Bukan Hanya Bumbu Masak, 10 Manfaat Kayu Anggun Untuk Kesehatan


Image Source: pixabay.com

Kayu cantik merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa dipakai sebagai bumbu dalam aneka macam jenis makanan alasannya ialah mempunyai aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan mempunyai aroma yang sedap, kayu cantik ternyata mempunyai aneka macam manfaat untuk tubuh. Apa manfaat kayu cantik buat kesehatan?

Manfaat kayu cantik bagi kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Apa saja khasiat kayu manis? Kayu cantik mengandung kalsium, serat, dan banyak mineral menyerupai mangan. Oleh alasannya ialah itu, kayu cantik sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu cantik juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, manfaat kayu cantik juga bisa mengobati konstipasi alasannya ialah kandungan seratnya.

2. Mengontrol gula darah

Apa saja manfaat dari kayu manis? Manfaat kayu cantik ialah kemampuannya mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu cantik mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Selain itu, kayu cantik juga membantu proses pencernaan sehabis makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu cantik saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

3. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde merupakan minyak yang dihasilkan oleh kayu cantik bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu cantik juga mengeluarkan asam lemak antiperadangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini lalu mengurangi radang dan penggumpalan darah. Cinnamaldehyde merupakan suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri terletak pada sel minyak pada kulit kayu manis. Minyak atsiri semula di luar sel lalu merusak sel-sel disekitarnya sehingga terbentuklah jalan masuk semacam organ dengan minyak atsiri di dalamnya yang disebut kelenjar. Pembentukan kelenjar yang demikian disebut sebagai pembentukan secara schizolysigen.

4. Antimikroba

Salah satu manfaat kayu cantik yang cukup terkenal ialah kegunaannya untuk melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya ialah jenis Candida. Candida ialah mikroorganisme penyebab nanah yang bisa ditemukan di mulut, vagina dan usus, yang menyebabkan penyakit pada kulit dan membran mukus. Infeksi Candida pada kepingan dalam tubuh bisa dikurangi bahkan tidak boleh dengan mengonsumsi kayu manis. Peran ini didukung oleh kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

5. Mengatasi Alzheimer (Penurunan Daya Ingat)

Apa manfaat kayu cantik bagi tubuh? Manfaat kayu cantik selanjutnya ialah kemampuannya mengatasi Alzheimer. Semua ini alasannya ialah kandungan antioksidan menyerupai polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu cantik ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya bermanfaat untuk penyakit Alzheimer. Selain kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan lain yang terdapat pada kayu cantik dipercaya juga sanggup menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

6. Meringankan rematik

Manfaat kayu cantik selanjutnya ialah kemampuannya mengatasi rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine, bahwa kayu cantik juga sanggup mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai perantara dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang sanggup menyebabkan rematik.

7. Menghilangkan jerawat

Apa manfaat kayu cantik untuk wajah? Kayu cantik telah terbukti tinggi antioksidan, salah satunya polifenol. Polifenol bekerja melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akhir radikal bebas dari sinar UV matahari dan polusi udara yang menyebabkan penuaan dini serta jerawat meradang. Kayu cantik juga telah terbukti mempunyai sifat antimikroba dan antiparasit untuk melawan basil penyebab jerawat, serta mempunyai sifat penyembuh luka yang bisa mempunyai kegunaan untuk mencegah terjadi luka bekas jerawat.

8. Mencegah resiko kanker

Apa manfaat kayu cantik dan jahe? Jahe, sereh, dan kayu cantik efektif mencegah tumbuhnya sel kanker tanpa menghipnotis sel-sel tubuh yang normal dan sehat. Penelitian menunjukan anti kanker yang terkandung pada sereh bisa menawarkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit, menghambat pertumbuhan sel kanker pada hati tahap awal. Kayu cantik juga sanggup mengurangi proliferasi sel kanker. Zat yang terkandung dalam jahe yang sanggup menghambat tumbuhnya sel kanker ialah gingerol dan phytonutrient, dalam sebuah penelitian gingerol juga sanggup mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

9. Manfaat kayu cantik untuk diet

Apa manfaat kayu cantik untuk diet? Manfaat kayu cantik yang lainnya ialah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu cantik mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini mempunyai kegunaan untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk memakai kayu cantik sebagai penurun berat badan, rebuslah kayu cantik dan lalu minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.

10. Baik untuk jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah menyerupai kunyit dan kayu manis, sanggup mengurangi imbas negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya sanggup mengemban amanah menurunkan risiko penyakit jantung.

Jadi apa manfaat kayu cantik buat kesehatan? Tentunya masih ada lagi selain ke sepuluh hal diatas. Tapi 10 manfaat diatas ialah yang utama dari kayu manis.
Related Posts