Bumil! Inilah Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik Dan Nyaman


Image Source: Fiqih Menjawab

Posisi tidur ibu hamil dihentikan dianggap hal yang sepele. Janin yang semakin membesar sanggup saja menciptakan posisi tidur ibu hamil menjadi serba salah. Terlebih lagi, ibu hamil juga mengalami kesulitan bergerak untuk mengubah posisi tidur.

Dan juga posisi tidur ibu hamil yang salah justru sanggup mengundang banyak sekali dilema kesehatan, ibarat pembengkakan kaki, nyeri otot, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau justru meningkatnya tekanan darah. Lalu bagaimana posisi tidur untuk ibu hamil?

Bagaimana posisi tidur ibu hamil yang baik? Bagaimana posisi tidur ibu hamil supaya nyaman? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Baik


Image Source: momtricks.com

1. Hindari posisi telentang

Posisi tidur yang harus dihindari ibu hamil ketika sehabis memasuki usia kehamilan trimester kedua, terutama sehabis bulan kelima. Ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam posisi telentang.

Karena tekanan pembuluh darah besar, yaitu aorta dan vena cava inferior, sanggup meningkat jika ibu hamil tidur dalam posisi telentang. Tekanan inilah yang sanggup menghambat peredaran darah ke tubuh ibu hamil, termasuk juga ke janin.

2. Menyamping ke kiri

Di anjurkan ibu hamil untuk tidur dalam posisi menyamping ke kiri. Hal tersebut bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Selain itu, berbaring menyamping ke kiri sanggup menciptakan lambung berada pada posisi yang nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan.

Dan juga posisi tidur ini juga sanggup mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki, dan tangan. Hal tersebut alasannya yaitu posisi ini sanggup membantu ginjal bekerja lebih baik dalam membersihkan zat sisa dan cairan tubuh. Bila ginjal menahan zat sisa dan cairan tubuh, ibu hamil akan mengalami pembengkakan atau edema.

Namun, sebagian mahir menyatakan tidak perlu terlalu memusingkan apakah harus tidur menyamping ke kiri atau ke kanan, selama posisi tersebut menciptakan ibu hamil merasa nyaman.

3. Dengan memakai bantal

Posisi tidur ibu hamil dengan bantal sanggup menciptakan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bagi ibu hamil yang merasa sesak napas, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada.

Bagi ibu hamil yang mencicipi nyeri pada ulu hati, letakkan beberapa bantal untuk mengganjal kepala dan punggung supaya posisi tubuh bab atas menjadi lebih tinggi. Ibu hamil juga sanggup tidur dalam posisi setengah duduk untuk membantu asam lambung tidak naik.

Sementara itu, untuk menyangga tubuh dalam posisi menyamping ke kiri, letakkan bantal di bab samping perut dan di antara kedua tungkai atau lutut. Ibu hamil juga sanggup memakai bantal khusus ibu hamil untuk menciptakan tidur menjadi lebih nyaman.

Tips Supaya Tidur Nyenyak

  • Lakukan rutinitas tidur dan bangkit tidur di waktu yang sama setiap harinya
  • Hindari melaksanakan olahraga ketika mendekati waktu tidur
  • Lakukan relaksasi sebelum tidur
  • Hindari minuman yang mengandung kafein dan bersoda
  • Bagi yang mengalami kram pada kaki hingga terbangun dari tidur, cobalah memijakkan telapak kaki ke dinding dan dorong perlahan hingga terasa tarikan pada otot betis dan belakang paha. Tahan selama beberapa ketika hingga kram mereda

Demikian klarifikasi diatas posisi tidur ibu hamil paling baik. Semoga bermanfaat!