8 Makanan Penurun Kolesterol Yang Dapat Dicoba


Image Source: cnnindonesia.com

Kolesterol yang tinggi merupakan salah satu faktor yang sanggup menjadikan penyakit berbahaya menyerupai kardiovaskular dan jantung koroner. Kolesterol itu sendiri yaitu zat yang sanggup dijumpai didalam sel lemak darah. Tubuh insan sangat membutuhkan kolesterol baik untuk menjaga badan semoga tetap sehat bugar.

Tetapi kalau kolesterol jahat menumpuk pada darah yang terjadi sanggup menghambat pemikiran darah dan menjadikan risiko jantung, misalnya hipertensi, diabetes, dan problem ginjal. Kolesterol yang tinggi biasanya ditimbulkan dari menentukan masakan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Ada macam-macam masakan yang sanggup menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lalu, apa masakan penurun kolesterol? Berikut masakan penurun kolesterol.

:
Jangan Resah! Berikut Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah
Yang Punya Kolesterol (Jahat) Tinggi, Konsumsi 5 Bahan Alami ini!
Rekomendasi Buah Penurun Kolesterol

Makanan penurun kolesterol

1. Kacang kedelai

Apa masakan untuk menurunkan kolesterol? Makanan menyerupai tempe, tahu, susu kedelai, dan lain-lain merupakan olahan dari kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung  zat isoflavon yang berfungsi sebagai zat yang sanggup menekan kolesterol jahat (LDL) semoga tidak berkembang lebih banyak didalam pemikiran darah. Ketika ingin memakai masakan berbahan dasar kacang kedelai sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk memasaknya. Sebuah penelitian dari Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat yang setara dengan Badan POM di Indonesia menyarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai masakan penurun kolesterol.

2. Ikan salmon

Apa saja masakan penurun kolesterol? Pada ikan salmon terdapat kandungan omega-3 yang sanggup menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan kandungan trigliserida yang meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Sebuah pakar kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel 2 porsi dalam satu ahad sanggup memberi manfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga, ikan salmon tidak diragukan lagi alasannya yaitu sanggup menjadi salah satu masakan penurun kolesterol andalan bagi Anda. 

3. Oatmeal

Jenis masakan penurun kolesterol lainnya yaitu oatmeal. Oatmeal baik untuk kesehatan alasannya yaitu mengandung serat larut yang tinggi sehingga sanggup menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal sanggup mengurangi perembesan kolesterol jahat ke dalam pemikiran darah. Dengan mengonsumsi 10 gram serat setiap hari dari oatmeal sanggup mengurangi kadar kolesterol tinggi, termasuk kolesterol jahat (LDL).

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan biasanya sering dipakai sebagai masakan untuk diet. Tetapi selain dipakai untuk diet kacang juga sanggup sebagai masakan penurun kolesterol. Karena kandungan serat larut yang sangat tinggi, salah satunya sebagai penurun kolesterol. Dengan rutin mengkonsumsi kacang secara teratur sanggup menurunkan kadar kolesterol hingga 10%.

5. Alpukat

Apa buah penurun kolesterol? Selain mengetahui apa saja masakan penurun kolesterol, Anda juga harus tahu buah penurun kolesterol. Buah alpukat merupakan buah yang sanggup menurunkan kolesterol. Alpukat mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh yang sanggup membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung beta-sistosterol yang merupakan jenis lemak nabati yang berfungsi untuk mengurangi jumlah kolesterol yang diserap makanan.

6. Jambu biji

Buah jambu biji mengandung vitamin serta antioksidan yang sanggup melindungi sel-sel pada jantung dari radikal bebas. Selain menangkal radikal bebas alpukat juga sebagai buah penurun kolesterol. Karena buah jambu biji mengandung kalium dan serat larut yang sanggup membantu menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Selain kalium dan serat larutnya, kandungan vitamin dan mineral sanggup menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah banyak sekali penyakit jantung.

7. Jeruk

Jenis buah penurun kolesterol lainnya yaitu jeruk. Selain mempunyai rasa yang manis, jeruk juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini sanggup membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk mempunyai serat larut yang sanggup mengontrol kadar kolesterol dalam makanan. Jeruk juga mempunyai kandungan d-limone, yaitu senyawa kimia yang sanggup melarutkan kolesterol dalam badan serta sanggup membantu menghambat perkembangan kanker payudara dan kanker usus.

8. Apel

Buah apel juga termasuk sebagai buah penurun kolesterol. Salah satu fungsi yang sanggup menurunkan kolesterol yaitu kulit apel yang mengandung pektin. Pektin merupakan serat larut yang sanggup menghilangkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan pektin ini akan menyerap kolesterol dan lemak jahat dari masakan dan mengeluarkannya lewat urine dan feses.

Demikian jenis masakan penurun kolesterol. Semoga bermanfaat.