5 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

 kandungan nutrisi yang ada dalam madu akan menunjukkan  5 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin
Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin (foto: Metronews)

Anda sedang hamil? Rajin-rajinlah mengkonsumsi madu.

Sebab, kandungan nutrisi yang ada dalam madu akan menunjukkan 5 manfaat ini bagi kesehatan Anda maupun janin yang sedang Bunda kandung.

Kehamilan merupakan salah satu masa yang dinantikan oleh setiap wanita, namun  ibu yang sedang hamil juga mengalami kondisi yang terkadang tidak menyenangkan. Maka perlu mendapat penjagaan yang baik ketika sedang hamil. Salah satu materi masakan sehat untuk ibu hamil ialah madu.

Sudah selazimnya seorang perempuan yang tengah mengandung, harus selalu berada dalam kondisi badan yang prima, alasannya ialah kesehatan sang ibu juga akan memengaruhi kesehatan calon bayi.

Di dalam madu, terdapat adonan senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat ibarat maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi kompleks inilah yang menciptakan manfaat madu baik untuk kesehatan.

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi madu. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang mengandung butuh tenaga ekstra, daya tahan badan ekstra, dan juga butuh nutrisi yang lebih untuk sang buah hati. Lebih dari itu, manfaat madu terbaik tentu ialah sifatnya yang merupakan materi alami.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil


tribunnews.com

Nah daripada penasaran, berikut manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama, kedua maupun yang hamil tua.

1. Sebagai Sumber Kalori

Rasa anggun yang dimiliki madu memang berasal dari kandungan sukrosa, dan sukrosa ini merupakan salah satu jenis gula yang mempunyai sifat yang jauh lebih kondusif daripada glukosa.

Bukan hanya itu, di dalamnya juga terkandungn karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, serta kandungan zat besi yang mana bisa memenuhi kebutuhan nutrisi para ibu hamil dan janin.
 

2. Membantu Menguatkan Kehamilan

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama maupun kedua sangatlah besar.

Madu mempunyai kandungan 6 hormon, dan dua jenis hormon di antaranya ialah HCG dan juga HPL, di mana kedua kandungannya diyakini bisa menjaga kesehatan Anda serta memperkuat kehamilan.

3. Meningkatkan Imunitas Ibu Hamil

Madu mempunyai kandungan vitamin C, kandungan zat besi, Vitamin B dan juga aneka macam jenis senyawa penting lainnya yang memang mempunyai sifat anti basil juga anti virus.

Kandungan-kanudngan ini mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelangsungan kehamilan Anda. Bukan hanya itu, madu sendiri juga mempunyai manfaat yang baik dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Membantu Mengurangi Rasa Mual

Manfaat konsumsi madu untuk ibu hamil selanjutnya ialah mengurangi rasa mula.

Di usia kehamilan yang pertama, umumnya para ibu hamil akan mengalami morning sicknes yang ditandai dengan tanda-tanda mual yang disertai muntah.

Ketika Anda mengkonsumsi madu, maka kondisi ini bisa sedikit berkurang dan Anda akan merasa nyaman dengan kehamilan Anda tanpa adanya keluhan.

5. Membantu Mengurangi Stres & Insomnia

Madu mempunyai kandungan senyawa yang cukup unik, yang mana mempunyai nama tryptophan (kandungan ini bisa bekerja untuk memicu kondisi badan memproduksi hormon serotonin).

Kandungan hormon ini bermanfaat untuk menunjukkan efek menenangkan dan menciptakan Anda merasa nyaman, ceria dan juga santai.

: Bukan Sebuah Mitos, Inilah 4 Manfaat Nyata Kunyit Dicampur Madu Bagi Kesehatan

Adakah efek samping madu untuk ibu hamil?


alodokter.com

Meskipun mempunyai manfaat yang luar biasa bagi Bunda dan janin, ada beberapa kondisi yang menciptakan Bunda tak boleh sembarangan mengkonsumsi madu.

1. Ibu hamil yang mengidap diabetes

Meski ibu hamil yang mengidap diabetes gestasional masih sanggup mengonsumsi madu, tapi hal yang perlu diwaspadai ialah madu dengan kandungan fruktosa yang sanggup meningkatkan kadar gula darah.

2. Ibu hamil yang mempunyai reaksi alergi madu

Beberapa orang juga sanggup mengalami reaksi alergi sehabis mengonsumsi madu, dengan aneka macam tanda-tanda ibarat susah menelan, batuk, asma, gatal-gatal, sesak napas, radang paru, perubahan suara, pembengkakan pada kulit, bersin-bersin, sampai kondisi yang mengancam nyawa.

Nah, bagi ibu hamil yang mempunyai alergi pada madu, tentu saja sangat tidak disarankan mengkonsumsi madu.

3. Ibu hamil yang pernah mengalami pendarahan 

Pada ibu hamil yang mengalami gangguan perdarahan, madu sanggup meningkatkan risiko perdarahan.

4. Ibu hamil dengan gangguan saraf & jantung

Waspadai konsumsi madu pada ibu hamil yang sedang mengalami sakit perut, gangguan sistem saraf, serta mempunyai penyakit jantung. Karena mengkonsusi madu, malah justru akan membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda ingin mengkonsumsi madu dan mendapat bermacam-macam khasiatnya, pastikan Anda tidak mempunyai alergi madu serta aneka macam penyakit diatas. Jika Anda masih ragu untuk mengonsumsi madu untuk ibu hamil, ada baiknya mengonsultasikannya ke dokter kandungan Anda.

Demikian, biar bermanfaat.
Related Posts