15 Masakan Pantangan Asam Urat Dan Pencegahannya

 Makanan Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya 15 Makanan Pantangan Asam Urat dan Pencegahannya
Image Source: hellosehat.com

Apa saja pantangan penyakit asam urat? Anda penderita asam urat? Sudah niscaya Anda disuruh menghindari pantangan asam urat yang dilarang dipandang sebelah mata apalagi sanggup membahayakan kesehatan. Secara normal, asam urat seharusnya sanggup dihilangkan dari anutan darah ke ginjal dan kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

Pada dasarnya, kita sanggup meminimalisasi risiko penyakit rematik asam urat, di antaranya dengan menghindari kuliner yang mengandung purin yang tinggi. Orang yang menderita penyakit asam urat mempunyai pantangan yang cukup banyak, khususnya makanan. Itulah sebabnya kenapa penderita harus menghindari kuliner mengandung purin tinggi.

Apa saja pantangan untuk asam urat? Penderita asam urat tinggi harus pintar-pintar menentukan makanan, lantaran ada beberapa kuliner dan minuman yang menjadi pantangan asam urat.

Apa saja kuliner pantangan asam urat itu? Ada banyak sekali kuliner pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderita. Berikut ini ialah kuliner pantangan penderita asam urat yang harus dihindari. Ini ia penjelasannya!

:

Makanan pantangan asam urat

Apa saja kuliner pantangan penderita asam urat? Pada umumnya sayuran mempunyai peranan yang sangat berkhasiat untuk kesehatan, tetapi untuk perkara asam urat, ada beberapa jenis sayuran dan kuliner pantangan asam urat lainnya yang perlu dihindari, di antaranya:

1. Bayam

Makanan pantangan asam urat yang pertama ialah bayam, merupakan sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari lantaran kandungan purin tinggi. Menurut tabel kuliner AcuMedico, bayam mempunyai 57 gram purin untuk setiap 100 gram bayam.

2. Asparagus

Asparagus tinggi folat dan kalium dan sanggup dimakan baik panas atau dingin, sesudah dimasak. Asparagus juga merupakan salah satu sayur yang menjadi pantangan kuliner asam urat, lantaran kandungan purinnya tinggi. Menurut AcuMedico, kandungan purin 23 gram per 100 gram asparagus.

3. Kembang kol

Kembang kol ialah sayuran silangan yang tidak sering ditemukan di dalam kuliner lain, tetapi seringkali disajikan dalam adonan sayuran atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dengan jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah pantangan kuliner asam urat. Menurut AcuMedico, purin yang terkandung di dalam kembang kol ialah 51 gram per 100 gram kembang kol.

4. Jamur

Ada kisaran 92-17 gram purin per 100 gram jamur, berdasarkan AcuMedico. Hal ini pada daftar sayuran yang harus dihindari kalau Anda mencoba untuk membatasi jumlah asam urat.

5. Bir dan minuman beralkohol

Minuman hasil fermentasi menjadi alkohol merupakan pantangan asam urat dikarenakan sanggup meningkatkan kadar asam urat. Akibat dari mengonsumsi bir ialah nyeri dan dehidrasi. Minuman yang mengandung alkohol ibarat tape, bir, tuak pahit, dan lainnya.

6. Seafood

Penyebab asam urat yang terutama ialah purin dan kuliner maritim mengandung zat tersebut. Oleh lantaran itu sangat disarankan untuk menghindari kuliner maritim bagi penderita penyakit ini. Seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi. Makanan yang diawetkan juga menjadi penyebabnya, ibarat ikan kalengan; sarden, kornet sapi, dan kuliner kalengan lainnya.

7. Jeroan

Makanan pantangan asam urat yang perlu dihindari oleh penderita berikutnya ialah jeroan. Organ hati pada binatang mempunyai kandungan purin yang sangat tinggi. Jeroan ibarat usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal, dan lainnya.

8. Daging merah

Daging sapi, daging kambing, dan daging babi dianggap tinggi purin. Dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi daging merah jenis apapun.

9. Kedelai olahan

Tahu, tempe, dan kuliner berbahan kedelai lainnya yang difermentasi. Makanan favorit Indonesia ini selain harganya lebih murah, juga tinggi protein. Sayangnya, pasien dengan penyakit asam urat harus membatasi konsumsi kuliner kedelai olahan ini.

10. Gula

Meskipun kandungan purin dalam gula rendah, Anda masih disarankan untuk tidak makan kuliner yang mengandung gula. Konsumsi gula yang berlebihan sanggup mengakibatkan diabetes atau obesitas, yang sanggup memperburuk tanda-tanda rematik dari penyakit asam urat. Hindari pula mengonsumsi minuman yang mengandung fruktosa, lantaran sanggup meningkatkan kadar asam urat. Jika ingin memanjakan pengecap dengan sesuatu yang manis, Anda sanggup makan buah-buahan segar.

