Dosa Mengerikan Operasi Plastik, Ini Azab Pedih Orang Yang Kufur Nikmat


operasi plastik via cerpen.co.id

Apakah operasi plastik itu dosa besar? Jika tujuannya ibarat dalam artikel ini maka jelas, pelakunya akan diberikan Azab Pedih berikut ini.

Operasi plastik (plastic surgery) ialah tindakan kedokteran yang dilakukan untuk memperbaiki atau memperindah cuilan tubuh insan dengan cara merubah jaringan kulit. Operasi plastik dalam bahasa arab dikenal dengan istilah jirahah at tajmil yang berarti operasi bedah untuk memperbaiki penampilan satu anggota tubuh yang nampak atau untuk memperbaiki fungsinya ketika anggota tubuh tersebut hilang, lepas, atau rusak (Al Mausu’ah At Thbbiyh Al Haditsah 3/454).

Yuk kita simak bahu-membahu perihal operasi plastik berikut in!

Apa saja jenis operasi plastik ?

Berikut ini beberapa bentuk operasi plastik di dunia kesehatan :

1. Transplantasi rambut

transplantasi rambut via grid.id

Teknik pencangkokan rambut dari kawasan yang berambut cukup ke cuilan tubuh lain yang mengalami kebotakan, biasanya kepala, ini dilakukan sebanyak 7436 kali.

2. Breast Lift (Pengencangan payudara)


breast lift via theclinicindonesia.com

Dilakukan sebanyak 8101 kali, breast lift yaitu teknik pengencangan payudara yang biasanya dilakukan oleh pasien dengan payudara menggelambir yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, ibarat kehamilan, menyusui, penurunan berat tubuh dan penuaan.

3. Facial Bone Contouring


facial bone contouring via plasticsurgeryinkoreabanobagi.blogspot.com

Prosedur ini bertujuan untuk membuat bentuk rahang dan dagu menjadi lebih halus. Biasa juga disebut operasi pengurangan tulang pipi dan garis rahang. Operasi ini dilakukan sebanyak 8143 kali.

4. Brow lift

brow lift via drchasan.com

Operasi plastik ini dilakukan untuk menghilangkan kerutan di kawasan alis dan sekitar batang hidung. Sebanyak 16.437 operasi brow lift dilakukan pada tahun 2016.

5. Face lift

face lift via goldcoastplasticsurgery.com

Dikenal juga dengan sebutan rhytidectomy, tindakan medis yang mengacu untuk menghilangkan kerutan pada kulit wajah dan leher. Prosedur facelift dilakukan sebanyak 28.116 kali.

6. Liposuction
Total 39.753 kali operasi ini dilaksanakan. Liposuctioon intinya yaitu operasi pengurangan atau pemindahan lemak pada tubuh.

7. Breast Augmentation
Operasi pembesaran volume dan ukuran payudara ini dilakukan sebanyak 44,039 kali.

8. Facial Fat Grafting

facial fat grafting via youtube.com

Penuaan wajah disebabkan oleh dua hal, yakni berkurangnya lemak dan elastisitas. Tapi lewat mekanisme ini, wajah bisa terlihat lebih muda dengan teknik transfer lemak.

Sebanyak 63.326 operasi dilakukan pada tahun 2016.

9. Rhinoplasty
Rhinoplasty atau nose job yang dilakukan sebanyak 72.562 kali ini yaitu operasi kecantikan yang dilakukan untuk memperbaiki bentuk hidung. Di Korea sendiri, operasi ini biasanya dilakukan untuk menonjolkan bentuk batang hidung.

10. Biepharosplasty
Dengan total angka mekanisme sebanyak 101.985 pada tahun 2016, operasi yang juga dikenal sebagai operasi Double Eyelid ini yaitu yang paling terkenal di Korea Selatan.

Prosedur yang bahkan dilakukan oleh mantan presiden Korea Selatan ini bertujuan untuk menghilangkan dan menyayat sebagian kulit kelopak mata untuk mencapai tampilan “double eyelid” yang dijadikan standar kecantikan Korea selama beberapa tahun belakangan.

