Resep Camilan Cantik Lapis Kukus Surabaya

 Kue lapis merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai semua orang Resep Kue Lapis Kukus Surabaya
Image Source: selerasa.com

Kue lapis merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak disukai semua orang. Biasanya jajanan ini banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Sangking digemari banyak orang, hasil pencarian di google untuk camilan elok lapis. Terdapat sekitar 1.297 varian resep camilan elok lapis yang gampang dibentuk serta enak.

Sedangkan hasil pencarian untuk salah satu varian camilan elok lapis. Seperti camilan elok lapis tradisional, terdapat kurang lebih 37 resep. Dan juga masih banyak lagi varian resep camilan elok lapis lezat dan lembut lainnya!

Bahkan salah satu varian resep camilan elok lapis, yakni camilan elok lapis legit menempati peringkat 14 besar camilan elok tradisional paling lezat di dunia.

Oleh alasannya itu, jajanan tradisional yang satu ini memang tidak lekang waktu. Dan juga camilan elok lapis ini cocok sekali disajikan diberbagai program maupun untuk cemilan sehari-hari.

Nah, bagi yang ingin menciptakan camilan elok lapis sendiri dirumah. Yuk simak berikut ini cara menciptakan camilan elok lapis, jajanan tradisional favorit dengan resep yang gampang dan praktis.

:

Berikut Resep dan Cara Membuat Kue Lapis Kukus Surabaya

1. Bahan-Bahannya

  • 185 gram tepung beras
  • 150 gram gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 7 tetes pewarna hijau 
  • 800 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa 
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk

2. Cara Membuatnya

Cara menciptakan adonannya:
  1. Siapkan wadah yang akan dipakai untuk menciptakan adonan. Lalu masukan bahan-bahan menyerupai misalkan tepung beras, garam, gula dan vanili bubuk. Aduk hingga merata adonan materi tersebut. 
  2. Ambil santan yang sudah anda siapkan. Kemudian tuangkan santan bertahap ke dalam adonan sambil diaduk-aduk hingga merata dan adonan  licin. Apabila adonan sudah selesai dibuat, silahkan bagi adonan tersebut menjadi dua bagian. Tambahkan pewarna makanan hijau ke dalam salah satu adonan. Lalu aduk-aduk hingga merata. Sedangkan untuk adonan yang lainnya dibiarkan berwarna putih. 
  3. Jika sudah sisihkan adonan terlebih dahulu.

Cara menciptakan camilan elok lapisnya:
  1. Siapkan loyang yang akan dipakai untuk mengukus camilan elok lapis kali ini. Kemudian olesi loyang dengan memakai minyak dan alasi dengan bantalan plastik. 
  2. Setelah itu, panaskan loyang tersebut dalam kukusan yang sudah anda siapkan. Tunggu hingga loyang benar-benar panas. Setelah panas, tuangkan sedikit adonan putih ke dalam loyang. Kukus adonan selama kurang lebih 5 menit  atau hingga tekstur adonan menjadi mengeras. 
  3. Jika sudah menyerupai itu, tuangkan kembali adonan. Namun adonan kedua yang dituangkan kali ini ialah adonan berwarna hijau. Tuangkan adonan hijau ini di atas adonan putih. Kukus hingga teksturnya keras. 
  4. Jika adonan hijau sudah mengeras, kembali tambahkan adonan putih. Kukus kembali hingga mengeras. Lakukan langkah yang sama dan berulang dengan selang seling adonan hingga adonan habis. 
  5. Setelah adonan habis, biar camilan elok lapis yang anda buat ini benar-benar matang, anda harus mengukusnya selama kurang lebih 10 menit. 
  6. Kemudian sehabis camilan elok matang, matikan kompor dan angkat. Diamkan beberapa ketika hingga camilan elok dingin. Setelah hirau taacuh potong-potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera anda. 
  7. Terakhir, anda sanggup pribadi menyajikannya pada piring atau kawasan saji yang sebelumnya sudah anda siapkan.

Demikian klarifikasi diatas wacana resep dan cara menciptakan camilan elok lapis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!