8 Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil Supaya Membantu Proses Persalinan

 olahraga untuk ibu hamil biar membantu proses persalinan 8 Olahraga yang Cocok Untuk Ibu Hamil Agar Membantu Proses Persalinan
Image Source: sartikasamosir.com

Apakah olahraga kondusif untuk ibu hamil? Tak sedikit para ibu yang masih galau dalam melaksanakan olahraga ketika hamil. Padahal, penting bagi ibu hamil. Ibu hamil cenderung takut untuk melaksanakan olahraga. Padahal kalau Anda sanggup menentukan olahraga yang sempurna dan dilakukan dengan cara yang benar banyak ragam manfaatnya.

Olahraga apa saja yang baik untuk ibu hamil? Saat hamil, olahraga merupakan salah satu hal penting yang sanggup membantu Ibu menjaga kesehatan tubuh. Apalagi kalau usia kehamilan Ibu masih terhitung berapa bulan. Jangan mengira kalau sedang hamil tak mau melaksanakan acara apapun. Justru sebaliknya, ada masa dimana ketika hamil olahraga itu juga perlu dilakukan biar sanggup melancarkan dalam persalinan.

Ibu hamil harus meluangkan waktunya untuk berolahraga supaya kebugaran tubuhnya tetap terjaga. Apa saja olahraga untuk ibu hamil? Berikut tips olahraga untuk hamil muda.

:

Olahraga yang cocok untuk ibu hamil

1. Jongkok bangun (squat)

Berjongkok kemudian bangun kemudian diulang kembali yaitu cara melaksanakan squat. Olahraga ibu hamil yang satu ini dianggap sebagai olahraga paling kondusif yang sanggup dilakukan bahkan oleh Bunda yang tengah hamil renta untuk menyiapkan tubuhnya menghadapi persalinan.

Squat membantu menguatkan otot panggul Bunda menjadi lebih baik dan mendorong bayi biar turun lebih rendah. Agar persalinan normal berjalan lancar, lakukan squat mendekati waktu asumsi lahir. Cara melaksanakan squat:
  1. Berdiri dengan kaki dilebarkan, kemudian turun perlahan sampai posisi jongkok dengan punggung tetap tegak menyerupai ketika berdiri. Tahan posisi ini selama 30 detik, kemudian bangun lagi tanpa derma tangan.
  2. Ulangi prosesnya selama 10-20 menit setiap hari untuk membantu mengurangi sakit punggung ketika hamil.

2. Berjalan kaki

Berjalan kaki mempunyai banyak manfaat bagi ibu hamil. Olahraga yang sangat gampang dilakukan ini ternyata sanggup mendorong kontraksi secara alami. Ketika Bunda sudah mulai mengalami kontraksi, berjalan kaki dengan tegak sanggup membantu bayi berada dalam posisi ideal untuk lahir.

3. Mengangkat dan memiringkan panggul/pelvis

Mengangkat panggul yaitu olahraga ibu hamil yang sangat gampang dilakukan di rumah. Bunda tinggal menyiapkan matras yang nyaman untuk telentang, kemudian tekuk lutut dengan telapak kaki menjejak lantai.

Secara perlahan angkat panggul Anda, pastikan pundak dan kaki tidak ikut terangkat. Olahraga ini tak hanya membantu mengencangkan otot, tapi juga menjaga sendi panggul tetap longgar sehingga bayi sanggup berada dalam posisi terbaik untuk lahir. Lakukan olahraga ini selama 5-10 menit setiap hari sambil mendengarkan musik favorit Bunda.

4. Olahraga ibu hamil dengan duduk di bola

Ketika perut Bunda telah begitu besar dan mulai mengalami kontraksi, posisi duduk yang benar sanggup membantu Bunda mengurangi rasa sakit, menguatkan tubuh, serta menstabilkan posisi panggul. Hindari duduk di daerah tidur atau sofa yang empuk yang menciptakan bokong Bunda tenggelam. Pastikan Bunda duduk dengan posisi tegak dan panggul terkunci ke depan.

Ganti dingklik Anda dengan bola yoga menyerupai gambar di atas biar panggul selalu lurus. Bunda juga sanggup mencoba posisi lain dengan duduk bersila di lantai dan meregangkan kaki sehingga rahim terdorong ke depan. Posisi ini juga sanggup membantu Bunda melahirkan dengan lebih mudah.

5. Mencondongkan badan

Olahraga ibu hamil yang gampang dan kondusif dilakukan ialah mencondongkan tubuh. Bunda sanggup berpegangan pada objek apa saja, menyerupai meja, tembok atau bahkan pada suami. Keuntungan lain, Bunda sanggup melaksanakan olahraga ibu hamil ini kapan saja di mana saja.

6. Posisi kupu-kupu

Meregangkan otot di bawah pinggul, punggung, paha serta panggul yaitu hasil dari olahraga yang satu ini. Posisi kupu-kupu ini yaitu olahraga sederhana yang sanggup membantu sendi panggul menjadi lebih fleksibel dan melancarkan proses persalinan. Bunda sanggup mempraktekkannya dengan sangat mudah. 
  1. Ambil posisi duduk di erat dinding untuk menyandarkan pungung, tekuk lutut ke samping sampai telapak kaki Bunda saling bertemu.
  2. Kemudian tekan lutut ke bawah secara perlahan untuk meregangkan otot paha. Lakukan olahraga ini setiap hari selama 5-10 menit.
  3. Bunda juga sanggup meminta derma suami untuk melaksanakan peregangan paha sedangkan Bunda memegangi telapak kaki.

7. Naik tangga

Ibu yang sedang hamil besar mungkin akan merasa kesulitan untuk menaiki tangga. Namun bekerjsama olahraga ringan satu ini sangat bermanfaat biar Bunda sanggup melahirkan dengan selamat. Naik tangga juga sanggup menjaga tekanan darah Bunda dan menciptakan posisi bayi lebih baik. Selain itu, naik tangga juga akan memudahkan proses kontraksi ketika pembukaan terjadi.

8. Lunges (merentangkan satu kaki dan menekuk kaki lainnya)

Ibu hamil yang tidak pernah melaksanakan yoga ketika hamil akan mengalami pembengkokan sendi rahim bab bawah dan menjadikan posisi rahim menyempit. Bayi pun mengalami tekanan dan sulit berada dalam posisi yang baik untuk lahir.

Hal ini sanggup dikurangi dengan melaksanakan lunges, salah satu posisi yoga yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Poisisi ini membantu sendi rahim biar tidak bengkok dan mempersiapkan tubuh ibu untuk proses persalinan yang mudah. Caranya yaitu sebagai berikut.
  1. Dengan bangun menghadap ke depan, kemudian tempatkan satu kaki di depan. Tekuk lutut dan biarkan kaki belakang dalam posisi memanjang.
  2. Gerakan ini sanggup dilakukan secara menyamping atau lurus ke depan. Jika terlalu sulit, mintalah derma suami untuk menjaga biar punggung Bunda tetap tegak.
  3. Tahan posisi ini selama 30 detik kemudian ulangi dari awal sebanyak 3-5 kali sehari.

Nah itulah olahraga apa untuk ibu hamil muda yang sanggup Anda terapkan dirumah. Setiap ibu hamil pastinya ingin proses kelahiran yang lancar dan mudah.  Oleh alasannya itu, jangan malas berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga ibu hamil juga sanggup membantu melancarkan proses persalinan.

Demikian olahraga apa saja yang baik untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.