6 Tanaman Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh, Cocok Ditanam Di Rumah


Tanaman Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh (sofyanhotel.com)

Stop gunakan obat nyamuk kimia, selain mahal ternyata juga sangat berdampak jelek bagi kesehatan.

Nah, sebagai alternatif lain pengusir nyamuk. Berikut tumbuhan pengusir nyamuk paling ampuh yang sanggup Anda tanam dirumah.

Nyamuk jadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang menciptakan kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga sanggup mengakibatkan bermacam-macam penyakit, menyerupai DBD (demam berdarah dengue) dan malaria.

Meskipun sekarang sudah banyak pilihan cara mengusir nyamuk, contohnya obat nyamuk bakar, semprot, elektrik, atau lotion, namun hal tersebut sebetulnya bukan menjadi solusi dari duduk masalah Anda.

Sering kali banyak sekali cara mengusir nyamuk tersebut terbuat dari materi kimia, memakai listrik dan ada yang mengakibatkan asap. Tentu saja ini tak ramah bagi kesehatan keluarga, apalagi dalam jangka waktu panjang.

Nah sebagai solusi, sebetulnya ada bermacam-macam tumbuhan yang terbukti ampuh mengusir nyamuk.

Selain mempunyai dampak yang cukup baik dalam mengusir nyamuk, cara tersebut juga terbukti kondusif bagi kesehatan.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini tanaman-tanaman yang terbukti ampuh mengusir nyamuk di rumah Anda.

Tanaman Pengusir Nyamuk Alami Paling Ampuh


tribunnews.com

Sebenarnya, begitu banyak tanaman alami pengusir nyamuk. Namun dalam kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa tumbuhan yang memang sudah terbukti khasiatnya dalam mengusir nyamuk. Diantanya ialah sebagai berikut;

1. Serai wangi


Kompas

Tanaman pengusir nyamuk alami yang pertama ialah serai wangi.

Serai tidak hanya dipakai sebagai penyedap masakan atau minuman saja. Tanaman ini juga sanggup dipakai sebagai tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.

Oleh alasannya itu, tidak heran jikalau lilin aromaterapi atau losion anti nyamuk sering memakai serai sebagai materi utamanya.

Serai sanggup tumbuh subur di banyak sekali iklim dan jenis tanah. Hal inilah yang menciptakan serai jadi tumbuhan yang gampang ditemui dan dipelihara sendiri di rumah.

Meskipun serai tidak cocok bila ditanam di dalam pot, Anda sanggup mengakalinya dengan menanamnya di bawah jendela sekitar rumah. Ini dilakukan supaya nyamuk tidak masuk ke dalam rumah.

: Cara Membuat Perangkap Sederhana Namun Ampuh Basmi Nyamuk Secara Alami

2. Lemon balm


youtube.com

Sama menyerupai serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk.

Meski begitu, Anda harus ektra merawat apabila ingin menanam daun ini di rumah.

Pasalnya, tumbuhan ini mempunyai sifat invasif, atau mempunyai pertumbuhan yang cepat jikalau dibiarkan saja.

3. Lavender


lale.co.id

Bunga lavender berwarna ungu dan mempunyai aroma yang sangat harum. Meski aromanya banyak disukai manusia, namun bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari.

Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Anda sanggup meletakkan tumbuhan bunga lavender di dalam pot bersahabat jendela atau pintu supaya tidak ada nyamuk yang masuk ke rumah.

4. Catnip


kompas.com

Catnip atau Nepeta cataria ialah tumbuhan yang sering dipakai untuk merangsang kucing supaya lebih aktif.

Setelah kontak dengan tumbuhan ini, kucing Anda mungkin akan memperlihatkan perubahan sikap yang semakin aktif.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi nyamuk. Pasalnya, catnip merupakan flora yang sangat ditakuti nyamuk.

Penelitian menundapati bahwa kandungan minyak esensial dalam catnip, yang dikenal sebagai nepetalactone, diketahui ampuh untuk mengusir nyamuk daripada obat DEET (Diethyl-meta-toluamide), yaitu unsur kimia yang berpotensi memperlihatkan dampak jelek bagi kesehatan yang ada pada obat nyamuk.

Tanaman ini sanggup tumbuh tinggi, jadi jikalau Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya tanamlah di area yang tidak akan menghalangi pandangan.

5. Bawang putih


omahijau.com

Bawang putih sudah usang dipakai untuk mengusir nyamuk.

Anda sanggup menanam bawang putih dalam pot dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, contohnya jendela dan pintu rumah.

6. Geranium


sofyanhotel.com

Geranium juga diketahui sebagai jenis flora pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol.

Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk alasannya baunya yang harum dikala tertiup angin.

Anda sanggup menanam tumbuhan ini di dalam pot dan lalu menjadikannya tanaman pengusir nyamuk dalam ruangan.

Selain untuk mengusir nyamuk, geranium juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tumbuhan hias alasannya mempunyai warna bunga yang sangat cantik.

Nah itulah 6 tumbuhan pengusir nyamuk paling ampuh yang sanggup Anda tanam dirumah. semoga bermanfaat.