Itulah apa saja jenis operasi plastik yang ada di dunia kesehatan.

Apa saja dampak operasi plastik ?

Apakah operasi plastik efek samping membahayakan ? Apa saja operasi plastik efek samping tersebut ? Berikut uraiannya.

Efek samping anestesi
Dalam setiap mekanisme operasi termasuk operasi plastik, dibutuhkan anestesi atau bisa juga disebut obat penenang semoga pasien tidak mencicipi sakit ketika pisau operasi menyayat kulit.

Namun perlu diketahui bahwa setiap tindakan anestesi mempunyai efek samping ibarat kerusakan otak, saraf, lumpuh sementara, penyempitan kanal napas, dan serangan jantung–tergantung pada kepekaan pasien terhadap zat tersebut.

Pendarahan
Beberapa ketika sehabis menjalani operasi, pasien biasanya akan mengalami pendarahan yang sanggup berlanjut pada tahap komplikasi kalau tidak segera berhenti. Pembekuan darah yang terjadi setelahnya juga akan membuat warna kulit menjadi biru kehitaman atau ungu yang disebut hematoma. Hematoma yang berkelanjutan ini sanggup membuat jaringan kulit mati dan mengakibatkan duduk kasus lain yang lebih parah ibarat infeksi.

Bekas luka
Perlu diketahui bahwa pada setiap proses operasi, dokter harus menjahit kembali cuilan yang disayat, dan hal tersebut akan menimbulkan bekas jahitan tersebut meninggalkan luka.

Bekas luka ini sulit untuk dihilangkan kecuali Anda melaksanakan perawatan berbiaya mahal lainnya yang sanggup menghilangkan bekas luka tersebut.

Tidak sesuai keinginan
Bahaya operasi plastik yang paling meresahkan khususnya pada wajah yaitu hasil final yang tidak sesuai keinginan. Menggunakan dokter yang mahal pun belum tentu menjamin keberhasilan sebuah operasi dalam mempercantik wajah.

Itulah apa saja dampak operasi plastik yang justru tidak membuat bagus tubuh anda.

Kenapa operasi plastik gagal ?

Salah satu alasan kenapa operasi plastik gagal yaitu lantaran jago bedahnya tidak cukup berpengalaman. Bahkan, orang yang melaksanakan operasi tidak perlu punya sertifikasi bedah plastik, bisa saja beliau seorang jago ENT, dokter kulit, bahkan dokter gigi anda! Mengejutkan melihat jumlah negara dimana hal ini sah-sah saja.

Dioperasi oleh praktisi yang tidak punya keahlian itu beresiko lantaran mereka mungkin tidak bisa mengatasi komplikasi unik yang muncul dari mekanisme bedah dan menyediakan perawatan pasca-operasi. Sangat penting untuk melaksanakan riset sendiri untuk mencari tahu apa yang benar sebelum melaksanakan mekanisme bedah. Tapi, malpraktek bukan alasan satu-satunya dari kegagalan operasi plastik: ini bukan selalu kesalahan dokter.

Apakah operasi plastik diperbolehkan dalam islam ?

Saudara, apakah operasi plastik itu dosa besar ? Lalu, bagaimana operasi plastik berdasarkan al quran ? Simak klarifikasi berikut ini.

Seorang sanggup dikatakan bersyukur kalau terpenuhi tiga unsur :

  1. Hatinya meyakini bahwa semua nikmat yang didapatkan yaitu berasal dari Allah. “Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl: 53)
  2. Lisannya memuji Allah “Ingatlah kepada-Ku, Aku juga akan ingat kepada kalian. Dan bersyukurlah kepada-Ku, janganlah kalian kufur” (QS. Al Baqarah: 152)
  3. Anggota badannya dipakai untuk bersedekah sholeh


Barangsiapa yang tidak merealisasikan ketiga kasus tersebut, maka ia telah terjatuh dalam kufur nikmat.

Allah mengancam orang-orang yang berbuat kufur dengan adzab yang pedih. Sebagaimana dalam firman Nya :

وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

“… dan kalau kau mengingkari (nikmat-Ku), maka bekerjsama adzab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7)

Oleh lantaran itu wajib bagi kita untuk perhatian terhadap kasus yang penting ini, sehingga tidak menjadi golongan orang-orang yang kufur atas nikmat Allah dan sanggup terhindar dari ancaman adzab yang pedih.

