20 Macam Kreasi Botol Bekas Unik Dan Sangat Bermanfaat

 Macam Kreasi Botol Bekas Unik yang Bisa Dicoba Daripada Dibuang 20 Macam Kreasi Botol Bekas Unik dan Sangat Bermanfaat
Image Source: rumahmesin.com

Sampah plastik mengganggu? Anda bisa memanfaatkan limbah plastik sebagai benda bernilai tinggi. Seperti kita ketahui jikalau sampah dari botol bekas sering dibuang begitu saja. Kerajinan tangan dari botol bekas ialah salah satu hal yang bisa kau lakukan untuk membantu menyelamatkan lingkungan hidup. Hal ini dikarenakan botol plastik bekas ialah materi limbah anorganik yang sulit untuk terurai.

Selama ini hanya sedikit orang saja yang memanfaatkan botol bekas. Padahal, jikalau kita ketahui bahwasanya botol plastik ini bisa diubah menjadi banyak sekali macam kerajinan tangan. Kita gampang sekali menemukan banyak sekali macam macam sampah dari botol bekas yang bisa di buat kerajinan tangan yang unik dan bermanfaat.

Anda mempunyai tumpukan botol bekas di rumah yang tidak tahu mau diapakan? Botol plastik merupakan diantara jenis barang bekas yang tentunya sanggup kita manfaatkan menjadi materi kerajinan.

Yuk, kreasikan sampah botol menjadi kerajinan tangan dari botol bekas yang ramah lingkungan. Mulai dari menciptakan lampu, pot bunga, dan lain sebagainya.

:

Kreasi botol bekas yang bisa ditiru dirumah

1. Pot Bunga

Image Source: rumahmesin.com

Jika Anda suka bercocok tanam atau suka dengan banyak sekali macam bunga, mungkin pandangan gres kreatif ini layak Anda coba. Tanpa perlu repot membeli pot tanaman, Anda bisa berhemat dengan memakai botol minuman ukuran besar.

Buat kreasi botol plastik Anda menjadi banyak sekali macam pot bunga yang anggun dan menarik. Cara menciptakan kreasi botol bekas juga cukup mudah, dengan memotong botol menjadi dua atau tiga bagian, kemudian lapisi dengan cat berwarna sesuai dengan keingingan Anda. Jangan lupa untuk memberi lubang pada bab bawah pot untuk bisa mengalirkan air.

2. Dompet


Image Source: glints.com

Botol plastik ini juga bisa kita olah menjadi dompet kain. Caranya cukup simpel, Anda tinggal menambahkan sebuah resleting atau zipper untuk menggabungkan potongan botol plastik sehingga bentuknya berkembang menjadi dompet. Cukup simpel, kan?

3. Tempat Lilin Dekoratif


Image Source: liataja.com

Anda juga bisa memanfaatkan potongan botol plastik bekas menjadi daerah lilin. Kemudian bisa Anda percantik tampilannya dengan menambahkan pasir dan kerikil koral berukuran kecil, atau sesuai dengan kreativitas Anda.

Desain yang sederhana pun sanggup terlihat menarik. Ternyata banyak hal kecil yang tidak kita perhatikan sanggup dibentuk menjadi barang yang bermanfaat, daerah dari lilin ini ialah contohnya.

4. Wadah Aksesoris


Image Source: dbs.com

Bingung dimana lagi menyimpan koleksi pelengkap dan perhiasan yang sudah menumpuk? Yuk manfaatkan botol plastik bekas menjadi wadah. Anda cukup memakai sebatang besi dan sekrup untuk menahan potongan botol yang sudah dilubangi di bab tengahnya. Tampilannya tak kalah anggun dengan daerah pelengkap ala butik lho!

5. Tirai


Image Source: rumahmesin.com

Anda mungkin pernah melihat tirai berbahan plastik, tapi bagaimana dengan tirai dari potongan botol plastik? Ya, Anda bisa mengkreasikan potongan botol plastik ini menjadi tirai yang unik dan menarik.