11. Nangka

Nangka mengandung tinggi purin. Seperti yang telah dijelaskan di atas, purin menjadi pantangan asam urat. Purin juga menggangu fungsi ginjal lantaran tidak sanggup dicerna dan dikeluarkan oleh tubuh. Penumpukan asam urat pada ginjal menjadi penyebab kerikil ginjal.

12. Nanas

Buah nanas ternyata juga mengakibatkan asam urat, lantaran nanas akan difermentasi menjadi alkohol di dalam pencernaan, yang mengakibatkan asam urat.

13. Mangga

Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Terlalu banyak makan mangga akan menghambat menurunnya kadar kalori di dalam tubuh yang mengakibatkan berat tubuh naik. Ini sanggup mengakibatkan asam urat. Jadi, batasi makan buah mangga atau kalau Anda sangat suka makan banyak mangga, siasati dengan olahraga.

14. Pisang

Selain mangga dengan kandungan gula yang mengakibatkan berat tubuh naik, buah pisang juga mengandung tinggi kadar glukosa. Naikya berat tubuh menjadi faktopr penyebab asam urat.

15. Durian

Makanan yang harus dihindari penderita asam urat selanjutnya ialah durian. Buah ini mengandung tinggi kolesterol. Buah durian ialah pantangan asam urat dan kolesterol, lantaran keduanya sanggup mengakibatkan komplikasi ibarat stroke, penyakit jantung, radang dan hipertensi.

Makanan untuk asam urat

Bila ada yang dihindari tentu ada juga yang dianjurkan. Berikut ini beberapa kuliner untuk asam urat dan hal yang sanggup membantu mengatasi asam urat:
  • Konsumsi kuliner yang mengandung potasium tinggi ibarat kentang, yoghurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, ibarat jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai, dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks ibarat nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa ibarat gula, permen, arum manis, gulali, dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam urat

Berikut ini kuliner yang boleh dikonsumsi penderita asam urat, namun dalam jumlah sedikit!
  • Tahu dan tempe, ikan, daging kambing, daging ayam, daging sapi.
  • Beberapa jenis sayuran tertentu ibarat kangkung, bayam, brokoli, dan tauge, daun pepaya, asparagus, kacang-kacangan, dan jamur.
  • Beberapa pendapat bahwa lemak sanggup menghambat pengeluaran asam urat lewat urine. Makanan berlemak ibarat santan, margarine, mentega, atau gorengan.

Kadar normal penderita asam urat

Pemeriksaan asam urat tinggi di laboratorium dilakukan dengan dua cara, enzimatik dan teknik biasa. Kadar asam urat normal berdasarkan tes enzimatik maksimum 7 mg/dl. Sedangkan pada teknik biasa, nilai normalnya maksimum 8 mg/dl. Bila hasil investigasi mengatakan kadar asam urat tinggi melampaui standar normal itu, penderita dimungkinkan mengalami hiperurisemia.

Kadar asam urat normal pada laki-laki dan wanita berbeda. Kadar asam urat normal pada laki-laki berkisar 3,5–7 mg/dl dan pada wanita 2,6–6 mg/dl. Kadar asam urat di atas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang mempunyai riwayat pernah melaksanakan cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin usang makin tinggi.

Pengobatan asam urat

Perawatan asam urat biasanya melibatkan obat-obatan. Obat apa yang Anda dan dokter pilih akan didasarkan pada kesehatan Anda ketika ini dan preferensi Anda sendiri.

obat pantangan asam urat sanggup dipakai untuk mengobati serangan akut dan mencegah kekambuhan. Obat-obatan juga sanggup mengurangi risiko komplikasi dari asam urat, ibarat pengembangan tophi dari deposit kristal urat.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Obat-obatan seringkali merupakan cara paling efektif untuk mengobati asam urat akut dan sanggup mencegah serangan asam urat berulang. Namun, menciptakan perubahan gaya hidup tertentu juga penting, seperti:
  • Membatasi minuman beralkohol dan minuman yang dimaniskan dengan gula buah (fruktosa). Sebaliknya, minum banyak minuman non-alkohol, terutama air.
  • Membatasi asupan kuliner tinggi purin, ibarat daging merah, daging organ dan kuliner laut.
  • Berolahraga secara teratur dan menurunkan berat badan. Menjaga tubuh Anda pada berat tubuh yang sehat mengurangi risiko asam urat.
Nah, itulah pantangan asam urat yang harus dihindari. Kadar asam urat yang tinggi sanggup mengakibatkan risiko gangguan kesehatan. Mari jaga kadar asam urat Anda dengan mengikuti pantangan asam urat yang sudah dijelaskan diatas semoga tidak kambuh.

Demikian klarifikasi tentang apa saja pantangan penyakit asam urat yang harus dihindari. Semoga bermanfaat.