Operasi yang mubah atau boleh dilakukan yaitu operasi yang bertujuan untuk memperbaiki anggota tubuh yang cacat atau rusak, ada dua jenis yaitu :
  • Operasi lantaran cacat semenjak lahir (al uyub al khalqiyyah) contohnya operasi bibir sumbing semoga bentuk dan fungsi lebih mendekati normal, memperbaiki susunan gigi yang maju ke depan dan tidak normal struktur nya sampai menyulitkan untuk makan dan berbicara.
  • Operasi lantaran cacat yang tiba kemudian (al uyub al thari’ah) contohnya cacat tangan atau kaki lantaran kecelakaan, memperbaiki jaringan kulit yang rusak jawaban kebakaran, operasi mata lantaran katarak atau luka sampai fungsi penglihatan terganggu, operasi suntik payudara perempuan lantaran penyakit atrofi (pengecilan atau penyusutan jaringan otot dan jaringan syaraf sehingga bentuk menjadi tidak normal.

Operasi plastik yang demikian boleh dilakukan lantaran bertujuan untuk mengobati ibarat dalam dalil berikut : “wahai hamba hamba Allah berobatlah kalian, lantaran sesungguhnyaAllah tidak menurunkan suatu penyakit, kecuali menurunkan pula obatnya”. (HR Tirmidzi no 1961).

Dari hadist tersebut dijelaskan hendaknya seseorang yang tertimpa sakit berusaha berobat semoga bisa sehat ibarat sedia kala dan tidak terganggu dalam melaksanakan aneka macam aktivitas.

Adapun operasi yang haram hukumnya ialah yang hanya bertujuan untuk mempercantik atau memperindah bentuk tubuh semata lantaran nafsu duniawi  tanpa ada niat mengobati atau memperbaiki suatu kecacatan. Allah berfirman :

“Sesungguhnya kami telah membuat insan dalam bentuk yang sebaik baiknya.” (QS At Tin : 4)

Operasi plastik dengan tujuan dasar kecantikan sering disebut dengan istilah bedah kosmetik, sebagian besar dilakukan oleh perempuan dimana hasrat dasar mereka yaitu suka berhias dan ingin senantiasa tampil bagus dan menarik, bekerjsama kecantikan bukan hanya dari fisik saja, perempuan yang mempunyai inner beauty, kecerdasan, kesederhanaan, dan kecantikan alami lebih menarik di mata laki laki, perempuan sholehah yang mempunyai etika baik dan lemah lembut juga lebih indah di mata Allah.

Operasi bedah kosmetik ini haram hukumnya sesuai firman Allah berikut : “dan akan saya (syetan) suruh mereka mengubah ciptaan Allah kemudian benar benar mereka mengubahnya”. (QS An Nisa 119). Ayat tersebut menjelaskan kecaman atas perbuatan syetan yang senantiasa mengajak insan untuk melaksanakan aneka macam perbuatan maksiat diantaranya mengubah ciptaan Allah (taghyir khalqillah).

Salah satu cara mensyukuri nikmat allah ialah dengan mendapatkan kondisi yang sudah Allah berikan dan tidak berupaya untuk mengubahnya dengan jalan operasi kecuali dalam keadaa darurat.

Makara sudah tahu apakah operasi plastik diperbolehkan dalam islam atu tidak ? Jawabannya yaitu kalau kegunaan operasi plastik tersebut yaitu kecantikan, dalam islam tidak diperbolehkan. Lalu sudah tahu juga kan apa jawaban dari apakah operasi plastik itu dosa ? niscaya dosa, lantaran operasi plastik lantaran kecantikan merupakah hal yang haram.

Islam mempunyai aneka macam syariat yang terbaik, kalau dihentikan berarti mengarah pada keburukan, kalau diwajibkan atau dianjurkan berarti mengarah pada kebaikan. Semoga kita senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan. Sekian dan terima kasih.
Related Posts