Manfaat Masker Pengecap Buaya Serta Cara Membuatnya

Manfaat Masker Lidah Buaya Serta Cara Membuatnya Manfaat Masker Lidah Buaya Serta Cara Membuatnya
Image Source: hellosehat.com

Lidah buaya ialah flora yang mempunyai banyak manfaat, banyak orang menggunakannya sebagai moisturizer alami, toner, dan lain sebagainya. Kandungan nutrisi yang melimpah pada pengecap buaya menjadikannya sanggup dipakai untuk perawatan kulit maupun rambut. Kini, sudah banyak orang yang memakai masker pengecap buaya ini.

Lidah buaya sudah usang dikenal sebagai flora berkhasiat. Masyarakat Indonesia pun awalnya mengenali pengecap buaya sebagai penyubur rambut saja. Lidah buaya ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan loh, Ladies. Bisa dipakai sebagai masker atau gel, ini beliau manfaat pengecap buaya untuk perawatan wajah.

Buat Anda yang sedang cari cara alami untuk merawat tubuh, kenapa tidak coba menciptakan masker pengecap buaya? Ada segudang manfaat yang bisa didapatkan dari masker pengecap buaya ini. Simak bermacam-macam manfaat dan khasiat dari pengecap buaya pada artikel berikut. Salah satunya manfaat masker pengecap buaya untuk wajah, Anda juga bisa mengaplikasikan pengecap buaya untuk kesehatan lainnya.


Apa, sih, nutrisi yang ada dalam pengecap buaya?

Image Source: hellosehat.com

Apa manfaat masker pengecap buaya? Lidah buaya atau aloe vera ialah flora berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan dan bentuknya agak meruncing di bab ujung. Daun pengecap buaya tidak bertulang, justru berdaging tebal dan banyak mengandung gel atau getah.

Daging dan getahnyalah yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa pengecap buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Beberapa daftar komponen aktif yang terkandung dalam pengecap buaya adalah:
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin B12
  • Asam folat
  • Kolin
  • Kalsium
  • Tembaga
  • Magnesium
  • Kalium
  • Mangan
  • Natrium
  • Seng
  • Tembaga
Lidah buaya juga mengandung delapan enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan di kulit dan pemecahan gula dan lemak di dalam tubuh. Bahkan, pengecap buaya diketahui mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Tak berhenti di situ. Penelitian juga menemukan bahwa pengecap buaya merupakan salah satu flora yang mempunyai sifat antiradang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.

Manfaat masker pengecap buaya

Apa manfaat masker pengecap buaya untuk wajah? Berbagai kandungan nutrisi dalam pengecap buaya menciptakan flora ini banyak dimanfaatkan sebagai masker untuk merawat dan mengobati banyak sekali problem kulit serta rambut. 

Masker pengecap buaya sanggup membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Sejumlah penelitian juga menemukan bahwa pengecap buaya sanggup membantu mengatasi jerawat, ruam, iritasi kulit, gatal akhir gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga tanda-tanda psoriasis.

Apa saja manfaat masker pengecap buaya? Masker pengecap buaya juga sanggup dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar dan bahkan membantu mengatasi problem kulit terkait sengatan matahari.

Nah kalau rambut Anda sedang kusut dan rontok, Anda bisa mengoleskan masker pengecap buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada pengecap buaya bisa mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala dan menutrisi akar rambut Anda. Dengan begitu, rambut pun tumbuh lebih kuat, halus, dan gampang diatur.

Penting untuk dipahami bahwa banyak sekali manfaat masker pengecap buaya ibarat yang sudah disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, beberapa penelitian yang ada hingga dikala ini masih tergolong skala kecil sehingga perlu lebih banyak bukti berpengaruh dengan melibatkan akseptor lebih banyak.

