6 Kewajiban Anak Terhadap Orang Tua, Lakukan Bila Tidak Mau Jadi Anak Durhaka


Image Source: 7mutiaraislam.com

Orang renta yaitu orang yang telah membesarkan dan mengasuh kita semenjak dalam kandungan hingga hingga kini ini. Orang renta itu yaitu ayah dan ibu, mereka membesarkan kita dengan kasih sayang yang tak terhingga. Maka kewajiban kita sebagai anak seharusnya kita harus berbakti dan menghormatinya bagaimana pun caranya.

:



Dalam agama Islam ada sebuah surat yang menjelaskan perihal hak dan kewajiban anak terhadap orang renta berdasarkan islam yaitu QS. Al-Isra' ayat 23 yang berbunyi,

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعۡبُدُوٓاْ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلۡوَٰلِدَيۡنِ إِحۡسَٰنًاۚ إِمَّا يَبۡلُغَنَّ عِندَكَ ٱلۡكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوۡ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفّٖ وَلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوۡلٗا كَرِيمٗا ٢٣

Artinya:
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kau jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kau berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya hingga berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kau menyampaikan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kau membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Isra’ [17]:23).

Maka dari itu mulai kini berbaktilah kepada orang renta alasannya yaitu orang renta bagaikan permata yang paling berharga. Apa kewajiban anak terhadap orang tuanya?

Kewajiban anak terhadap orang tua

1. Taat kepada orang tua

Apa saja tanggung jawab anak terhadap orang tua? Sebagai anak sepatutnya kita taat kepada semua perintah ayah dan ibu kecuali dalam hal kemaksiatan. Kita sebagai anaknya jangan hingga mendurhakai orang renta alasannya yaitu Allah Swt akan membenci orang-orang yang durhaka kepada orang tua. Seperti dalam sebuah hadits berikut ini,
“Tidak ada ketaatan dalam mendurhakai Allah. Sesungguhnya ketaatan itu ada hanya di dalam melaksanakan kebaikan.” (HR. Bukhari)

2. Merawat orang tua

Merawat orang renta yang berusia lanjut atau sedang sakit yaitu kewajiban yang harus dilaksanakan anak terhadap orang renta dalam Islam. Semakin kita dewasa, orang renta akan semmakin renta dan mungkin sudah tidak bisa untuk merawat dirinya sendiri. Maka dari itu, kewajiban sebagai anak yaitu merawat dan menjaga orang renta biar tidak menjadi anak yang durhaka. Seperti yang terdapat dalam hadits berikut:
”Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapat kedua orang tuanya sudah renta atau salah seorang dari keduanya namun tidak sanggup membuatnya masuk surga.” (HR. Muslim)

3. Jangan berkata kasar

Apa kewajiban anak terhadap orang tua? Kewajiban seorang nak selanjutnya yaitu jangan berkata kasar, berbicaralah dengan sopan dan lemah lembut. Selain itu, kebiasaan berbicara dengan lemah lembut akan menjadi cara anak menghormati orang renta dengan cara yang baik dan benar.

4. Memberi nafkah orang tua

Memberi sebagian nafkah kepada orang renta yaitu suatu kewajiban anak untuk membahagiakannya. Sebagaimana dengan hadits Rasulullah Saw yang berbunyi,

عَنْ عُمَارَةَ بْنِ عُمَيْرٍ عَنْ عَمَّتِهِ أَنَّهَا سَأَلَتْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا فِي حِجْرِي يَتِيمٌ أَفَآكُلُ مِنْ مَالِهِ ؟ فَقَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَطْيَبِ مَا أَكَلَ الرَّجُلُ مِنْ كَسْبِهِ وَوَلَدُهُ مِنْ كَسْبِهِ.

Dari Umarah bin Umair dari bibiknya bahwasannya beliau (bibiknya) bertanya kepada Aisyah r.a. “Anak asuhku yaitu yatim, apakah saya boleh makan dari hartanya? “ Aisyah menjawab: “Rasulullah saw. bersabda: Sungguh di antara harta yang paling baik dimakan oleh seseorang yaitu dari hasil kerjanya dan hasil kerja anaknya.”(HR. Abu Daud)

5. Mendoakan orang renta baik yang sudah meninggal atau belum

Apa kewajiban anak kepada orang renta yang sudah meninggal? Jika orang renta selalu mendoakan anak–anaknya, maka sebagai anak juga wajib mendoakan orang renta setiap dikala untuk kebaikan orang tuanya. Kewajiban mendoakan orang renta terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Isra' ayat 24 yang berbunyi:

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Artinya:
“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik saya waktu kecil.”

6. Berlaku adil antara orang renta dan istri

Tugas dan kewajiban anak terhadap orang tua berdasarkan Islam selanjutnya yaitu berlaku adil dengan orangtua dan istri. Tidak setiap orang bisa melaksanakannya, apalagi bekerjasama dengan pasangan dan orang renta kita. Pasangan atau istri yang baik niscaya tidak akan menjauhkan diri dari orang tuanya.
Diriwayatkan bahwa Aisyah R.A bertanya kepada Rasulullah Saw, “Siapakah yang berhak terhadap seorang wanita?” Rasulullah menjawab: “Suaminya” (apabila sudah menikah), Aisyah R.A bertanya lagi, “Siapakah yang berhak terhadap seorang laki-laki?” Rasulullah menjawab: “Ibunya” H.R. Muslim.
Demikian apa kewajiban anak terhadap orang tua yang bisa kita terapkan dalam kehidupan. Semoga bermanfaat.
Related Posts