Jenis-Jenis Batik Terkenal Yang Ada Di Indonesia

jenis jenis batik terkenal yang ada di Indonesia Jenis-jenis Batik Populer yang Ada di Indonesia
Image Source: goodnewsfromindonesia.id

Jenis batik di Indonesia sangatlah bermacam-macam. Ingin tahu ibarat apa saja jenis jenis batik Indonesia itu? Bacalah lebih lanjut!

Apa saja jenis motif batik? Batik ialah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan melalui beberapa tahap. Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.

Di Indonesia ada beberapa macam jenis batik yang mempunyai motif bermacam-macam dan biasanya bergantung pada ciri khas atau doktrin di tiap-tiap daerah. Dalam perkembangannya ada aneka macam macam jenis batik yang tersebar di Indonesia. Motif yang bermacam-macam biasanya bergantung pada ciri setiap daerahnya.

Batik dan Indonesia, ibarat 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Berikut beberapa motif batik yang terkenal di Indonesia. Tak lengkap rasanya jika Anda kerap menggunakan batik tetapi tidak mengetahui ragam jenisnya. Jadi, mari mengenal ragam jenis batik istimewa yang ada di Indonesia.

Sebutkan jenis jenis batik nusantara? Maka dari itu, pada artikel ini akan membahas lengkap macam-macam motif batik Nusantara beserta ciri-ciri, tempat asal, dan gambarnya. Jenis motif batik sederhana & motif batik lainnya.

:

Jenis-jenis batik yang ada di Indonesia

1. Batik Megamendung

Source: pinimg.com

Batik Megamendung merupakan motif kain batik khas tempat Cirebon. Motif batik Megamendung sangat khas dengan bentuk awan besar berwarna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang umum dipakai pada batik Megamendung ialah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Source: pinterest.com

Pekalongan merupakan salah satu tempat yang terkenal sebagai tempat pengrajin batik dan sentra batik. Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan akan sangat bagus apabila dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

3. Batik Parang Rusak

Source: infobatik.id

Motif batik ini niscaya sering sekali kalian lihat. Motif batik Parang Rusak merupakan motif batik yang sangat terkenal di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak mengandung arti mendalam, yakni peperangan insan dalam melawan sifat jelek dan nafsu selama hidup. Batik Parang Rusak sangat sering dipakai untuk aneka macam kerajinan berbahan batik.

4. Batik Keraton

Source: winotosastro.com

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibentuk oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik Keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sakral dan sarat akan filosofi kehidupan. Karenanya, dulu batik Keraton hanya boleh dipakai oleh sebagian orang saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

Source: pinterest.com

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang mempunyai corak yang rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik Priyangan.

6. Batik Lasem

Source: pinterest.com

Batik Lasem ialah batik yang berasal dari tempat berjulukan Lasem yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Batik Lasem mempunyai ciri khas warna merah menyala. Hal ini disebabkan lantaran batik Lasem sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Cina.

7. Batik Bali

Source: balidiscovery.com

Ragam batik khas Pulau Dewata ini juga tak kalah populer, lho! Motif batik Bali banyak terinspirasi dari aneka macam binatang ibarat kura-kura, burung bangau, dan rusa. Warna-warna yang dipakai pada batik Bali juga secara umum dikuasai warna cerah, ibarat biru, kuning, dan ungu.

8. Batik Pring Sedapur Magetan

Source: pinterest.com

Batik Pring Sedapur Magetan merupakan pilihan batik dengan motif sederhana dan simpel. Meskipun begitu, batik Pring Sedapur sarat akan makna filosofis. Motif batik ini didominasi oleh gambar-gambar tumbuhan bambu yang mengandung arti hidup rukun dan tentram.

9. Batik Malang

Source: batik-tulis.com

Kota Malang, Jawa Timur juga punya motif batik kebanggaan. Batik Malang mempunyai ciri khas warna cerah. Motif batik Malang juga unik, yakni kombinasi gambar-gambar candi yang ada di kota tersebut.

10. Batik Betawi

Source: fabelio.com.com

Jakarta juga punya batik, lho! Batik Betawi kerap ditampilkan dalam ekspo kebudayaan Betawi ataupun dipakai pada acara-acara bergengsi ibarat perhelatan Abang None Jakarta. Pilihan warna-warna cerah yang mencolok dipadukan dengan motif unik khas Betawi ibarat ondel-ondel, pucuk rebung, nusa kelapa, dan gambang kromong menjadi ciri khas batik Betawi.

Nah itulah jenis-jenis batik Nusantara yang dapat Anda ketahui sebagai pelestari budaya leluhur ini. Jangan hingga budaya ini diambil dan dipelajari oleh negara lain.

Demikian apa saja jenis jenis batik yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat.