3 Resep Camilan Cantik Macaroon Sederhana Dengan Aneka Warna Khas Prancis

 Resep Kue Macaroon Sederhana Dengan Aneka Warna Khas Prancis 3 Resep Kue Macaroon Sederhana Dengan Aneka Warna Khas Prancis
Image Source: myrecipes.com

Kue ialah salah satu kudapan yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasanya yang cenderung lembut dan manis membuat rasa yang yummy di mulut.

Dan juga di Indonesia sendiri salah satu kudapan manis yang kini sedang digemari banyak orang dan booming sekali adalah, kudapan manis imut yang aslinya dari Prancis ini.

Pernah melihat kudapan manis yang memiliki banyak warna dan sangat anggun ini kan? Nama kuenya ialah macaroon. Rasanya yang manis dan renyah mengakibatkan kudapan manis ini begitu banyak diburu oleh orang-orang.

Sangking digemari banyak orang, hasil pencarian di google untuk resep macaroon. Terdapat sekitar 68 resep yang gampang dibentuk dan enak. Dan juga masih banyak lagi varian resep macaroon enak lainnya!

Makara siapa sih yang nggak tertarik dengan kudapan manis warna warni yang sangat anggun ini? Nah, bagi yang tertarik untuk mencoba membuat sendiri macaroon dirumah tapi tidak mengetahui resepnya.

Tenang, pada kali ini kita akan membahas ihwal resep dan bagaimana cara membuat macaron yang enak, cantik, dan menarik dengan aneka warna.

Langsung saja simak berikut ini resep dan cara membuat kudapan manis macaroon imut, dengan cara termudah dan sanggup anda coba pribadi dipraktekkan di rumah.

:

1. Resep Macaron Coklat Mint Sederhana

Bahan:

  • gula tepung 130 gr
  • almond debu 75 gr
  • coklat debu 14 gr
  • putih telur 50 gr

Filling Macaron:

  • krim kental 12 gr
  • white coklat 45 gr
  • mint coklat 60 gr

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan almond debu dan coklat debu bertahap sambil diaduk aduk, ayak. sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga berbuih, beri setengah gula bertahap sambil dikocok terus. Tambahkan sisa gula, kocok hingga kaku.
  3. Masukkan adonan coklat debu dan almon kedalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit, aduk pelan.
  4. Masukkan adonan kudapan manis macaron kedalam piping dengan ujung yang bulat. Semprotkan bundar diameter 3 - 4cm diatas loyang yang telah dialasi kertas roti, hentakan loyang sekali biar kudapan manis macaron berkaki. biarkan hingga kering dan tak lengket sekitar 1 jam.
  5. Panaskan panggangan 150 C, panggang macaron sekitar 10-15 menit hingga kaki macaron muncul. Angkat dan dinginkan. Beri filling dan simpan dalam toples kedap udara.

2. Resep Macaron Coklat Moka French Merengue

Bahan:

  • gula halus 50 gr
  • icing sugar 200 gr
  • almond debu 50 gr
  • pasta moca 2 tetes

Bahan Isi: 

  • hazelnut chocolate spread

Cara Membuatnya:

  1. Blender almond debu dan icing sugar hingga halus, ayak sisihkan.
  2. Kocok putih telur hingga berbuih, masukkan kedalam gula halus bertahap sambil diaduk searah dengan spatula hingga soft peak. Tambahkan blenderan almond dan icing sugar, aduk pelan pelan jangan terlalu usang cukup 15-20 adukan saja hingga kental.
  3. Siapkan loyang, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Masukkan adonan kudapan manis macaron kedalam plastik segitiga/piping bag, gunting bab bawahnya, semprotkan diatas kertas roti. Diamkan beberapa dikala hingga adonoan kudapan manis macaron mengering dan tak lengket dijari namun masih empuk.
  4. Panaskan panggangan 150 C, panggan macaroon sekitar 20 menit atau hingga kering dan keluar kaki macaron. Angkat loyang. Setelah dingin, beri dengan aneka filling atau isi, Macaron siap dinikmati.

3. Resep Macaron Strawbery Pink Swiss Meringue

Bahan:

  • almond debu 120 gr
  • gula halus 120 gr
  • icing sugar 120 gr
  • putih telur 2 butir
  • pasta strawbery secukupnya
  • pewarna pink secukupnya

Bahan Isi: 

  • ganache chocolate

Alat: 

  • kertas roti, gambar bundar ukuran 3 cm

Cara Membuatnya:

  1. Campurkan icing sugar dengan almond bubuk, hingga tercampur rata dan halus kemudian ayak.
  2. Ditempat terpisah, campurkan gula haslus dengan putih telur. Lalu tim diatas panci sambil diaduk hingga gula larut. Jangan hingga mendidih, biarkan hangat, angkat.
  3. Selanjutnya mixer adonan gula dan putih telur dengan kecepatan tinggi hingga kental, beri pasta stroberi dan pewarna pink, aduk hingga kaku. Tambahkan adonan almond dan icing ke dalam adonan putih telur bertahap sambil diaduk searah dengan spatula hingga kental dan rata.
  4. Masukkan adonan macaroon kedalam piping bag, potong ujungnya. Semprotkan adonan macaroon dengan posisi tegak, sambil sedikit ditekan hingga menutupi contoh bundar yang ada dalam kertas roti. beri jarak 3 cm. Ketuk loyang bab bawah dengan tangan supaya udara dalam adonan keluar.
  5. Diamkan adonan kudapan manis macaron hingga permukaannya kering dan tidak melekat di jari.
  6. Panaskan panggangan dengan suhu 150 C, panggang kudapan manis macaron selama 8-10 menit hingga matang dan kering, angkat, lepaskan kudapan manis macaron dari alasnya.
  7. Beri isi kemudian masukkan kedalam lemari es.

Demikian klarifikasi diatas ihwal resep dan cara membuat macaroon mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!