Penjelasan Dan Pola Karya Seni Rupa 2 Dimensi

 Manusia hidup membutuhkan suatu seni biar tidak terasa hirau taacuh dan monoton sehingga merasa Penjelasan dan Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi
Image Source: romadecade.org

Apa yang dimaksud seni rupa 2 dimensi dan contohnya? Manusia hidup membutuhkan suatu seni biar tidak terasa hirau taacuh dan monoton sehingga merasa cepat bosan. Sebuah karya seni sanggup menimbulkan seseorang tersebut akan menciptakan perasaannya terhibur. Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang membentuk suatu karya seni menggunakan media yang sanggup dilihat maupun diraba oleh indera.

Apa itu seni rupa 2 dimensi? Diketahui bahwa seni rupa dua (2) dimensi ialah jenis-jenis seni rupa menurut pada dimensi atau ukuran karya seni rupa. Ternyata dalam proses pembuatannya, seni rupa 2 dimensi membutuhkan teknik-teknik khusus. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut simak artikel dibawah ini.

Seni rupa dua dimensi ialah suatu karya seni rupa yang mempunyai dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar. Sehingga seni rupa jenis ini tidak mempunyai ruang alasannya tidak adanya unsur ketebalan. Kaprikornus hasil karya seni yang ini hanya bisa dinikmati melalui satu sisi saja.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan menunjukkan klarifikasi ihwal pengertian seni rupa 2 dimensi terlengkap dengan adanya teknik-teknik seni rupa, unsur-unsur seni rupa dan media seni rupa yang gampang di pelajari.

:

Teknik-Teknik Seni Rupa 2 Dimensi


Image Source: romadecade.org

Karya seni rupa mempunyai fungsi guna menunjang kebutuhan hidup sehari-hari manusia. Oleh alasannya itu dalam proses pembuatannya jenis seni rupa yang satu ini membutuhkan teknik-teknik khusus. Berikut ialah beberapa teknik yang sanggup digunakan dalam rangka pembuatan seni rupa 2 dimensi:

1. Teknik Plakat

Jenis teknik yang satu ini ialah yang paling sering digunakan pada dikala melukis. Teknik plakat ini biasanya  menggunakan cat poster dan cat minyak akrelik dengan cara digoreskan agak tebal. Sehingga warna yang dihasilkan benar-benar anggun sangat padat dan pekat.

2. Teknik Kolase

Merupakan teknik melukis yaitu caranya dengan memotong kertas kemudian kertas tersebut ditempelkan pada obyek tertentu sehingga membentuk lukisan. Dengan teknik ini sanggup menghasilkan lukisan yang abnormal atau realis dari potongan kertas yang tadi ditempelkan. Hasil dari karya seni rupa yang menggunakan teknik ini sering disebut dengan mozaik.

3. Teknik Transparan

Teknik transparan ini ialah teknik yang seringkali digunakan pada dikala melukis atau menggambar. Pada teknik ini biasanya menggunakan cat air namun hanya digoreskan secara tipis-tipis saja jadi menghasilkan tekstur yang begitu transparan.

4. Teknik Melipat, Menggunting, dan Merekat (3 M)

Teknik yang satu ini merupakan teknik manipulasi beberapa lembaran kertas yang dirangkai sedemikian rupa sampai membentuk sebuah karya seni rupa 2 dimensi.

Kaprikornus untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah dan disukai banyak orang niscaya membutuhkan keahlian dan teknik-teknik khusus. Sebuah karya seni tidak akan berarti apa-apa jikalau didalamnya tidak mengandung nilai yang artistik. Karena itu sebelum menciptakan sebuah karya seni hendaknya terlebih dulu memperhatikan teknik-tekniknya.

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Image Source: romadecade.org

Apa saja karya seni rupa 2 dimensi? Hasil karya seni rupa kini ini dengan gampang dan banyak sekali bisa kita jumpai dimana-mana. Hasil karya tangan-tangan yang penuh kreatif dan imajinatif ini bisa dijadikan sebagai lahan guna menambah penghasilan. Berikut ini beberapa pola seni rupa 2 dimensi yang mempunyai nilai seni yang sangat tinggi, yaitu:

1. Gambar

Perwujudan dari gambar sendiri lebih menekankan pada unsur bentuk, garis, dan aspek kegunaan tanpa menggunakan ekspresi. Kaprikornus hasil karya seni rupa dalam wujud gambar ini kelihatan lebih faktual untuk dinikmati. Sebagai misalnya ialah menyerupai gambar arsitektur, gambar ilustrasi, dekorasi, desain dan lain sebagainya.

