Mengungkap Misteri Planet Mars Yang Katanya Terdapat Kehidupan, Benarkah?


planet mars via pemburuombak.com

Ternyata sebelum ilmuwan meneliti wacana planet adanya kehidupan di Planet Mars.

Dalam Al Qur'an dengan terang ditulis mirip ini!


Apa planet mars itu? Mars yakni planet terdekat keempat dari Matahari. Kenapa dinamakan Mars? Karena namanya diambil dari yang kuasa perang Romawi, yaitu Mars. Planet Mars juga dijuluki sebagai “planet merah” alasannya yakni dari jauh terlihat kemerah-merahan.

Apakah planet mars terbesar di tata surya? Planet mars bukan termasuk planet terbesar di tata surya. Setelah Merkurius, planet yang terkecil kedua di tata surya yakni Planet Mars.

Siapa penemu planet mars? Penemuan satelit Mars, Phobos dan Deimos, terjadi di 1877 ketika jago astronomi asal Amerika Serikat berjulukan Asaph Hall, Sr. mengidentifikasi sesudah pencarian lama, walaupun keberadaannya pernah di spekulasi sebelumnya.

Dikutip dari sangatmisteri.blogspot, seiring dengan perkembangan teknologi, Mars diyakini oleh ilmuwan mempunyai gejala kehidupan di dalamnya. Kehidupan di planet mars berdasarkan Al Alquran ternyata juga ada.

Surah As-Syuuro (42) ayat 29
Artinya : “Dan diantara ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan)Nya ialah membuat langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata yang ia sebarkan pada keduanya. Dan ia maha kuasa mengumpulkan apabila dikehendakinya.”

Arti dari Samawat secara umum memang langit, tetapi seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi yang tumbuh dengan cepat, langit disini bukan berarti hanya di bumi saja, tetapi tiap-tiap planet mempunyai langit, sedangkan planet di dunia ini tidak terhitung jumlahnya.

Dalam ayat tersebut juga ada kata Dabbah atau makhluk-makhluk melata. Jika anda berpikir bahwa yang dimaksud dengan makhluk-makhluk melata tersebut yakni binatang melata, anda salah besar. Berikut klarifikasi lebih lanjut.

Surah An-Nuur (24) ayat 45
Artinya : “Allah membuat setiap Dabbah dari Alma’i. Diantara mereka (Dabbah) itu ada yang berjalan atas perutnya, dan diantara mereka ada yang berjalan atas dua kaki, dan ada yang berjalan atas empat kaki. Allah membuat yang ia kehendaki dan sesungguhnya allah memilih atas tiap sesuatu.”

Dari arti ayat tersebut, dijelaskan bahwa Dabbah yang berjalan atas perutnya (ular,buaya, dan binatang reptile lainnya), Dabbah yang berjalan atas dua kaki (MANUSIA, ayam, dan lain-lain) dan dabbah yang berjalan atas empat kaki (kambing, sapi, kerbau, domba, dan lain-lain). Kaprikornus Dabbah itu bukan hanya binatang saja, tetapi insan juga termasuk Dabbah. Jika masih kurang terang klarifikasi di atas, anda sanggup baca dua ayat di bawah ini.

Surah Al-anfal (8) ayat 22
Artinya : “Bahwa sejahat-jahat Dabbah pada allah yakni orang-orang pekak dan tuli dan mereka tidak berpikir.”

Surah al-anfal (8) ayat 55
Artinya : “bahwa sejahat-jahat Dabbah pada allah yakni orang-orang kafir dan mereka tidak beriman.”

Dari kedua ayat diatas, cukup terang bahwa maksud dari orang-orang pekak, kafir, tidak berpikir dan tidak beriman, yakni manusia.

Jadi, kesimpulan dari pendapat ilmuwan dan Al Alquran di atas wacana adanya kehidupan di planet Mars yakni bukan suatu yang tidak mungkin bila ada kehidupan di planet Mars, alasannya yakni ilmuwan sudah menemukan beberapa bukti adanya kehidupan di Mars dan Al-Quran pun sudah menjelaskan bahwa insan atau binatang lainnya sanggup saja hidup di planet selain Bumi ataupun Mars.

Menguak Misteri Candi Borobudur, Benarkah Peninggalan Nabi Sulaiman?

