Cara Menciptakan Pigura Dari Kardus Bekas Yang Sederhana Tapi Unik

cara menciptakan pigura dari kardus bekas sederhana Cara Membuat Pigura Dari Kardus Bekas yang Sederhana Tapi Unik
Image Source: dekoruma.com

Kardus merupakan salah satu limbah rumah yang seringkali jarang digunakan. Biasanya jikalau sudah tidak dipakai kardus bekas ini akan dibuang ditempat pembuangan sampah dan menjadi barang tidak berguna. Justru, ketika ini, ada bermacam-macam cara untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi benda-benda bagus yang siap melengkapi meja atau ruangan favorit kita.

Salah satu kerajinan tangan yang sanggup dibentuk dari kardus gres maupun bekas ialah bingkai foto. Bingkai merupakan hiasan sekaligus pelindung sebuah foto. So, artikel ini akan mengajarimu cara menciptakan pigura dari kardus yang unik.

Bagaimana cara menciptakan pigura dari kardus? Simak yuk langkah-langkah untuk menciptakan bingkai foto dari kardus yang sanggup menjadi hiasan rumah Anda. Cara membuatnya cukup mudah, kau cukup mengambil kertas kardus bekas, dan alat-alat lainnya yang dibutuhkan. 

Mau bingkai foto menyerupai itu? Yuk bikin sendiri tanpa harus mengeluarkan uang banyak-banyak. Langsung saja, inilah cara menciptakan pigura dari kardus dengan mudah!


Cara menciptakan pigura dari kardus

1. Siapkan Alat & Bahan

Image Source: klikfadli.com

Bagaimana cara menciptakan bingkai foto dari kardus bekas? Alat dan materi merupakan dasar yang harus kau miliki ketika ingin menciptakan sesuatu. Alat kau butuhkan:
  • Gunting.
  • Cutter.
  • Penggaris.
  • Lem.
  • Manik-manik (Kalau kau ingin menghias bingkainya).
  • Spidol.
  • Cat warna.

Bahan yang kau butuhkan :
  • Kardus bekas (cari tekstur kardus yang keras semoga awet).
  • Jika kau ingin menciptakan bingkai yang berukuran besar kau sanggup menggunkan kardus mie instan atau peralatan elektronik.
  • Jika kau ingin menciptakan bingkai ukuran kecil kau cukup dengan memakai kardus susu, sereal dan kardus-kardus yang berukuran kecil lainnya.

2. Potong Kardus

Image Source: klikfadli.com

Setelah kau mengumpulkan alat dan materi kau sanggup melanjut ke tahap 2 cara menciptakan bingkai foto dari kardus yaitu gunting kardus sesuai ukuran yang kau inginkan.
  1. Guntinglah bab yang ingin dipakai sebagai bingkai semoga terpisah dari kardusnya.
  2. Buatlah dua potongan yaitu bab depan dan belakang bingkai foto.
  3. Pastikan kau menggunting kardus dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran fotonya.
  4. Setelah memotong kardusnya, kau rapikan potongan kardus dan tentukan ukuran bingkai foto yang akan kau buat.
  5. Jika nanti kau akan meletakkan foto berukuran 4×6 kau sanggup memotong kardus dengan ukuran 4×8. Dengan begitu, kau akan mempunyai bingkai dengan ukuran 1 inci disekelilingnya.
  6. Kalau menurutmu 1 inci terasa terlalu besar atau kecil maka kau sanggup menyesuaikan sendiri supaya pas ukuran bingkainya dengan selera kamu.

3. Lubangi Bagian Tengah

Image Source: klikfadli.com

Langkah ketiga ini kau sanggup melubangi bab tengah kardus supaya menjadui sebuah bingkai untuk menampilkan foto yang kau taruh nanti. Jika ukuran fotomu 4×6 maka potong dengan ukuran tersebut. Namun disarankan untuk memotong kurang dari ukurannya supaya tidak ada gap antara foto dan bingkainya.

4. Hias Bingkainya

Image Source: klikfadli.com

Masuk pada tahap selanjutnya yaitu tahap penghiasan atau biasa disebut  dekorasi.
  1. Silahkan memberi cat atau warna pada bingkai.
  2. Buatlah hiasan dengan warna-warna tertentu dan buat contoh dari warna tersebut (kamu sanggup menciptakan contoh menyerupai batang kayu dan sejenisnya supaya bingkaimu terlihat elegan).
  3. Tambahkan hiasan lain bab bingkai yang atas menyerupai manik-manik, pita, stiker, kertas hias, kancing dan apapun itu sesuai keingin kamu.
  4. Jika kau memilki sesuatu yang mempunyai keterkaitan dengan foto tersebut tidak ada salahnya untuk ditempelkan pada bingkai atau berikan keterangan mengenai foto tersebut pada bingkai, hal ini akan menambah nilai plus ketika orang lain melihat bingkai punyamu.
  5. Untuk menempelkan hiasan kau sanggup memakai lem atau double tape. Hanya saja jikalau kau ingin menempelnya secara permanen lebih baik kau menggunkan lem yang berpengaruh dan tidak gampang lepas.
  6. Namun, kalau kau ingin mengganti hiasannya dikemudian hari lebih baik kau memakai double tape. Karena double tape lebih gampang untuk dilepas daripada lem dan juga double tape tidak akan merusak materi yang ditempelinya.

5. Tutup Bingkai dengan Cover Belakang

Image Source: klikfadli.com
  1. Setelah bingkai bab depan selesai dihias, kau sekarang sanggup menyatukan semua elemen bingkainya. Sebelumnya silahkan potong bab yang akan jadi cover belakang bingkai sesuai dengan ukuran bingkai bab depan semoga ukurannya sama.
  2. Selanjutnya taruh bingkai epilog pada bab bawah, kemudian pasang fotomu diatasnya, dan tutup memakai bingkai bab depan.
  3. Rekatkan ketika elemen tersebut dengan lem hingga benar-benar melekat dengan berpengaruh dan tidak akan rentan lepas.
  4. Kamu sanggup melapisi dengan  plastik bening semoga terlihat menyerupai beling pada bingkai kayu. Namun kau harus menggantinya dalam beberapa bulan sekali. Karena plastik menyerupai itu akan buram dalam beberapa bulan.

6. Buat Dudukannya

Image Source: klikfadli.com

Langkah terakhir dalam cara menciptakan bingkai foto dari kardus ialah dengan menciptakan dudukan atau sanggahan.
  1. Cari kardus yang tebal dan berpengaruh untuk menopang bingkai foto yang kau buat.
  2. Potonglah kardus dengan bentuk menyerupai gambar diatas. Sekilas terlihat menyerupai dasi gitu sih.
  3. Sesuaikan panjangnya dengan tinggi bingkai yang kau buat.
  4. Tempelkan dudukan tersebut di cover epilog pada bab belakang.

Nah gampang bukan menciptakan pigura dari kardus bekas ini? Gunakan jiwa seni pada diri kau untuk menciptakan kreatifitas dalam proses cara menciptakan bingkai foto dari kardus supaya lebih unik dan mempunyai nilai tersendiri.

Demikian cara menciptakan pigura dari kardus yang unik yang sanggup Anda coba. Semoga bermanfaat.