6. Tempat Pensil


Image Source: wowkeren.com

Ya meskipun yang satu ini sudah umum dilakukan, tapi tidak ada salahnya Anda mencoba menciptakan kreasi daerah pensil dari botol plastik yang baru. Agar terlihat menarik, Anda bisa menghiasnya dengan cat dekoratif atau menyematkan pita.

7. Tempat Koran


Image Source: rumahmesin.com

Daripada dibiarkan menumpuk dan mengganggu pemandangan, simpan koleksi koran atau majalah di dalam rak botol plastik. Anda bisa memakai botol plastik berkapasitas 1 liter yang sudah dipotong bab atasnya.

8. Rak Buku


Image Source: fimela.com

Kini tak perlu khawatir lagi jikalau buku dan majalah kesayangan Anda sering berantakan di daerah tidur. Tanpa perlu membeli rak buku, kini Anda bisa menyimpan koleksi bacaan dengan rapi dengan memakai book organizer dari jerigen plastik bekas.

Cara membuatnya pun juga sangat sederhana, Anda hanya perlu memotong jerigen tersebut sesuai pola di gambar atas ini. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, Anda bisa menghiasnya sampai tak ada seorang pun yang menyadari kalau kreasi ini terbuat dari barang bekas.

9. Celengan


Image Source: rumahmesin.com

Mungkin tidak ada yang akan menerka kalau celengan lucu yang Anda buat ini terbuat dari botol bekas minuman. Selain menampung dan menyimpan koin-koin, celengan ini juga bisa dipakai sebagai pajangan di meja mencar ilmu atau kantor. Bahan yang Anda perlukan ialah botol minuman bekas, gunting atau cutter, selotip warna warni, dan kertas warna warni.

Cara membuatnya pun sederhana, pertama – tama belah botol plastik menjadi dua dan sesuaikan seberapa panjang celengan yang Anda inginkan. Gunakan selotip warna warni untuk merekatkan kembali botol tersebut. Anda juga bisa mengkreasikannya sesuai dengan keingingan.

10. Wadah Multiguna


Image Source: rumahmesin.com

Selain memperpanjang umur barang bekas ini, Anda juga mendapat manfaat lain dari pandangan gres kreatif ini. Botol bekas dengan bermacam-macam bentuk bisa Anda ubah menjadi wadah multiguna. Sebagai daerah sikat gigi di kamar mandi sampai wadah alat tulis di meja kantor. Siapa yang akan menyangka kalau wadah tersebut ialah hasil kreasi Anda sendiri yang berbahan botol – botol bekas.

Cara membuatnya pun sederhana, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa botol plastik bekas apa saja dan kemudian potong bab atas botol. Untuk mengubah bentuk botol, Anda bisa memakai alat setrika yang panas. Selanjutnya, kau bisa menghias dengan cat air atau sticker lucu sesuai kesukaan Anda.

11. Sapu

Image Source: rumahmesin.com

Dengan sedikit perjuangan dan kreatifitas Anda juga sanggup memanfaatkan kembali botol bekas menjadi sapu. Selain itu, aktivitas berkreasi ini sanggup kita gunakan untuk menyalurkan hobi serta mengisi waktu luang.

Untuk menciptakan sapu dari botol bekas ini, peralatan yang dibutuhkan tidaklah rumit, cukup dengan memakai botol bekas, alat pemotong dan gagang yang terbuat dari kayu, Anda sendiri sanggup membuatnya di rumah.

12. Kuas Lukisan

Image Source: rumahmesin.com

Kalau Anda menyukai hal-hal yang bersifat seni, mungkin Anda bisa menciptakan sebuah lukisan dengan memakai botol bekas sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan dengan memakai bab belakang botol bekas ini sangat gampang untuk dilakukan.

