Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah


Image Source: drweil.com

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat indonesia. Jika tidak segera dikendalikan, kolesterol yang terlampau tinggi sanggup menciptakan terkena stroke sampai serangan jantung.

Namun jangan khawatir, cara menurunkan kolesterol tinggi sanggup memakai makanan-makanan penurun kolesterol dan buah-buahan penurun kolesterol. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol?

Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi? Bagaimana cara alami menurunkan kolesterol? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Makanan-makanan Penurun Kolesterol

Image Source: lombokita.com

1. Dengan minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu kuliner penurun kolesterol. Karena, minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi tersebut yang sanggup menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan sanggup menaikkan kolesterol baik (HDL).

2. Dengan kacang kedelai

Berbagai kuliner yang berasal dari kacang kedelai ibarat tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu mengandung zat isoflavon. Zat isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang sanggup menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak dalam fatwa darah.

3. Dengan kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat larut yang sangat tinggi. Sehigga sanggup membantu untuk mengurangi kadar kolesterol tubuh. Dengan mengkonsumsi kacang ibarat buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara rutin selama 6 ahad sanggup membantu menurunkan kolesterol sampai 10%.

4. Dengan ikan salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega-3 yang sanggup berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Tidak hanya itu, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Berikut Buah-buahan Penurun Kolesterol

Image Source: berkeleywellness.com

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sanggup membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta sanggup menurunkan kolesterol jahat (LDL). Tidak hanya itu, alpukat juga mengandung beta-sistosterol, sejenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

2. Jambu biji

Jambu biji kaya akan kandungan kalium dan serat larut yang sanggup berkhasiat untuk membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya juga sanggup menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah aneka macam penyakit jantung.

3. Apel

Apel memiliki kandungan pektin. Pektin merupakan sejenis serat larut yang sanggup membantu untuk membilas kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Selain itu, pektin ini bekerja dengan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari kuliner dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

4. Jeruk

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk sanggup berkhasiat untuk membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan serat larut air yang sanggup mengikat kolesterol dari makanan. Dan juga buah ini mengandung d-limone, yakni senyawa kimia yang sanggup membantu melarutkan kolesterol dalam tubuh.

Demikian klarifikasi diatas wacana bagaimana cara untuk menurunkan kolesterol. Semoga bermanfaat!