Waktu Shalat Istikharah Yang Terbaik Untuk Dikerjakan


Image Source: harianaceh.co.id

Shalat istikharah merupakan salah satu shalat sunnah dua raka’at yang sanggup dikerjakan dan ditunaikan oleh anda sebagai seorang muslim dikala sedang mengalami keragu-raguan dalam menentukan sesuatu dan ingin meminta petunjuk kepada Allah SWT semoga diberikan petunjuk atas apa yang harus dipilih.

Oleh alasannya itu, bila anda sebagai seorang muslim mengalami keragu-raguan dalam menentukan suatu urusan (Perkara) maka anda sanggup mengerjakan shalat istikharah, dengan maksud untuk meminta pemberian dan petunjuk kepada Allah SWT.

Hal ini terdapat di dalam Hadits Shahih dari Jabin bin Abdullah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda :

"Jika salah satu dari kalian bimbang dalam suatu keputusan yang akan diambil maka Shalat Sunnahlah Dua Rakaat dan berdoa…" (Hadits Riwayat Muslim)

Selain itu, didalam waktu mengerjakan shalat istikharah boleh dilaksanakan dan dikerjakan oleh semua umat muslim kapan pun, sanggup di kerjakan di siang hari maupun di malam hari. Namun ada beberapa waktu shalat istikharah yang terbaik untuk dikerjakan. Lalu kapankah waktu shalat istikharah yang terbaik?

Jam berapa waktu shalat istikharah yang terbaik? Jam berapakah waktu shalat istikharah yang terbaik? Yuk simak dibawah ini.

:

Berikut Waktu Shalat Istikharah Yang Terbaik


Image Source: satujam.com

1. Waktu sepertiga malam yang pertama

Waktu sepertiga malam pertama yaitu ketika masuk waktu shalat isya hingga jam 10.00 malam. Hal ini dikarenakan di dalam waktu tersebut, biasanya mata anda masih terjaga dan belum mengantuk alasannya belum terlalu malam.

Sehingga sanggup menunaikan shalat istikharah dengan fokus dan konsentrasi. Selain itu, juga sanggup diteruskan dengan memperbanyak membaca dzikir ketika belum mengantuk.

2. Waktu sepertiga malam yang kedua

Waktu sepertiga malam kedua yaitu dimulai dari jam 10.00 malam hingga jam 01.00 dini hari. Karena di waktu tersebut suasana malam lebih tenang, sehingga kita sanggup mengerjakan shalat istikharah dengan lebih khusyu dan lebih konsentrasi.

Jika anda memiliki niat untuk mengerjakan shalat istikharah di waktu sepertiga malam kedua, namun tidak yakin bahwa sanggup menahan ngantuk. Maka dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu.

3. Waktu sepertiga malam yang ketiga

Waktu sepertiga malam yang ketiga yaitu dimulai dari jam 01.00 dini hari dan berakhir sebelum masuk waktu shalat subuh. Dan yang harus anda ketahui bahwa waktu paling terbaik mengerjakan shalat istikharah dan shalat sunnah malam lainnya yakni di waktu ini (Sepertiga malam yang ketiga atau terakhir).

Hal ini dijelaskan di dalam Hadits Shahih Riwayat Imam Bukhari dan Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

"Disetiap Malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke langit Dunia hingga tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah SWT) pun berkata bahwa: "Adakah hambaku yang meminta sehingga niscaya saya akan berikan apa yg beliau minta ?, Adakah hambaku yg berdoa hingga niscaya akan saya kabulkan doanya ?, Adakah hambaku yg beristighfar (memohon ampunan) hingga saya akan ampuni dosanya." (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

Oleh alasannya itu, sanggup dipastikan bahwa waktu yang terbaik yaitu waktu sepertiga malam ketiga. Dan bagi yang tidak sanggup bergadang untuk menunggu datangnya waktu tersebut, maka dianjurkan tidur terlebih dahulu.

Demikian klarifikasi diatas perihal jam berapa shalat istikharah yang terbaik untuk dikerjakan. Semoga bermanfaat!
Related Posts