Keistimewaan Bawang Putih Dalam Al Quran, Benarkah Persembahan Kaum Fir'aun?


bawang putih via nakita.grid.id

Dalam hal medis, tentu saja bawang putih mempunyai banyak manfaat dan ini sudah banyak ditulis aneka macam artikel.

Lagi-lagi, gres diteliti zaman sekarang, faktanya ini kelebihan bawang putih telah ada semenjak 1400 tahun yang kemudian dalam Al Qur'an

Konon bawang putih ini dikenal sebagai obat aneka macam penyakit semenjak 5.000 tahun silam di negara mesir. Dalam literatur kuno arab, dipaparkan salah satu diam-diam mengapa orang arab perkasa dan berpengaruh ialah disebabkan sering memakai bawang putih.

Bawang putih berkembang biak dengan cara vegetatif, dimana tidak diharapkan induk jantan dan betina (dalam hal ini tidak terjadi perkawinan) pada bunga di tumbuhan bawang melalui umbi lapis.

Umbi lapis yaitu salah satu rujukan vegetatif alami dan ini berarti bahwa setiap individu sanggup melakukannya tanpa campur tangan manusia. Pada vegetatif buatan, campur tangan insan di perlukan biar mendapat individu tumbuhan yang baru.

Bawang putih berdasarkan Al Quran disebut juga dengan “phum” yang tercantum dalam surat Al Baqoroh ayat 61 yang bunyinya:

وَإِذْ قُلْتُمْ يَا مُوسَىٰ لَنْ نَصْبِرَ عَلَىٰ طَعَامٍ وَاحِدٍ فَادْعُ لَنَا رَبَّكَ يُخْرِجْ لَنَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ مِنْ بَقْلِهَا وَقِثَّائِهَا وَفُومِهَا وَعَدَسِهَا وَبَصَلِهَا ۖ قَالَ أَتَسْتَبْدِلُونَ الَّذِي هُوَ أَدْنَىٰ بِالَّذِي هُوَ خَيْرٌ ۚ اهْبِطُوا مِصْرًا فَإِنَّ لَكُمْ مَا سَأَلْتُمْ ۗ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ وَالْمَسْكَنَةُ وَبَاءُوا بِغَضَبٍ مِنَ اللَّهِ ۗ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ كَانُوا يَكْفُرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ وَيَقْتُلُونَ النَّبِيِّينَ بِغَيْرِ الْحَقِّ ۗ ذَٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ

Artinya : Dan (ingatlah), dikala kau berkata: "Hai Musa, kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam masakan saja. Sebab itu mohonkanlah untuk kami kepada Tuhanmu, biar Dia mengeluarkan bagi kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya". Musa berkata: "Maukah kau mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik? Pergilah kau ke suatu kota, niscaya kau memperoleh apa yang kau minta". Lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. Hal itu (terjadi) lantaran mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para Nabi yang memang tidak dibenarkan. Demikian itu (terjadi) lantaran mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas.

Bawang putih efek memang mempunyai aroma yang tajam. Namun Anda bisa mengesampingkan aromanya untuk mendapat manfaat sehatnya.


ilustrasi manfaat bawang putih via humaniora.tagar.id

Bawang putih apa manfaatnya? Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit.

Sayangnya, masih sedikit orang Indonesia yang mau mencari tahu lebih banyak wacana manfaat bawang putih dan menentukan untuk pribadi membeli obat saja dikala mendapat duduk masalah dengan tubuh mereka. Apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaatnya.

1. Mencegah kanker
Senyawa belerang bioaktif pada bawang putih diyakini mempunyai imbas pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini sanggup mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang sanggup memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati abses paru-paru
Sifat anti kuman dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab abses paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi
Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

4. Membasmi kolesterol jahat
Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti sanggup meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan sanggup memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, lantaran bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL)

5. Mengobati keputihan
Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih sanggup dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan sanggup menghambat kuman masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

6. Mengobati sakit gigi
Benarkah bawang putih bisa menyembuhkan sakit gigi? Sakit gigi umumnya disebabkan oleh kuman yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akhir sakit gigi.


ilustrasi mengatasi sakit gigi via winnetnews.com

8. Meningkatkan imunitas
Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

9. Membantu menurunkan berat badan
Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh menyerupai yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada belahan tertentu pada tubuh akan berkurang lantaran kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik

10. Mengobati sinusitis
Sifat anti kuman pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

11. Mengobati flu
Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga sanggup mengobati flu. Sifat anti kuman dan anti mikroba akan membasmi kuman dan mikroba penyebab flu.