Peralatan yang dibutuhkan pun sangat sederhana namun gampang untuk dilakukan oleh siapa saja. Ide sederhana dan menarik, sebuah hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

13. Segel Plastik

Image Source: rumahmesin.com

Salah satu manfaat dari botol bekas yang cukup mudah ialah membuatnya sebagai epilog plastik. Yang Anda perlukan hanyalah memotong bab atas botol dan menaruhnya pada plastik yang sudah terisi.

14. Peredam Suara

Image Source: rumahmesin.com

Siapa sangka, ternyata botol plastik ini mempunyai kemampuan yang bisa meredam bunyi bising yang cukup baik. Anda bisa menyusun botol plastik sedemikian rupa di dalam ruangan. Salah satu misalnya ialah ruang kerja yang bisa Anda desain dengan memakai botol plastik sebagai media peredam bunyi bising.

15. Tempat Makan Hewan Peliharaan

Image Source: rumahmesin.com

Bagi Anda yang mempunyai binatang peliharaan menyerupai ayam, burung, kucing, dan sebagainya. Manfaatkan botol plastik ini sebagai daerah makan mereka. Sebagai contoh, Anda bisa memakai botol plastik yang ditusuk dengan kayu atau entong dimana ketika burung memakan, nanti masakan dalam botol itu otomatis turun dan keluar lagi menggantikannya.

16. Alat Pengusir dan Pembasmi Nyamuk

Image Source: rumahmesin.com

Cara menciptakan alat pengusir dan pembasmi nyamuk dari botol bekas cukup sederhana. Pertama, Anda siapkan botol plastik bekas kemudian potong menjadi dua bagian. Bagian bawah diisi air gula dan ragi roti. Letakan bab atas botol secara terbalik di atas potongan botol pertama. Bungkus botol tersebut dengan kertas bekas atau koran bekas. Letakkan di sudut ruangan yang gelap. Praktis dan simpel bukan?

17. Lampu Tenaga Surya

Image Source: rumahmesin.com

Mungkin cara ini bisa Anda gunakan terutama bagi Anda yang ingin menghemat penggunaan listrik. Cara menciptakan lampu tenaga surya dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol plastik bening. Isi botol dengan air jernih. Pasang botol di atas atap yang telah dilubangi sehingga sinar matahari masuk membus botol yang berisi air tadi.

18. Kanopi

Image Source: rumahmesin.com

Cara menciptakan kanopi atap rumah dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan banyak botol bekas. Isi botol bekas tersebut dengan air yang telah diberi warna. Gantung botol-botol tersebut secara rapat sehingga menjadi atap kanopi.

19. Alat Penyiram Tanaman


Image Source: kamubanget.com

Bagi Anda yang mempunyai kebun di rumah, kini Anda bisa mengkreasikan botol plastik ini sebagai alat bantu untuk menyiram tumbuhan yang efektif.

Cara menciptakan semprotan untuk menyiram taman dari botol bekas cukup mudah. Siapkan botol bekas. Lubangilah botol tersebut dengan lubang yang banyak bisa memakai kawat atau paku yang dipanasi. Sambungkan bab verbal botol dengan selang, ikat dengan kencang sehingga air keluar menyembur melalui lubang-lubang yang telah dibuat.

20. Lampion

Image Source: rumahmesin.com

Salah satu kreasi dari botol bekas ini memang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat, tapi tidak ada salahnya juga kalau Anda mulai menciptakan banyak sekali macam lampion dari botol bekas ini. Selain bisa Anda gunakan sebagai dekorasi eksterior maupun interior rumah, lampion dari botol bekas ini juga bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis loh.

Cara menciptakan lampion dari botol bekas cukup sederhana. Siapkan botol bekas dan sendok plastik. Potong bab bawah botol dan potong juga gagang sendok. Tempelkan sendok-sendok tersebut di seluruh bab botol.

Nah itulah beberapa macam cara kreasi botol bekas yang bisa Anda coba dirumah. Agar limbah plastik di masyarakat berkurang sehingga tidak mencemari lingkungan secara berlebihan.

Demikian cara kreasi dari botol bekas yang bisa ditiru. Semoga bermanfaat.
Related Posts