Ibu Muda Tidak Perlu Khawatir, Ini Penyebab Bayi Berwarna Kuning Dan Cara Menanganinya


Sumber gambar berita dunia global

Sedih sekali bila bayi yang gres saja lahir harus mengalami penyakit kuning.

Untuk bunda yang gres mempunyai anak tidak perlu khawatir alasannya yaitu cukup dengan ini anda sanggup menanginya.

Pasti duka rasanya ketika seorang ibu tidak sanggup membawa bayinya pulang segera ke rumah sehabis melaksanakan persalinan alasannya yaitu bayi yang gres lahir terjangkit kuning dan butuh terapi sinar.

Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan sanggup pulih dengan sendirinya dalam hitungan hari sampai minggu. meski begitu, kondisi ini sanggup saja membahayakan si kecil.

Tanda-tanda penyakit kuning yang menyerang bayi ini biasa terlihat pada bab mata, telapak tangan, dan air seni.

Bukan Untuk Menakuti, Tapi Ketahui Inilah Tanda-tanda Kematian Seseorang Dalam Medis

Bagaimana Bisa Bayi Baru Lahir Terkena Kuning ?

Kondisi ini terjadi alasannya yaitu si Kecil mempunyai kelebihan bilirubin (unsur kuning) pada darahnya. Bayi gres lahir mempunyai kadar sel darah yang tinggi sehingga memicu produksi bilirubin. Bilirubin sendiri terbentuk ketika sel-sel darah merah yang bau tanah dihancurkan.

Sebenarnya bayi telah mempunyai bilirubin semenjak beliau berada dalam kandungan. Namun dalam kandungan, badan Anda mengeluarkan bilirubin untuk bayi melalui plasenta.

Setelah lahir bayi tidak sanggup melakukannya alasannya yaitu organ hati bayi belum berkembang dengan sempurna. Hal ini menghambat proses pembuangan bilirubin yang seharusnya dikeluarkan ketika buang air kecil dan besar.

Apa yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Bayi Terkena Kuning ?

Selain penanganan medis dengan fototerapi, Anda juga sanggup mencegah kenaikan bilirubin dengan cara memberinya asupan yang cukup.

Asupan tersebut sanggup membantu bayi mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Anda sanggup menyusuinya dengan ASI sebanyak 8 sampai 12 kali dalam 24 jam.

Atau bila Anda menawarkan susu formula, pastikan Anda memberikannya sesuai waktu yang ditentukan. Biasanya susu formula diberikan sekitar 6 sampai 10 botol dalam 24 jam.

Semoga bermanfaat.