Kenali Semenjak Dini, Menyerupai Ini Ciri-Ciri Kanker Serviks Yang Membahayakan


Image Source: tribunnews.com

Kanker serviks merupakan penyakit yang sangat berbahaya khususnya bagi wanita. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri penyakit kanker serviks semenjak dini. Apa kanker serviks itu?

Kanker serviks atau kanker leher rahim ialah penyakit kanker yang menyerang leher rahim pada organ reproduksi wanita, yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus atau HPV. Umumnya kondisi ini disadari ketika telah memasuki stadium lanjut.

Selain melaksanakan investigasi rutin, Anda perlu mengamati banyak sekali ciri-ciri kanker serviks, kenali semenjak dini dan lakukan konsultasi kepada dokter biar mencegah kanker serviks ini dengan cepat. Apa saja ciri ciri penyakit kanker rahim?

Ciri-ciri Kanker Serviks

1. Pendarahan

Apa ciri ciri tanda-tanda kanker serviks? Pada penderita kanker serviks, tanda-tanda awal yang biasanya muncul ialah pendarahan yang tidak normal pada vagina. Pendarahan ini sanggup terjadi banyak atau pun lebih sedikit dari menstruasi biasanya, sanggup juga terjadi di antara periode menstruasi, atau pada perempuan yang sudah menopause. Pendarahan vagina ini sanggup terjadi dikala bekerjasama seksual.

2. Buang air kecil meningkat

Gejala ini perlu diperhatikan perempuan jikalau mencicipi nyeri ketika buang air kecil dan tidak sanggup menahan untuk ke kamar kecil, Bisa jadi ini merupakan ciri-ciri kanker serviks. Kondisi ini disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim, kemudian menyebar sampai ke kandung kemih. Tetapi tanda-tanda ini juga sanggup muncul akhir infeksi kanal kemih (ISK), sehingga konsultasi kedokter ialah cara yang efektif untuk mengetahuinya.

:

3. Cepat lelah

Ciri-ciri yang sanggup muncul pada penderita kanker serviks ialah cepat lelah. Gejala ini terjadi akhir pendarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga badan akan mengalami kekurangan sel darah merah (anemia), sehingga menciptakan badan menjadi cepat lelah. Rasa lelah biasanya berlangsung setiap dikala dan tidak hilang meskipun Anda telah beristirahat cukup.

4. Rasa nyeri dikala bekerjasama intim

Bagaimana ciri ciri tanda-tanda kanker serviks? Pada penderita kanker serviks stadium lanjut, akan muncul tanda yang lebih beragam. Salah satunya ialah nyeri panggul dikala bekerjasama intim. Rasa nyeri timbul sanggup menciptakan Anda merasa tidak nyaman sewaktu bekerjasama intim. Konsultasikan dan periksakan diri ke dokter ketika mengalami nyeri panggul dikala bekerjasama intim.  Untuk memastikan kondisi ini tanda penyakit kanker serviks atau penyakit lain, menyerupai endometriosis atau fibroid.

5. Pembengkakan pada tungkai

Memasuki kanker serviks stadium lanjut, biasanya menjadikan banyak sekali komplikasi. Salah satunya ialah pembengkakan pada tungkai. Kondisi ini terjadi lantaran sel kanker menekan pembuluh darah di panggul, sehingga menghambat sirkulasi ke tungkai. Sehingga terjadi penimbunan cairan yang menciptakan tungkai menjadi bengkak.

6. Urine atau fases keluar dari vagina

Fungsi vagina sanggup dipengaruhi dari penyakit kanker serviks. Ketika sudah memasuki stadium lanjut, kanker servis sanggup menjadikan kebocoran urine atau keluarnya tinja dari vagina. Hal ini sanggup terjadi lantaran terbentuknya fistula antara vagina dan kanal kemih, sehingga urine dan fases sanggup melewati vagina.

7. Mengalami keputihan 

Apa saja ciri ciri kanker serviks? Salah satunya keputihan yang tidak normal ialah ciri-ciri kanker serviks. Lendir ketika keputihan akan mengalami perubahan warna, serta aroma yang tidak sedap, dan terjadi perubahan tekstur dan konsistensi cairan vagina. Keputihan yang tidak biasa ini juga sanggup disebabkan oleh penyakit lain, oleh lantaran itu sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

Dari ciri-ciri diatas, kanker serviks sanggup juga disebabkan oleh penyakit lain dalam badan Anda. Mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri kanker serviks semenjak dini dan obat ciri ciri kanker serviks sangatlah dianjurkan, maka sembuh dari kanker serviks akan lebih tinggi.

Cara Mencegah Kanker Serviks

1. Melakukan vaksin HPV

HPV ialah sebuah virus yang menimbulkan infeksi menular seksual, sehingga menimbulkan kanker serviks pada wanita. Tetapi, virus ini sanggup juga menyebar melalui kontak dari kulit ke kulit. Vaksin HPV penting dilakukan lantaran para mahir menyampaikan bahwa, semakin muda seseorang mendapat vaksin ini tingkat efektivitas kerja vaksin ini akan semakin tinggi. Anak perempuan disarankan mendapat vaksin ini mulai usia 9 tahun. Selain melindungi diri dari strain virus HPV yang menimbulkan penyakit kutil kelamin, perempuan juga sanggup menurunkan risiko penularan strain virus HPV penyebab kanker serviks pada pasangan seksualnya.

2. Tes pap smear

Pap smear ialah sebuah tes yang menilik keadaan sel-sel pada serviks (leher rahim) dan vagina. Dengan investigasi rutin, perubahan sel-sel yang mungkin sanggup menjelma kanker atau sudah menjadi kanker sanggup terdeteksi. Saat melaksanakan pap smear, dokter sanggup juga mengombinasikannya dengan tes human papillomavirus (HPV), khususnya buat perempuan berusia 30 tahun ke atas.

Demikian apa ciri ciri dari kanker serviks yang sanggup kita ketahui mulai sekarang. Semoga bermanfaat.