Bongkar Fakta Hantu Kuyang, Yang Katanya Hantu Ini Penghisap Darah Perempuan Hamil


hantu kuyang via youtube.com

Tahukah Anda kisah misteri yang horor dan angker wacana hantu Kuyang dari Kalimantan, Leak dari Bali, dan Palasik dari Sumatera Barat.

Apa sesungguhnya hantu Kuyang? Adakah perbedaan hantu Kuyang dan Leak? Benarkah hantu ini menghisap darah perempuan hamil? Atau cuma mitos belaka?

Hantu Kuyang merupakan wujud makhluk dengan kepala menyerupai insan dan anggota tubuh berupa organ dalam tubuh manusia. Yang lebih menyeramkan lagi sosok mistik ini sanggup terbang dan melayang di udara.

Sebagian orang juga menganggap bahwa hantu Kuyang merupakan jelmaan dari seseorang yang menganut ilmu hitam dan pada waktu-waktu tertentu berubah menjadi sebagai hantu untuk mencari mangsa darah bayi yang gres lahir atau perempuan yang sedang melahirkan.

Bisa kita bayangkan wujud dari makhluk yang digambarkan sebagai wajah seorang perempuan bermata merah serta mempunyai taring panjang.  

Sangat mengerikan memang kalau kita lihat dari beberapa foto penampakan serta kita kaitkan dengan kisah yang telah melegenda di masyarakat sekitar. Agar tidak penasaran, yuk simak fakta hantu Kuyang yang kami kutip dari duniaku.net.


ilustrasi fakta hantu kuyang via malangtoday.net

1. Apa Itu Kuyang?
Apa sesungguhnya hantu Kuyang? Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Kuyang yakni siluman berwujud kepala insan dengan isi tubuh yang melekat tanpa kulit dan anggota tubuh yang sanggup terbang untuk mencari darah bayi atau darah perempuan sehabis melahirkan. Makhluk ini dikenal masyarakat di Kalimantan. Kuyang sesungguhnya yakni insan (wanita) yang menuntut pedoman ilmu hitam untuk mencapai kehidupan abadi.

Mendengar istilahnya saja kita sudah bergidik membayangkan sosok kepala insan yang terbang dengan jeroan masih berada melekat di lehernya. Kuyang sendiri berdasarkan pengertian orang awam yakni mahluk jadi jadian yang diartikan hidup di dua alam (alam insan dan alam gaib). Singkat kisah Kuyang ini yakni semacam ajian ilmu hitam yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan tertentu.

Fakta-Fakta Kejanggalan Hebohnya Kasus Pocong Curi Uang Warga di Blitar

2. Asal Usul Kuyang
Apakah hantu Kuyang ada? Jenis hantu Kuyang mempunyai nama lain di tempat luar Kalimantan, orang Sumatera menyebutnya Palasik, dan orang Bali menamainya Leak. Wujudnya sama, sesosok kepala terbang dengan organ tubuh masih menempel. Asal usul hantu ini pun beragam, sesuai daerahnya.

Di Kalimantan, hantu ini sesungguhnya yakni wujud pesugihan untuk bisa hidup kekal atau awet muda selamanya, si pelaksana pedoman sesat ini biasanya perempuan dan untuk bisa bertahan usang maka ia harus meminum darah bayi atau darah perempuan sehabis melahirkan untuk syarat awet mudanya.

Si Kuyang ini bisa menandai mangsanya dengan cara mengelus-elus perut perempuan yang sedang hamil besar, maka dari itu di desa terpencil hingga kini ada yang masih percaya kalau perempuan yang sedang hamil besar harus ditunggui oleh saudaranya 24 jam penuh.

Dalam masyarakat Suku Dayak Banua ada sebuah tarian Belian yang dinamakan dengan "Tarian Kuyang", yakni sebuah tarian yang ditujukan untuk mengusir hantu-hantu penjaga pohon-pohon yang besar dan tinggi semoga tidak mengganggu insan atau orang yang akan menebang pohon tersebut. Masyarakat Banjar percaya kalau hanya dengan memakai minyak tertentu seorang perempuan bisa berubah wujud menjadi Kuyang.

Untuk tempat Sumatra, jenis hantu Kuyang dikenal dengan nama Palasik yang sesungguhnya berdasarkan wujud sama yaitu kepala perempuan terbang yang organ tubuhnya masih menempel. Orang yang meramalkan ilmu Palasik ini di Sumatera biasanya tidak hanya dari kemauan sendiri, tapi juga bisa dari keturunan. Bisa saja dulunya ibu atau neneknya yakni pelaku ilmu Palasik juga.

Pelaku Palasik bisa dilihat dari ciri tubuh yang bisa dikenali, yaitu tidak adanya parit atau cekungan diantara bibir atas dan hidung nya. Kemampuan Palasik disini dikisahkan agak berbeda, Palasik bisa memangsa korbannya hanya dari tatapan matanya saja.

Di Bali, jenis hantu Kuyang disebut Leak, mempunyai kisah panjang semenjak jaman kerajaan di Indonesia. Dikisahkan pada masa pemerintahan Airlangga (1006 – 1042 M) di Jawa Timur, hidup seorang janda yang sakti mandraguna. Janda tersebut berjulukan Dayu Datu dari Desa Girah. Desa ini terletak di wilayah pesisir Kerajaan Kediri. Dayu Datu inilah yang kemudian dikenal sebagai Nyi Calonarang.

