Penyakit Tiba Dari Apa Yang Kita Makan, Biar Menyehatkan Ikuti 7 Adat Makan Rasulullah


Sumber gambar berita.baca.co.id

Saya sering melaksanakan hal menyerupai ini dan alhamdulillah dijauhkan dari banyak sekali penyakit.

Tanpa kita sadari ternyata kebiasaan kita ketika makan sanggup berdampak jelek pada kesehatan.

Tergesa-gesa, masakan masih panas, sudah kenyang tapi dipaksa tetap makan alasannya yaitu sayang bila dibuang, makan sambil berjalan atau berdiri.

Sepertinya aku sering melaksanakan hal menyerupai itu ketika makan, dengan banyak sekali macam cara makan tersebut tidak ada yang baik bagi kita.

Sebagai umat islam ada teladan yang sudah menunjukkan misalnya bagaimana budbahasa makan yang baik itu, menyerupai yang Rasulullah SAW berikan.

1. Makanan yang Halal dan Baik

Seperti yang dijelaskan dalam firmal Allah SWT : "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, bila benar-benar hanya kepada Allah kau menyembah.” (QS. Al-Baqarah: 172)

2. Berdoa dan Membaca Basmallah

Dari Ibnu Mas’ud r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Siapa yang lupa untuk menyebut nama Allah ketika memulai makan, maka hendaklah ia mengucapkan ketika ingat, ‘Bimillahi fi awwalihi wa akhirhi (Dengan nama Allah di awal dan di tamat makanan).” Maka ia menyerupai menghadapi masakan gres lagi dan mencegah apa yang tadi sudah didapat setan.

3. Gunakan Tangan Kanan

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan memakai tangan kanan, dan bila ia minum, maka minumlah dengan memakai tangan kanan, alasannya yaitu sebenarnya setan itu makan dan minum dengan memakai tangan kiri.”

4. Biasakan Saat Minum Tidak Sambil Bernafas

Dari Anas r.a berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bernafas tiga kali ketika hendak minum dan bersabda,

“Sesungguhnya yang demikian itu lebih segar, lebih steril dan lebih memuaskan.”

Menguras Racun Dalam Tubuh Hanya Semalam, Seperti Produk Kinok! Anda Bisa Coba Dengan Bahan Alami Ini

5. Tidak Makan dan Minum Sambil Berdiri Apalagi Berjalan

Dari Abu Hurairah r.a, Nabi Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam melihat seorang lelaki minum sambil berdiri, lalu bersabda, “Muntahkanlah” Ia berkata, “Kenapa?” Beliau bersabda, “Apakah kau suka minum bersama seekor kucing?” Ia menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya ikut minum bersama kau sesuatu yang lebih jelek dari seekor kucing, yaitu setan.”

6. Tidak Berlebihan Dengan Porsi yang Banyak

Dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, ‘Tidaklah anak Adam memenuhi ember lebih jelek dari memenuhi perutnya. Cukuplah bagi bani Adam masakan yang sanggup menegakkan tulang rusuknya, kalau dihentikan tidak (harus memenuhi perutnya) hendaklah 1/3 (perutnya) untuk makanan, 1/3 untuk minuman dan 1/3 lagi untuk nafasnya.” 

7. Tata Cara Makan Rasulullah

Dari Anas r.a, bila Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam makan dia menjilati ketiga jarinya. Anas berkata, “Rasulullah bersabda, “Jika suapan kalian terjatuh, maka hendaklah diambil dan dibersihkan dari penyakit (kotoran), lalu dimakan serta tidak meninggalkannya untuk setan.” Beliau memerintahkan untuk menghabiskan sisa makanan. Beliau bersabda, “Sesungguhnya kalian tidak tahu dari sisi masakan mana yang mengandung berkah.”

Efek Buruk Jika Makan Atau Minum Sambil Berdiri dan Makanan yang Masih Panas

Sumber gambar idntimes.com

Jangan dijadikan alasan bila anda makan sambil terburu-buru sehingga masakan yang masih panas anda makan sambil bangkit atau malah sambil berjalan.

Jika anda melaksanakan hal menyerupai ini malah berakibat jelek bagi tubuh.

1. Pencernaan Terganggu dan Kinerja Menurun

Makan sambil bangkit mengakibatkan jatuhnya masakan kedalam lambung lebih cepat dan datang tiba. Kondisi ini menjadikan dinding lambung menderita luka dan iritasi.

2. Gangguan Pada Lambung

Sudah niscaya anda mengetahuinya bila lambung menjadi organ pencernaan yang sangat peting, Nah bila anda ingin terhindar dari banyak sekali macam penyakit yang menyerang lambung.

Sebaiknya mulai kini tinggalkan kebiasaan jelek tersebut, biar bermanfaat. Amiin.
Related Posts