Jadi, tak semua manfaat masker pengecap buaya di atas terjamin keamanan dan efektifitasnya. Apalagi kalau Anda semenjak sebelumnya sudah mempunyai riwayat alergi tertentu atau punya jenis kulit yang sensitif.

Panduan cara menciptakan masker pengecap buaya

Image Source: hellosehat.com

Daripada harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli masker pengecap buaya di pasaran, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, bahan-bahan yang dipakai pun lebih terjamin keasliannya.


Berikut panduan menciptakan masker pengecap buaya rumahan:

Cara 1: Masker pengecap buaya murni

  1. Siapkan pengecap buaya dan basuh hingga benar-benar bersih
  2. Kupas pengecap buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening
  3. Oleskan daging pengecap buaya tersebut secara merata di seluruh permukaan kulit Anda
  4. Tunggu beberapa menit biar gel pengecap buaya meresap ke kulit
  5. Cuci wajah Anda hingga bersih
  6. Ulangi cara di atas setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur atau di waktu Anda sedang bersantai
  7. Anda juga bisa memakai cara ini untuk sebagai perawatan rambut. Oleskan pengecap buaya secara menyeluruh dan rata dari akar hingga ujung rambut sambil pijat-pijat kepala Anda. Diamkan selama sekitar satu jam kemudian bilas rambut Anda hingga bersih.

Cara 2: Masker pengecap buaya campur lemon

  1. Siapkan pengecap buaya dan basuh hingga benar-benar bersih
  2. Potong daun dan tekan hingga gel keluar
  3. Campur gel dengan satu buah perasan lemon atau jeruk nipis kemudian aduk rata
  4. Simpan adonan pengecap buaya dengan lemon ini dalam kulkas setidaknya satu jam
  5. Oleskan pada wajah Anda ibarat masker wajah setiap malam sebelum tidur
  6. Diamkan beberapa menit dan bilas wajah Anda hingga bersih
  7. Cara 3: Masker pengecap buaya campur madu dan kunyit
  8. Ambil gel pengecap buaya segar dan tambahkan sedikit kunyit, madu, dan beberapa tetes air mawar
  9. Aduk semua materi hingga merata dan kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit secara merata
  10. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas wajah Anda hingga bersih
  11. Lanjutkan proses ini secara teratur
  12. Cobalah semua metode di atas sesuai dengan ketersediaan materi yang kondusif dan gampang dicari. Jangan lupa, selalu tes efeknya pada kulit di bab tangan Anda sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi Anda yang gres pertama kali mencoba memakai pengecap buaya untuk perawatan kulit Anda.
Jika sehabis mengoleskan masker pengecap buaya, kulit Anda terasa gatal dan kemerahan, segera hentikan pemakaian. Bila perlu, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Sebelum menciptakan masker pengecap buaya, perhatikan ini dulu!

Image Source: hellosehat.com

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, pastikan Anda selalu memakai gel pengecap buaya segar yang diambil pribadi dari daun pengecap buaya segar. Lidah buaya yang orisinil dan masih segar mengandung semua senyawa penting yang sangat efektif untuk membantu mengatasi banyak sekali problem kulit, termasuk meredakan kulit dari iritasi dan infeksi yang meradang,

Jika mempunyai jenis kulit sensitif, ada baiknya melaksanakan tes kulit (skin test) terlebih dahulu sebelum pakai masker pengecap buaya. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan sedikit gel pengecap buaya pada punggung tangan atau daun indera pendengaran bab belakang. Apabila terasa gatal atau muncul kemerahan, basuh area tersebut dengan air hingga higienis dan hentikan pemakaian.

Nah itulah tadi manfaat masker pengecap buaya dan cara menciptakan masker pengecap buaya. Dan mungkin artikel ini sanggup membantu Anda dalam menuntaskan problem pada kulit wajah Anda. Salah satunya dalam mengatasi jerawat.

Demikian klarifikasi terkait apa saja manfaat dari masker pengecap buaya yang bisa menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.
Related Posts