikan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir.

Hal tersebut sanggup memicu kelahiran prematur pada janin dan sanggup menjadikan keguguran.

2. Nanas

Ada mitos bila nanas merupakan buah yang dihentikan untuk ibu hamil.

Sesungguhnya ada benarnya juga mitos tersebut dan bukan alasan yang mengada – ada.

Sebab buah nanas mempunyai kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil.

Kandungan tersebut sanggup menciptakan leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang sanggup menjadikan kelahiran belum cukup usia, sehingga sanggup memicu keguguran.

3. Durian

Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini mempunyai aroma yang sangat menarik hati bagi pecintanya.

Namun ketika hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dihentikan untuk ibu hamil.

Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini mempunyai kandungan asam arachidonat serta alkohol yang sanggup membahayakan kehamilan.

Seperti kelahiran prematur lantaran kandungan asam arachidonat sanggup memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

5. Nangka

Mengkonsumsi Nangka ketika hamil sanggup menjadikan rasa panas di perut.

Apabila dibiarkan sanggup menjadikan perut ibu hamil terasa tidak nyaman.

Karenanya meski juga mempunyai banyak manfaat, akan tetapi ketika hamil lebih baik tunda dahulu cita-cita untuk mecicipi buah tropis yang satu ini.

6. Melon cantaluope

Melon sebenarnya buah yang sangat kaya akan vitamin dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh.

Namun ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope.

Ini lantaran kulit luar melon sanggup saja terkontaminasi bakteri, khususnya basil salmonella yang sanggup menciptakan ibu hamil terancam terkena virus TORCH. Virus tersebut sanggup memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

Nah itulah dian pembahasan mengenai buah yang baik maupun yang harus di hindari ibu hamil, semoga bermanfaat.