Cara Kondusif Mengeluarkan Dahak Pada Bayi

 Memiliki dahak yang menumpuk di tenggorokan niscaya sangat tidak nyaman Cara Aman Mengeluarkan Dahak Pada Bayi
Image Source: prenagen.com

Memiliki dahak yang menumpuk di tenggorokan niscaya sangat tidak nyaman. Apalagi kalau terjadi pada anak Anda. Bila anak Anda masih balita, maka hal tersebut sangat perlu diperhatikan oleh orang tua. Ketika pilek dan batuk menyerang, bayi cenderung rewel lantaran dahak yang tidak sanggup keluar. Berikut cara mengeluarkan dahak pada bayi gres lahir!

Bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi? Sebenarnya, cara mengeluarkan dahak pada bayi tidak sesulit apa yang ibu bayangkan. Adapun batuk berdahak, umumnya disebabkan oleh beberapa kondisi. Pasti kebanyakan orang renta galau bagaimana mengatasinya dahak tersebut lantaran bayi belum sanggup berbicara ataupun mengeluarkan dahak sendiri.

Mengeluarkan lendir bayi sanggup dipelajari dan dilakukan di rumah. Ada beberapa cara yang sanggup mama lakukan untuk mengeluarkan dahak pada bayi. Berikut cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan kondusif yang sanggup ibu lakukan dirumah.

:

Cara mengeluarkan dahak pada bayi

1. Gunakan alat penyedot khusus

Image Source: popmama.com

Alat penyedot dahak ini dibentuk dari materi karet yang elastis dan dijual di apotek-apotek. Bisa didapatkan dengan banyak sekali ukuran dan fitur, namun yang berbentuk standar saja sudah sanggup dipakai.
Ini cara pakainya:

  1. Lakukan pada verbal lebih dulu dengan menempatkan ujung alat penyedot ke dalam rongga verbal bayi
  2. Jika dahak bayi kental, teteskan 2-3 larutan air garam atau larutan salin siap pakai ke dalam hidung bayi sebelum memasukkan ujung alat penyedot ke dalam hidungnya.
  3. Peganglah ujung balon alat penyedot dengan jari telunjuk dan jari tengah. Keluarkan udara dalam balon lebih dulu.
  4. Masukkan ujung alat penyedot ke dalam verbal atau hidung secara perlahan dan lepaskan ibu jari yang sebelumnya menekan dasar balon untuk mengeluarkan udara, sehingga dahak dalam verbal atau lendir dalam hidung bayi tersedot.
  5. Jika balon alat penghisap tidak mengembang kembali, biasanya ujung alat tersumbat oleh dahak atau lendir yang kental.
  6. Buang dahak yang tersedot alat dengan menekan balon alat penyedot dan bersihkan hingga semua dahak keluar dari balon.
  7. Saat membersihkan dahak atau lendir dengan alat penyedot, beri jeda setiap 2 kali penyedotan biar bayi sanggup beristirahat ya, Ma. Batasi penyedotan hingga 2-3 sehari biar hidung bayi tidak menjadi lecet dan kering.


2. Uap air panas

Image Source: popmama.com

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan uap seolah-olah metode penguapan dengan nebulizer. Namun uap air panas tentu lebih alami dan tidak menggunakan obat kimia. Caranya pun sangat gampang dan murah. Ini langkahnya:

  1. Sediakan ember berisi air hangat, sanggup dicampur dengan beberapa tetes minyak kayu putih maupun tidak.
  2. Letakkan ember tersebut di erat bayi sehingga ia sanggup menghirup uap yang dihasilkan air hangat dalam baskom.
  3. Posisikan bayi dalam kondisi tengkurap dengan posisi kepalanya yang lebih rendah daripada tubuhnya.
  4. Mama sanggup menepuk-nepuk punggungnya guna membantunya mendorong dahak di jalan masuk pernafasannya. Jadi, dahak sudah menjadi lebih encer dan dahaknya juga akan lebih gampang keluar.
  5. Penggunaan nebulizer untuk terapi uap juga harus diperhatikan ya. Menurut dr. Wahyuni Indawati, Sp.A, IDAI ingin meluruskan mengenai penggunaan nebulizer. Sejarah terapi inhalasi dengan nebulizer diperuntukkan untuk mengatasi asma saja. Namun bila tetap dilakukan proses penguapan dengan nebulizer, Mama harus memperhatikan obat apakah yang digunakan dalam penguapan tersebut.


3. Jemur di bawah matahari

Image Source: popmama.com

Saat jalan masuk pernapasan tidak lancar lantaran dahak, berjemurlah. Sinar hangat matahari dari jam 08-00-09.00 sehat untuk pernapasan dan tulang si Kecil. Kehangatan matahari akan diserap tubuh si Kecil dan mengencerkan dahak sehingga Mama lebih gampang mengeluarkannya. Ini metodenya:

  1. Jemurlah bayi di bawah sinar matahari antara pukul 7-8 pagi selama 10 menit.
  2. Oleskan minyak telon pada dada dan punggungnya. kemudian tengkurapkan bayi di pangkuan Mama dengan posisi kepala sedikit lebih rendah dari tubuhnya, biar dahak yang encer sanggup turun dan keluar dari tenggorokan.
  3. Tepuk-tepuk punggung bayi dengan lembut. Dahak yang tidak keluar melalui tenggorokan, biasanya tertelan dan akan dikeluarkan bersama kotoran dan urin.


4. Menidurkan bayi dengan posisi yang berbeda

Image Source: alodokter.com

Apabila biasanya dikala tidur posisi kepalanya sejajar dengan badan, maka Mama sanggup mengubahnya. Beri bantal pada kepalanya biar posisi kepalanya lebih tinggi. Posisi tersebut membantunya mengatasi hidung tersumbat dan mengeluarkan dahak di jalan masuk pernasafannya.

Selain ini Mama juga sanggup memosisikan bayi dengan posisi tengkurap dikala tidur, sehingga membantu Mama untuk mengeluarkan dahaknya.  Namun Mama harus memastikan kalau posisi tersebut tidak menghalangi hidung dan jalan masuk pernafasannya.

5. Menghangatkan bayi


Image Source: liputan6.com

Dahak yang mengental di jalan masuk pernafasannya sering menciptakan bayi mengalami gelisah. Hawa panas yang dihasilkan tubuhnya sanggup membantu dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkannya.
Mama memakaikannya baju hangat pada bayi. Selain itu juga sanggup menawarkan minyak telon. Namun perlu diperhatikan oleh Mama bahwa beberapa bayi juga sanggup mengalami alergi jawaban minyak telon. Buat ruangan biar tetap hangat, higienis dan cukup steril dari abu untuk mencegah penumpukan dahaknya.

Nah itulah bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi gres lahir. Anda sanggup mempraktekannya dirumah secara hati-hati. Apabila dahak tidak kunjung hilang dan juga disertai beberapa tanda-tanda lain, segera lakukan investigasi ke dokter.

Demikian cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan aman. Semoga bermanfaat.
Related Posts