10 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

 penyakit penyebab sakit perut sebelah kiri 10 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri
Image Source: go-dok.com

Apakah Anda pernah mencicipi sakit perut sebelah kiri? Apakah perut sebelah kiri sakit merupakan tanda bahaya? Simak klarifikasi selengkapnya di sini.

Rasanya, hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut. Tapi penyebab dari sakit perut ini pastinya berbeda-beda. Ketika kita mengalami sakit perut, pertama kali yang ditanyakan yaitu di sebelah mana rasa sakit itu terpusat. Karena setiap lokasi akan mempunyai bagian-bagian organ tubuh yang berbeda.

Apa bergotong-royong yang menimbulkan perempuan mengalami sakit perut bawah sebelah kiri? Mungkin beberapa hal ini jawabannya. Sakit perut sebelah kiri sanggup disebabkan oleh aneka macam hal, mulai dari kerikil ginjal, sampai kehamilan di luar kandungan. Simak tanda-tanda selengkapnya.

Apa penyebab sakit perut sebelah kiri? Sakit perut sebelah kiri sanggup disebabkan oleh gangguan dari aneka macam penyakit yang menyerang tubuh. Sakit perut sanggup dibedakan penyebabnya menurut lokasi sakit yang dialaminya. Jika Anda sering mengalami sakit perut di kepingan kiri, Anda sebaiknya lebih waspada. Hal tersebut lantaran sakit perut sebelah kiri ini sanggup sangat berbahaya.

Berikut ini yaitu beberapa penyebab dari sakit perut sebelah kiri yang perlu kau tahu.

:

10 Penyakit Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Apa penyebab dari sakit perut sebelah kiri? Sakit di sisi kiri perut sanggup disebabkan oleh dilema pada organ dan struktur di kepingan kiri perut maupun imbas dari dilema organ lain yang terletak jauh dari perut.

Nyeri perut kiri atas

1. Pankreatitis akut

Pankreatitis akut yaitu peradangan yang menyakitkan dari pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut Anda. Keluhan biasa terjadi mendadak dan menimbulkan nyeri di kawasan perut kepingan atas (atau epigastrium). Nyeri sering menjalar ke punggung.

Pankreatitis akut juga sanggup melibatkan organ lain. Kondisi ini juga sanggup bermetamorfosis pankreatitis kronis jikalau Anda mempunyai keluhan menetap dan berlanjut.

2. Gastritis

Gastritis sanggup terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Gastritis sanggup diakibatkan oleh infeksi basil H. pylori yang selanjutnya sanggup menimbulkan luka. Obat penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga sanggup menimbulkan gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik sesudah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh sesudah makan.

Gastritis sanggup terjadi tiba-tiba (gastritis akut), atau sanggup terjadi perlahan dari waktu ke waktu (gastritis kronis). Dalam beberapa kasus, gastritis sanggup menimbulkan borok dan peningkatan risiko kanker lambung. Bagi kebanyakan orang gastritis tidak serius dan sanggup cepat pulih dengan pengobatan.

3. Angina

Angina yaitu istilah yang dipakai untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya fatwa darah ke otot jantung. Angina yaitu tanda-tanda dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi menyerupai dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada Anda. Angina, juga disebut angina pectoris, sanggup menjadi dilema yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dimiliki perempuan sanggup berbeda dari tanda-tanda angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering mengatakan tanda-tanda menyerupai mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin mencicipi ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini sanggup menimbulkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.

Angina relatif umum tetapi sanggup sulit untuk membedakan dari nyeri dada lainnya, menyerupai rasa sakit atau ketidaknyamanan dari gangguan pencernaan. Jika Anda mempunyai nyeri dada yang tidak sanggup dijelaskan, cari dukungan medis segera.

Nyeri perut kiri bawah

Apa penyebabnya nyeri perut sebelah kiri bawah? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Irritable bowel syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) yaitu gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga sanggup menimbulkan dilema pergerakan usus, mulai dari sembelit sampai diare.

2. Ulcerative colitis

Ulcerative Colitis (UC) yaitu penyakit yang menimbulkan peradangan pada dinding jalan masuk pencernaan. Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan yaitu sakit perut dan diare, feses berdarah dan berlendir. Buang air besar sanggup menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam.

