7 Manfaat Air Jeruk Nipis Salah Satunya Mencegah Risiko Kanker


Image Source: pixabay.com

Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam jeruk-jerukan yang sanggup ditemui dan tersebar di Asia dan Amerika Tengah. Jeruk nipis biasanya dipakai sebagai gabungan masakan yaitu soto. Pohon jeruk nipis sanggup mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak, berduri, daun lonjong, dan tangkai daun bersayap kecil.

Jeruk nipis mempunyai banyak vitamin, yang banyak terkandung dalam jeruk nipis ini yaitu vitamin C nya. Selain mengandung vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Serta asam sitrat yang menciptakan rasa asam pada jeruk nipis.

Tapi, tahukah Anda apa saja manfaat minum air jeruk nipis? Berikut beberapa manfaat air jeruk nipis bagi kesehatan.

Manfaat air jeruk nipis 

1. Dapat mengatasi inflamasi

Apa manfaat minum air jeruk nipis di pagi hari? Beberapa penyakit inflamasi menyerupai peradang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya sanggup dikurangi dengan mengonsumsi air jeruk nipis. Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis sanggup mengurangi inflamasi serta meredakan tanda-tanda penyakit inflamasi yang muncul. Sebuah penelitian mengambarkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin C mempunyai kemungkinan menderita arthritis tiga kali lebih besar. Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu mengonsumsi air jeruk nipis untuk mengurangi resiko penyakit arthritis.

2. Memperbaiki pencernaan

Jeruk nipis mengandung asam yang sanggup membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain mempunyai kandungan flavonoid didalamnya, air jeruk nipis juga sanggup membantu pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Bagi Anda yang mengalami sembelit, Konsumsilah air jeruk nipis alasannya didalamnya terdapat sifat asam jeruk nipis yang sanggup merangsang pergerakan usus Anda. Minum segelas air hangat dan 2 sendok teh air jeruk nipis 30 menit sebelum makan.

3. Menyehatkan kulit wajah

Apa manfaat air jeruk nipis untuk wajah? Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang sanggup memperkuat kolagen pada kulit. Mengonsumsi air jeruk nipis sanggup menyebabkan kulit terhidrasi dan menyehatkan kulit Anda.
Hindari mengoleskan air perasan jeruk nipis eksklusif di kulit Anda alasannya paparan cahaya matahari sesudah memakai air jeruk nipis yang sanggup menyebabkan phytophotodermatitis. Anda sanggup mencicipi kulit terasa panas.

4. Dapat menurunkan berat badan

Apa manfaat air jeruk nipis hangat? Saat ini banyak perempuan yang ingin badannya terlihat lebih indah. Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat yang sanggup meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga sanggup membantu Anda dalam mengkremasi kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak dan tubuh Anda akan terlihat indah. Selain minum air jeruk nipis ini, rutin berolahraga juga sangat diharapkan untuk menurunkan berat badan. Rutin olahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan mengonsumsi buah atau sayur.

5. Mencegah risiko kanker

Kanker merupakan penyakit tanggapan pertumbuhan sel yang absurd yang sanggup berkembang pada bab tubuh mana saja menyerupai payudara, paru-paru, dan ginjal. Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dipercaya sanggup menurunkan risiko terkena kanker. Karena kandungan antioksidan dalam air jeruk nipis sanggup membantu dan menjaga kesehatan pertumbuhan sel serta meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

6. Menurunkan gula darah

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jeruk nipis mempunyai kadar gula yang rendah yang sanggup membantu mengolah peresapan gula ke dalam darah. Sehingga, gula darah Anda sanggup terjaga dan terhindar dari diabetes.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Apa khasiat air jeruk nipis hangat? Jeruk nipis mempunyai kadar magnesium dan kalium yang sanggup menjaga kesehatan jantung. Kalium pada jeruk nipis sanggup menurunkan tekanan darah secara alami dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga sanggup membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Dari sebuah penelitian yang telah ditemukan bahwa senyawa yang terdapat dalam jeruk nipis yaitu limonin dinyatakan sanggup membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Demikian apa saja manfaat minum air jeruk nipis. Semoga bermanfaat.