Masyaallah, Bacaan Shalawat Nabi Berikut Ini Mempunyai Keutamaan Luar Biasa


Image Source: portaldakwah.com

Shalawat Nabi yaitu salah satu amalan yang harus dan wajib dilaksanakan oleh setiap umat Islam. Shalawat Nabi diucapkan atau dilantunkan sebagai salah satu ibadah kepada Allah sekaligus sebagai cara kita menyayangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Maka dari itu kita dianjurkan untuk selalu memperbanyak shalawat kepada Rasulullah Saw semoga kelak dihari simpulan zaman nanti kita diberi syafaatnya. Apa bacaan shalawat nabi? Shalawat secara bahasa merupakan bentuk jamak dari shalla yang artinya doa. Secara istilah, shalawat merupakan doa dan kebanggaan untuk Nabi Muhammad Saw.

Jika Nabi Muhammad kelak akan memperlihatkan syafaatnya, maka kita sebagai umatnya haruslah selalu menyebut namanya dengan shalawat Nabi. Bagaimana bacaan shalawat nabi?

Bacaan shalawat Nabi

1. Dibaca dikala mendengar Nabi Muhammad Saw disebut


صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Artinya: “Semoga shalawat dan salam dari Allah atasnya (Rasulullah)”.

اَللَهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah shalawat kepadanya”.

2. Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Bagaimana suara bacaan shalawat nabi? 
صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya: “Semoga shalawat dari Allah Swt atas (Nabi) Muhammad Saw”.

3. Shalawat untuk Nabi Muhammad serta keluarganya


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ

Artinya: “Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad”.

4. Shalawat tasyahud

Seperti apa bacaan shalawat nabi? Shalawat tasyahud ini pernah diajarkan Rasulullah sendiri dan telah diriwayatkan Imam Bukhari. Shalawat tasyahud biasanya sering dilantunkan dikala shalat. Berikut bacaannya.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Artinya: “Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memperlihatkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana Engkau telah memperlihatkan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Setelah membaca shalawat diatas pastinya barang siapa yang melantunkan shalawat kepada Nabi dia akan mendapat keutamaan yang luar biasa. Lalu, Apa saja keutamaan membaca shalawat nabi?

:

Keutamaan membaca shalawat Nabi

1. Akan mendapat syafaat dari Rasulullah

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam akan memperlihatkan syafaat kepada umatnya diakhirat nanti. Orang yang paling berhak  mendapat syafaatnya yaitu orang yang paling banyak bershalawat kepada beliau. Dalam sebuah hadits telah dituliskan,

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً

“Orang yang paling berhak mendapat syafaatku di hari simpulan zaman yaitu orang yang paling banyak bershalawat kepadaku” (HR. Tirmidzi)

2. Dapat menghapus 10 dosa dalam 1 kali membacanya 

Keutamaan membaca shalawat Nabi lainnya yang sangat luar biasa yaitu siapa yang bershalawat satu kali, Allah akan menghapus sepuluh dosanya. Sebuah hadits telah tertulis,

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحَطَّ عَنْهُ عَشْرَ خَطِيئَاتٍ

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, pasti Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat dan menghapus darinya sepuluh dosa” (HR. Ahmad)

3. Dapat mengangkat derajatnya 

Barang siapa yang bershalawat satu kali, maka akan diangkat 10 derajat.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, pasti Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat.” (HR. An Nasa’i)

4. Doanya akan gampang terkabul

Dalam berdoa memiliki syarat dan sopan santun supaya doa tersebut dikabulkan Allah Swt. Diantaranya yaitu bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi waallam.

كل دعاء محجوب حتى يصلي على محمد


“Setiap doa akan terhalang sampai diucapkan sholawat kepada Muhammad.” (HR. Thabrani)

Demikian bagaimana bacaan shalawat nabi yang benar. Semoga sanggup bermanfaat dan kita selalu sanggup mengamalkannya setiap hari semoga kelak dihari simpulan zaman nanti mendapat syafaat dari Nabi Muhammad Saw.