UC sanggup melemahkan dan kadang sanggup menimbulkan komplikasi yang mengancam jiwa. Meskipun tidak diketahui obatnya, pengobatan sanggup sangat mengurangi tanda dan tanda-tanda penyakit, dan bahkan membawa remisi jangka panjang.

3. Penyakit ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga sanggup menjadi penyebab kerikil ginjal. Gejala umum dari kondisi ini yaitu sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah.

Penyebab sakit perut sebelah kiri bawah juga sanggup disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal. Nyeri akut juga sanggup dirasakan bersama impian buang air kecil terus-menerus, sensasi panas ketika buang air kecil, dan hematuria (urin berdarah) di antara gejala-gejala lainnya.

4. Divertikulitis

Divertikula yaitu kantung kecil membuncit yang sanggup terbentuk di lapisan sistem pencernaan Anda. Kantung ini paling sering ditemukan di kepingan bawah usus besar. Divertikula yaitu kondisi umum terutama sesudah usia 40-an, dan jarang menimbulkan masalah.

Namun, terkadang divertikula sanggup meradang dan terinfeksi, sampai bahkan pecah. Peradangan ini disebut divertikulitis. Divertikulitis sanggup menimbulkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi sanggup terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia. Selain sakit perut sebelah kiri, divertikulitis juga sanggup menimbulkan infeksi di perut kiri bawah, demam, mual, dan perubahan besar pada kebiasaan buang air besar Anda (diare berdarah sporadik).

Divertikulitis ringan sanggup diobati dengan istirahat, perubahan contoh dan sajian makan, serta antibiotik. Divertikulitis parah atau berulang mungkin memerlukan operasi.

5. Hernia

Hernia yaitu kondisi dimana jaringan lunak, biasanya usus, mencuat menembus kepingan yang lemah atau robek di kepingan bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan yang dihasilkan sanggup menimbulkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika Anda batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Kadang, pada laki-laki rasa sakit dan bengkaknya menyebar sampai ke sekitar testis ketika tonjolan usus makin turun ke dalam buah zakar.

Hernia tidak selalu berbahaya. Namun, kondisi ini tidak sanggup sembuh sendiri dan sanggup menimbulkan komplikasi fatal jikalau tidak ditangani. Dokter mungkin menyarankan operasi untuk memperbaiki hernia inguinalis yang meyakitkan atau semakin membesar.

6. Kista indung rahim

Kista indung rahim yaitu pertumbuhan tumor jinak berisi cairan yang bertumbuh di dalam atau permukaan indung rahim. Wanita mempunyai satu pasang indung rahim masing-masing berukuran sebesar kacang almond yang terletak di setiap sisi rahim. Banyak perempuan mempunyai kista indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium sedikit menghasilkan, atau tidak sama sekali, ketidaknyamanan dan tidak berbahaya. Mayoritas kista ovarium menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun, kista ovarium terutama yang telah pecah kadang menghasilkan tanda-tanda serius menyerupai sakit perut sebelah kiri atau nyeri panggul yang parah dan menyerang tiba-tiba tiba-tiba, perut yang parah, atau rasa sakit yang disertai demam atau muntah. Tanda dan tanda-tanda ini tanda-tanda umum yang mewakili syok menyerupai panas dingin, kulit lembab, napas cepat, dan kepala pusing terasa berkunang-kunang atau kelemahan mengatakan keadaan darurat dan memerlukan perhatian medis segera.

7. Kehamilan ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak sanggup menjadi akhir dari kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim, biasanya di dalam jalan masuk yang menghubungkan rahim dan indung telur alias tuba falopi. Kehamilan ini tergolong kehamilan tak layak yang berisiko tinggi, dan menimbulkan tanda-tanda nyeri di sisi dimana kehamilan terjadi, Rasa sakit terjadi pada perut kepingan bawah, punggung bawah, dan panggul. Selain itu, mungkin diikuti mual, perdarahan vagina abnormal, dan nyeri payudara. Ketika ada kekhawatiran kehamilan ektopik, perhatian medis dibenarkan.

Nah itulah penyebab dari sakit perut sebelah kiri yang sanggup Anda ketahui mulai dari sekarang. Terutama wanita, lantaran pada perut kepingan kiri perempuan terdapat organ menyerupai ovarium, tuba falopi, dan lainnya yang patut diwaspadai jikalau sakit.

Demikian alasan apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri yang sanggup menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.