Pengertian, Jenis, Dan Fungsi Seni Rupa Murni


Image Source: windowsnesia.com

Seni merupakan sesuatu yang dibentuk atau diciptakan oleh insan yang mempunyai nilai keindahan yang sanggup menciptakan orang disekitar merasakannya. Seni dibentuk alasannya yaitu atas sebuah wangsit atau gagasan sebuah seniman yang membuatnya. Dalam seni, terdapat 2 macam jenis yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa gotong royong sangat berafiliasi dengan kehidupan kita sehari-hari, misalnya ibarat lukisan, patung, dan lain-lain. Tapi lukisan dan patung apakah termasuk seni rupa murni atau seni rupa terapan? Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian seni rupa murni dan pola seni rupa murni untuk menambah wawasan Anda mengenai seni.

Banyak dibaca:

Pengertian seni rupa murni

Apa pengertian seni rupa murni? Seni rupa murni yaitu cabang seni rupa untuk menghasilkan sebuah karya serta lebih menonjolkan atau mementingkan pada keindahannya untuk dinikmati saja. Pembuatan seni rupa murni lebih difokuskan pada nilai keindahan dan estetisnya tanpa memperhatikan nilai-nilai simpel dari karya yang akan dibuat. Apa saja karya seni rupa murni?Meskipun hanya sanggup dinikmati keindahannya saja, karya seni rupa murni banyak dijumpai disetiap kawasan misalnya rumah, kantor, dan lain-lain.

Fungsi seni rupa murni

Seni rupa murni juga mempunyai fungsi untuk menumbuhkan atau meningkatkan kebahagiaan seseorang alasannya yaitu adanya unsur keindahan atau estetika yang ada di dalam sebuah karya seni rupa. Selain keindahan yang menciptakan orang bahagia, seni rupa murni juga sanggup memperindah dan memepercantik ruangan biar ruangan terlihat menjadi lebih indah. Seni rupa murni juga bermanfaat sebagai cara untuk berkomunikasi kepada pecinta seni dan menjadi sebuah media untuk menawarkan pengetahuan yang sifatnya baik untuk kepribadian dan kehidupan manusia.

Seni rupa murni juga mempunyai fungsi sosial alasannya yaitu saat seseorang melihat karya seni yang dibentuk lalu orang tersebut tertarik, orang tersebut akan mengapresiasi dan menawarkan penghargaan atas karya seni yang telah dibuatnya.

Jenis seni rupa murni

Seni rupa murni mempunyai 2 jenis yaitu seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi. Berikut ini klarifikasi ihwal seni rupa murni dua dimensi dan seni rupa murni tiga dimensi.

1. Seni rupa 3 dimensi


Image Source: sumberpengertian.co

Seni rupa murni tiga dimensi yaitu seni rupa yang terdiri dari tiga jenis unsur pembentuknya, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Ketiga unsur tadi akan membentuk suatu volume dan isi yang sanggup mengakibatkan seni rupa murni sanggup terlihat indah dari segala arah. Seni rupa murni tiga dimensi mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan yang dua dimensi di dalam pembuatannya. Tetapi secara keindahan akan menawarkan kesan tersendiri dalam karyanya. Contoh seni rupa murni 3 dimensi ibarat karya seni patung, seni ukir, dan lain sebagainya.

2. Seni rupa 2 dimensi


Image Source: satujam.com

Jenis seni rupa murni selanjutnya yaitu seni rupa dua dimensi. Dalam seni rupa dua dimensi, hanya terdiri dari dua unsur pembentuk antara lain panjang dan lebar. Karena terdiri dari dua unsur pembentuknya, karya seni yang dihasilkan juga akan bisa dilihat dari arah tertentu saja. Contoh seni rupa murni 2 dimensi mencakup gambar grafis, poster, lukisan, dan lain sebagainya.

Fungsi umum seni rupa 

1. Sebagai sarana komunikasi

Fungsi seni rupa yang pertama yaitu sebagai sarana komunikasi. Karya seni semenjak zaman dahulu sampai kini ini dipercaya bisa dipakai untuk memberikan suatu gagasan atau wangsit secara tersirat atau tersurat. Contohnya ibarat wayang biasanya dipakai sebagai media hiburan untuk memberikan pesan moral kepada orang-orang.

2. Sarana edukasi

Fungsi seni rupa selanjutnya yaitu sebagai sarana menambah wawasan. Seni banyak dipakai sebgai sarana untuk menambah wawasan semenjak zaman dahulu sampai sekarang. Contohnya wayang, wayang semenjak zaman dahulu sudah dipakai sebagai sarana pendidikan bau tanah ataupun muda. Tujuannya yaitu untuk memberikan sesuatu untuk memperbaiki kualitas diri sebagai insan khususnya sikap yang baik dan luhur.

3. Kebutuhan emosional

Selain sarana edukasi fungsi seni rupa juga sanggup memenuhi kebutuhan emosional. Manusia mempunyai berbagai sifat, misalnya marah, sedih, ,malas, senang dan lain sebagainya. Peran seni sebagai sarana emosional penting bagi orang yang sedang mempunyai perasaan sedih atau tidak nyaman alasannya yaitu perasaaan tersebut sanggup hilang dengan melihat lukisan yang indah.

Demikian apa yang dimaksud seni rupa murni dan contohnya. Semoga bermanfaat.
Related Posts