5 Cara Mengobati Cantengan Pada Kaki Secara Alami Dan Obat Apotik

 Cara Mengobati Cantengan Pada Kaki Secara Alami dan Obat Apotik 5 Cara Mengobati Cantengan Pada Kaki Secara Alami dan Obat Apotik
Image Source: hellosehat.com

Bagaimana cara mengobati cantengan? Kelihatan sepele sih, tapi kalau gak memerhatikan kesehatan kuku, bisa-bisa kau kena cantengan. Apa itu cantengan? Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga Paronychia ialah infeksi kulit, biasanya terjadi di dasar kuku.

Cantengan ialah kondisi yang ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, serta rasa nyeri pada kaki. Biasanya, cantengan terjadi pada jempol kaki dan mengakibatkan rasa sakit, kemerahan, serta bengkak. Meski bukan duduk masalah yang besar, cantengan sanggup mengganggu aktivitas.

Bagaimana cara mengatasi cantengan? Cantengan perlu segera diobati semoga lekas sembuh. Menyembuhkan cantengan sanggup dilakukan tanpa harus pergi ke dokter. Sebenarnya, ada banyak cara mengobati cantengan yang sanggup Anda coba dirumah semoga cantengan tidak semakin parah.

Berikut cara mengobati cantengan yang sanggup Anda praktekkan dirumah sebagai obat cantengan.

:

Berbagai cara mengatasi cantengan pada kaki

Ada banyak sekali cara, baik memakai obat dokter maupun perawatan rumahan, yang sanggup membantu mengatasi cantengan. Yang sudah terbukti membantu mengatasi cantengan yaitu:

1. Mengoleskan salep atau krim antibiotik

Image Source: hellosehat.com

Mengoleskan salep atau krim antibiotik yang dijual bebas di pasaran sanggup mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Gunakan sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera di kemasan. Neosporin, Polysporin, dan Bactroban ialah banyak sekali jenis salep yang sanggup dipakai untuk mengatasi cantengan.

2. Minum obat pereda nyeri

Image Source: hellosehat.com

Cara mengatasi cantengan yang kedua ialah dengan mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas menyerupai acetaminophen (paracetamol) atau ibuprofen. Mengonsumsi obat pereda nyeri membantu meredakan sakit yang mengganggu dan juga membantu mengurangi pembengkakan.

3. Merendam kaki dengan air garam

Image Source: hellosehat.com

Selain memakai obat dan salep, Anda sanggup mencoba cara alami untuk meredakan rasa sakit dan juga infeksi akhir cantengan. Caranya dengan merendam kaki di larutan air garam hangat selama kurang lebih 15 menit setiap hari, sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

4. Membalut dengan perban

Image Source: hellosehat.com

Usahakan untuk menutup jari kaki yang cantengan dengan perban. Hal ini dilakukan semoga kuku tetap higienis dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan menginfeksi. Selain itu, hal ini juga dilakukan semoga kuku kaki mendapat alas ekstra dan tidak lecet bila terkena sepatu atau sendal yang permukaannya keras.

5. Menggunakan alas kaki yang nyaman

Image Source: hellosehat.com

Usahakan untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak menambah rasa sakit pada kuku yang sedang cantengan. Gunakan alas kaki dengan alas yang empuk terutama di sisi bersahabat jempol yang sedang cantengan. Hindari sepatu yang menekan jempol menyerupai sepatu hak tinggi dan jenis lainnya yang serupa.

Saat sedang cantengan, sebaiknya gunakan sandal semoga kuku tidak semakin tertekan sepatu.

Nah, itulah bagaimana cara mengobati kuku cantengan yang sanggup Anda lakukan dirumah. Jika rasa sakit tidak kunjung hilang dan kondisinya justru semakin parah dari hari ke hari segera kunjungi dokter. Cantengan yang sudah terinfeksi perlu ditangani oleh dokter podiatri atau mahir penyakit kaki.

Demikian klarifikasi tentang bagaimana cara mengatasi kuku cantengan. Semoga bermanfaat.