12. Mengobati jamur kaki
Sama halnya dengan poin 12, sifat anti-inflamasi sanggup mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga sanggup mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

13. Menambah gairah seksualitas bagi pria
Manfaat bawang putih untuk laki-laki yaitu untuk menambah gairah seksualitas. Sebabnya bawang putih mengandung aliccin, yaitu zat yang berfungsi melancarkan peredaran darah pada organ seksual. Cara mendapat manfaat sehat ini yaitu dengan mencampur bawang putih, telur ayam kampung, dan madu. Lalu minumlah ramuan tersebut secara rutin.

14. Menyuburkan rambut
Merawat rambut dengan bawang putih sanggup memperkuat akar rambut sehingga meminimalisir kerontokan, mengobati kulit kepala yang berketombe, dan menciptakan rambut lebih tebal serta bersinar. Caranya yaitu siapkan bawang putih secukupnya, kemudian blender hingga halus. Lalu gunakan sebagai masker rambut

15. Mengurangi tumbuhnya jerawat
Lelah dengan jerawat yang selalu tumbuh silih berganti? Saatnya membasmi penyebab jerawat dari akarnya, yakni dengan membersihkan darah. Caranya yaitu rutin makan bawang putih sebanyak 1-2 siung setiap hari.

Manfaat 6 Siung Bawang Putih Panggang

ilustrasi bawang putih panggang via nakita.grid.id

Para mahir menyatakan bahwa makan enam siung bawang putih panggang setiap hari risikonya akan menakjubkan. Berikut manfaat 6 siung bawang putih panggang yang harus Anda tahu,

1 jam
Pada jam pertama bawang putih dicerna di perut, dan kebanyakan sayuran, itu menjadi masakan bagi tubuh Anda.

2-4 jam
Pada periode ini, pertarungan bawang putih melawan radikal bebas dan sel kanker yang ada.

4-6 jam
Cairan berlebih dan lemak tubuh yang tersimpan dikeluarkan lantaran metabolisme tubuh, Anda mulai mencicipi manfaat yang diaktivasi oleh bawang putih.

6-7 jam
Suatu proses melawan kuman mulai dilakukan lantaran sifat anti kuman bawang putih.

6-10 jam
Tubuh Anda akan terlindungi dari oksidasi lantaran nutrisi telah memainkan tugas utama pada tingkat sel.

10-24 jam
Setelah mengonsumsi bawang putih, tubuh Anda memulai proses pencucian dalam dan mempunyai hasil sebagai berikut :
  • Mengatur kadar kolesterol
  • Melindungi organisme dari duduk masalah kardiovaskular
  • Menurunkan dan memperbaiki tingkat tekanan darah
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah logam berat memasuki tubuh
  • Meningkatkan kekuatan tulang
  • Menghilangkan kelelahan
  • Meningkatkan Performa Atletik
  • Meningkatkan umur sel yang panjang

Mengapa bawang putih juga berfungsi sebagai pengawet? Bawang putih sanggup dipakai sebagai materi pengawet lantaran kandungan Allicin tersebut. Allicin merupakan organosulfur yang sanggup membunuh beberapa mikrobia menyerupai bakteri, jamur, protozoa, dan virus. Kandungan allicin dalam bawang putih berkisar antara 1-3 persen.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Ghaly dan Dave pada tahun 2011, kandungan Allicin hasil ekstraksi pada bawang putih terbukti sanggup mencegah pertumbuhan aneka macam macam mikroba penyebab kebusukan daging. Allicin sanggup menghambat pembentukan dinding sel pada kuman sehingga akan menimbulkan cacat pada dinding sel kuman yang berakhir pada janjkematian lantaran sistem metabolisme yang terganggu.

Manfaat Susu Kedelai, Selain Mencegah Obesitas Ternyata Juga Baik Untuk Kesehatan Jantung

Nah, itulah beberapas manfaat wacana bawang putih yang sanggup kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.