2. Lukisan

Merupakan karya seni rupa 2 dimensi yang dibentuk dengan menggunakan media menyerupai kain kanvas, dinding sampai kertas. Proses pembuatan dari lukisan itu sendiri yaitu dengan memoleskan cat dengan menggunakan pisau palet, kuas lukis, serta peralatan jenis lain. Semua itu dilakukan di atas media lukis sampai membentuk sebuah gambar yang diinginkan.

Satu hal yang menarik dari sebuah lukisan ialah nilai yang terkandung didalam lukisan tersebut. Maka dalam pembuatannya diperlukan imaginasi yang tinggi serta skill (keahlian) yang mumpuni biar menelurkan lukisan yang luar biasa.

3. Seni Grafis

Seni grafis sendiri termasuk salah satu cabang seni rupa yang mana dalam proses pembuatannya membutuhkan alat bantu. Sebagai misalnya ialah seni fotografi alasannya dalam pengerjaannya fotografi membutuhkan alat bantu kamera. Dengan kamera ini akan menghasilkan foto-foto yang sangat anggun sama persis dengan obyeknya.

4. Kaligrafi

Termasuk sebuah karya seni artistik dalam bahasa arab dengan menggunakan banyak sekali media menyerupai kertas, kain kanvas, kayu, dinding maupun kuningan. Dalam pembuatannya seni kaligrafi ini merupakan bentuk verbal dalam hal keagamaan serta budaya Islam. Hasil karya seni kaligrafi ini sering kita jumpai di masjid-masjid dan yang paling populer yaitu kaligrafi sufi.

5. Seni Fotografi

Fotografi ini termasuk kedalam seni grafis yang mana dalam perkembangannya semakin banyak diminati orang. Hal ini tentu saja alasannya semakin canggih dan semakin mudahnya alat bantu yang digunakan yaitu kamera. Apalagi kini ini hampir semua handphone sudah dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih.

Sehingga dimanapun dan kapanpun orang bisa mengekspresikan diri dengan menggunakan kamera tersebut. Dengan tidak sadar mereka itu sudah menghasilkan sebuah karya seni yakni seni fotografi.

6. Seni Mozaik

Merupakan jenis karya seni rupa yang pembuatannya dengan cara menyusun suatu benda sampai membentuk wujud tertentu. Wujud benda ini tentu saja mempunyai nilai estetis tinggi serta membutuhkan bahan-bahan tertentu. Sebagai materi utama bisa menggunakan kulit telur, cuilan kaca, keramik, dan serpihan kayu.

7. Poster

Pembuatan poster ini biasanya diatas kertas dan membentuk suatu wujud yang bisa menunjukkan suatu informasi. Informasi yang diberikan ini bisa berupa suatu seruan ataupun pesan propaganda. Poster termasuk seni rupa 2 dimensi yang sangat efektif sebagai iklan dalam mempromosikan suatu produk.

Tokoh Seni Rupa 2 Dimensi

Image Source: romadecade.org

Jika dilihat secara keseluruhan ada banyak tokoh seni rupa yang telah menghasilkan karya-karya seni yang sangat indah. Tokoh-tokoh itu ada yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Namun ada 2 tokoh lokal dan internasional yang sampai dikala ini paling populer dan disegani, yaitu:

1. Raden Saleh Sjarif Boestaman

Merupakan tokoh seni rupa yang lahir di Semarang tahun 1807 kemudian meninggal tahun 1880 di Bogor Jawa Barat. Bakatnya sudah terlihat sejak dia masih kecil sampai kemudian bakatnya diasah serta didampingi pelukis keturunan Belgia, A.A.J. Payen. Dibawah asuhan gurunya ini kemampuan melukis Raden Saleh semakin meningkat.

2. Vincent Van Gogh

Termasuk salah satu pelukis terbesar di dalam sejarah kesenian bangsa Eropa. Vincent ini lahir pada 30 Maret 1853 dan meninggal pada 29 Juli 1890. Banyak dari hasil karyanya yang bagus-bagus dan dikenal luas di daratan Eropa

Dengan adanya 2 tokoh seni rupa yang berdedikasi tinggi dalam kesenian ini menciptakan seni rupa tidak dipandang sebelah mata. Karena hasil karya seni rupa sudah terbukti mempunyai efek yang sangat penting dalam sendi-sendi kehidupan manusia. Dengan adanya karya seni rupa hidup insan jadi lebih berarti dan bermakna.

Nah itulah beberapa teknik-teknik seni rupa dimensi, contoh, dan tokoh seni rupa 2 dimensi. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern pertumbuhan seni rupa 2 dimensi kini ini mengalami kemajuan. Apalagi dengan donasi teknologi canggih yang menghasilkan alat-alat bantu modern menciptakan perkembangan seni rupa jauh lebih mudah. Hal ini tentu sangat menggembirakan sekali terutama bagi pecinta seni (seniman).

Demikian klarifikasi tentang apa yang dimaksud seni rupa 2 dimensi dan contohnya. Semoga bermanfaat.