9 Doa Sehabis Shalat Fardhu Lengkap Dengan Artinya

 Doa Setelah Shalat Fardhu Lengkap Dengan Artinya 9 Doa Setelah Shalat Fardhu Lengkap Dengan Artinya
Ilustrasi doa (tribunnews.com)

Assalamu'alaikum wr, wb.

Berjumpa lagi dengan kami di , pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel kumpulan Doa setelah shalat. Setiap ummat Islam wajib melaksanakan shalat sebanyak lima (5) waktu dalam sehari.

Ibadah yang Allah syari'atkan dan wajib untuk dilaksanakan, apabila tidak dilaksanakan maka akan mendapat dosa. Seperti yang sudah kita ketahui setelah melaksanakan shalat wajib (fardhu) 5 waktu maupun shalat sunnah kita dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa.

Setelah melaksanakan shalat fardhu ataupun shalat sunnah dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Swt. Doa setelah shalat fardhu ini merupakan kumpulan dari beberapa doa, Anda pun bisa Memulai Doa dengan Memuji Allah dan Bershalawat Atas Nabi SAW.

Adapun mengenai bahasa pengatar untuk doa kita itu lebih afdhol memakai Bahasa Arab dengan catatan kita memahaminya. Jika kita tidak bisa memakai bacaan doa dengan berbahasa Arab, kita juga bisa memakai selain Bahas Arab. Karena bekerjsama Allah yang mencitakan bahasa dan Allah maha tau segala bahasa. Langsung saja kita bahas apa saja yang akan kita baca setelah shalat fardhu.

Pada kesempatan kali ini akan menawarkan 9 doa setelah shalat fardhu yang bisa diamalkan setelah shalat fardhu nanti.



9 Doa Setelah Shalat Fardhu

1. Baca Pujian Untuk Allah


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya :
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji untuk Allah Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan segala nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah rasa syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan juga keagungan kekuasaan-Mu. 

2. Sholawat Nabi


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya:
Wahai Allah, limpahkanlah rahmat-Mu dan kesejahteraan-Mu kepada junjungan kami, Nabi Muhammad dan juga keluarganya, ialah rahmat yang bisa menyelamatkan kami dari aneka macam macam ketakutan dan penyakit, yang mampuh memenuhi segala kebutuhan kami, yang mampuh mensucikan diri kami dari aneka macam macam keburukan, yang sanggup mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu, dan sanggup memberikan kami kepada tujuan penuh dari segala kebaikan, baik diwaktu masih hidup ataupun setelah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar, Maha Dekat, dan Maha Memperkenankan segala doa juga permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi semua kebutuhan Hamba-Nya.

3. Memohon Doa Selamat


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya :
Wahai Allah, bekerjsama kami memohon kepadaMu, kesejahteraan untuk agama, dunia dan juga akhirat, kesehatan jasad, kesehatan badan, ditambahkan ilmu, rezeki yang berkah, taubat sebelum selesai hidup menjemput, rahmat ketika selesai hidup menjemput, dan ampunan setelah selesai hidup menjemput. Wahai Allah! Permudahkanlah kami disaat menghadapi pedihnya sakaratul maut, (Berilah kami) keselamatan dari panasnya api neraka, dan ampunan disaat waktu hisab.

4. Memohon Doa Perlindungan dari Sifat Buruk


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya :
Wahai Allah, bekerjsama kami memohon santunan kepadaMu dari sifat lemah, malas, kikir, pikun dan juga dari azab kubur.

5. Doa Penyakit Hati


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya :
Wahai Allah, bekerjsama kami memohon santunan kepadaMu dari aneka macam macam ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak bisa khusyu’, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.

6. Doa Untuk Kedua Orang Tua


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya:
Wahai Tuhan Kami, ampunilah dosa-dosa kami, juga dosa-dosa orang bau tanah kami, para orang terdahulu kami, para guru-guru kami, orang-orang yang mendapat hak atas kami, orang-orang yang cinta dan juga berbuat baik terhadap kami, dan juga untuk seluruh umat islam.

7. Doa Mohon Diterima Segala Doa dan Ampunan


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya:
Wahai Tuhan kami, terimalah (permohonan) dari kami, sebab bekerjsama Engkau Maha Mendengar dan Maha tahu. Dan terimalah taubat (mohon ampun) kami, bekerjsama Engkau Maha Menerima Taubat dan juga Maha Penyayang.

8. Doa Sapu Jagat


Image Source: ibnuasmara.com

Artinya:
Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup ketika masih di dunia dan kebaikan hidup ketika sudah berada di akhirat, dan jagalah (hindarkanlah) kami dari pedihnya siksa api neraka.

9. Sholawat Nabi dan Penutup


Image Source: ibnuasmara.com


Artinya:
Semoga Allah menawarkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungn kami, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasalam , keluarga dan juga sahabatnya dan segala puji teruntuk Allah, Tuhan Semesta Alam.
Nah, itulah bacaan doa setelah shalat fardhu yang bisa Anda lakukan dan diamalkan. Agar sanggup menyempurnakan kewajiban shalat 5 waktu Anda.

Demikian bacaan doa setelah shalat fardhu. Semoga bermanfaat.
Related Posts