Entah bagaimana kemudian Nyi Calonarang mempunyai banyak pengikut, risikonya ia kemudian menuliskan semua ilmu sihirnya ke dalam sebuah kitab yang oleh pengikutnya disebut Kitab Calonarang. Namun kemudian, Mpu Bharada salah seorang pemuka agama dari Kediri yang juga guru dari Airlangga berhasil mengalahkan Calonarang dan mengamankan kitab tersebut semoga ilmunya tidak tersebar luas.

Semestinya problem selesai di sini bila saja murid-murid Calonarang ikut dibunuh dan seluruh alirannya ditumpas. Sayang, mereka berhasil melarikan diri ke Bali. Ilmu yang pernah mereka pelajari dari sang guru risikonya dilestarikan hingga kini kita menyebutnya sebagai Leak.


ilustrasi hantu kuyang via lenterahidup.net

3. Mangsa Kuyang
Jenis hantu Kuyang, Palasik, atau Leak memangsa hal yang sama, yaitu darah bayi, atau darah ibu sehabis melahirkan. Disini kita bisa melihat suatu hal yang penting yaitu betapa rapuhnya ibu sehabis melahirkan sehingga membutuhkan perhatian dan sumbangan ekstra.

Tidak hanya oleh jenis hantu Kuyang, ibu hamil atau yang sehabis melahirkan pun rawan gangguan dari makhluk halus lain menyerupai Kuntilanak atau Genderuwo, hal ini disebabkan, kerapuhan mental dan fisik si ibu yang dikala itu energi kehidupannya dibagi dua antara ia dan buah hatinya.

Untuk Palasik malah lebih mengerikan lagi, dikutip dari situs Boombastis.com berdasarkan kepercayaan masyarakat Minang, Palasik terbagi menjadi 3 jenis. Ketiga jenis ini mempunyai mangsa yang sama yaitu balita atau anak-anak. Namun, yang membedakannya yakni mangsa yang mereka makan.

Palasik yang pertama gemar memakan bayi yang masih ada dalam kandungan. Wanita hamil di Minang sangat menakuti palasik jenis ini. Mereka akan berhati-hati ketika hamil, semoga bayi yang dikandungnya tak hilang dimakan palasik. Jenis kedua menghisap darah bayi atau balita. Selama bayi atau balita di bawah efek palasik, mereka menyerupai terkena penyakit. Palasik terakhir gemar memakan jasad bayi atau balita yang ada di dalam kubur.

Bayi atau balita yang sedang dimangsa Palasik tak seketika meninggal. Sebelum risikonya menghembuskan napas terakhir mereka akan mengalami sebuah penyakit yang dinamakan penyakit ‘Ain. Ciri-ciri dari bayi atau balita yang ada di bawah kuasa Palasik yakni suhu tubuh yang semakin tinggi. Suhu tubuh tinggi tersebut menciptakan bayi susah tidur dan menangis terus menerus pada malam hari.

Karena hal tersebut, mereka tak mau tidur dan susah untuk ditenangkan. Ketika sudah parah, mereka akan lemas secara mendadak dan ubun-ubun atau ujung kepala terlihat cekung. Ujung-ujungnya mereka menjadi kurus kering dan bisa hingga meninggal dunia.

4. Cara Menangkal Kuyang, Palasik, dan Sebangsanya
Apa penangkal hantu Kuyang? Cara utama menangkalnya yakni terperinci selalu taat dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, lantaran tidak ada Dzat yang lebih besar lengan berkuasa dari pada-Nya, insan hanya bisa berencana Tuhan yang menentukan.

Disisi lain cara alternatif yang dipercaya turun temurun pun bisa dipakai untuk menangkal datangnya siluman beruwujud mengerikan ini. Cukup dengan mengantongi bawang merah dan bawang putih, si hantu ini tidak akan bisa atau enggan mendekati kita, tidak ada kejelasan secara ilmiah kenapa 2 benda ini sangat ditakuti oleh Kuyang dan sejenisnya.


ilustrasi bawang merah putih via food.detik.com

Ada satu hal yang unik untuk menangkal Kuyang, kalau kita mempunyai nyali yang cukup (dan beramai-ramai tentunya) Kuyang bisa saja ditaklukkan dengan cara ditangkap, tapi cara ini sudah niscaya susah lantaran makhluk ini terbang dengan sangat cepat dan hampir tidak mungkin dikejar dengan berlari (kecuali kau mempunyai kecepatan menyerupai Barry Allen tentunya).

Yang menarik yakni kalau saja kau bisa menangkapnya, ia akan memenuhi segala undangan kamu, spesifik undangan belum bisa diketahui, tapi mungkin saja kau bisa meminta 2 ginjalnya untuk bisa kau jual di pasar gelap, katanya sepasang ginjal berharga sangat tinggi! Kamu bisa beli ROG Phone kalo beneran kejadian!

Konon makhluk ini masih senantiasa muncul dan menghantui masyarakat Kalimantan. Namun, seiring dengan kemunculannya, orang-orang sana selalu eksklusif bersikap waspada. Sehingga korban pun bisa dihindarkan. Agak susah memang untuk mempercayai eksistensi hantu menyerupai ini, tapi dari kisah serta isu yang ada kita bisa bilang kalau Kuyang ini kemungkinan besar memang ada.

Menguak Fakta Legenda Danau Toba, yang Terkenal Angker dan Sering Minta Tumbal

Nah, itulah beberapa fakta terkait hantu Kuyang yang sanggup kami bagikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.
Related Posts