7 Misteri Planet Mars

ilustrasi fakta planet mars via youtube.com

Walaupun sudah banyak wahana antariksa yang dikirimkan baik untuk mengorbit maupun mendarat di Mars, sang planet merah nyatanya masih menyimpan banyak misteri yang belum ditemukan jawabannya. Apa saja yg ada di planet mars? Dikutip dari Infoastronomy, inilah 7 misteri planet mars yang belum terpecahkan.

1. Mars Memiliki Dua "Wajah" 
Para ilmuwan telah dibingungkan beberapa dekade terakhir atas perbedaan dua wilayah di Mars. Perbedaan tersebut merupakan perbedaan permukaan. Belahan utara Mars diketahui mempunyai permukaan yang halus dan rendah, bahkan menjadi permukaan terhalus di Tata Surya. Menurut penelitian, wilayah tersebut terbentuk oleh air yang pernah mengalir di permukaan Mars.

Sementara itu, bab selatan permukaan Mars tampak kasar, banyak kawah, serta mempunyai banyak tebing curam setinggi 4 km hingga 8 km. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pernah ada watu luar angkasa yang menabrak bab selatan Mars di masa lalu.

2. Metana di Mars 
Metana molekul organik paling sederhana pertama kali ditemukan di atmosfer Mars oleh wahana antariksa Mars Express milik Agensi Antariksa Eropa (ESA) pada tahun 2003. Di Bumi, sebagian besar gas metana di atmosfer dihasilkan oleh kehidupan di permuukaan.

Keberadaan metana di atmosfer Mars membuat para astronom penasaran, bagaimana metana sanggup terbentuk di sana? Apakah juga akhir adanya kehidupan mirip di Bumi? Namun, bekerjsama ada cara untuk menghasilkan metana tanpa "campur tangan" kehidupan, mirip acara vulkanik. Saat ini, wahana antariksa yang lain milik ESA, ExoMars, sedang sibuk mempelajari komposisi kimia atmosfer Mars untuk mengetahui lebih lanjut wacana metana ini.

3. Ada Aliran Air di Mars? 
Meskipun ada sejumlah besar bukti yang menunjukkan bahwa air dalam bentuk cair pernah mengalir di permukaan Mars, nyatanya itu tetap menjadi sebuah pertanyaan besar wacana apakah ketika ini masih ada airnya atau tidak.

Tekanan atmosfer planet Mars terlalu rendah untuk air dalam bentuk cair sanggup bertahan di permukaannya, yakni sekitar 1/100 lebih rendah dari Bumi. Namun, garis-garis gelap yang terlihat di lereng Mars mengisyaratkan bahwa air asin sanggup saja ternyata memang mengalir di sana setiap demam isu semi.

4. Lautan di Mars 
Banyak wahana antariksa yang ditugaskan untuk misi ke Mars telah mengungkapkan sejumlah fitur di Planet Merah yang mengungkapkan bahwa Mars pernah cukup hangat untuk air cair berada di permukaannya. Fitur-fitur tersebut yang sekarang kering kerontang dulunya merupakan lautan luas, jaringan lembah, delta-delta sungai dan bahkan sumber mata air mineral.

Namun, model-model penelitian terbaru yang mempelajari iklim awal planet Mars tidak sanggup menjelaskan bagaimana mirip suhu yang hangat tadi sanggup muncul di Mars, ditambah lagi jarak Mars yang cukup jauh dari Matahari, sehingga ada hipotesis yang menyarankan bahwa fitur-fitur tadi mungkin telah terbentuk oleh angin atau prosedur lainnya.


ilustrasi lautan di mars via sains.kompas.com

5. Adakah Kehidupan di Mars? 
Benarkah di planet mars ada kehidupan? Wahana antariksa nirawak pertama yang berhasil mendarat di Mars, Viking 1, yakni yang memulai misteri ini: Apakah ada bukti kehidupan di Mars?

Misi wahana antariksa Viking 1 tersebut yakni untuk mencari kehidupan di Mars. Viking 1 telah mendeteksi adanya molekul organik mirip metil klorida dan diklorometana di permukaan Mars. Namun, senyawa ini disinyalir bukan berasal dari permukaan Mars, melainkan bekas cairan pembersih yang dipakai untuk mempersiapkan Viking 1 ketika ia masih di Bumi.

Sejauh yang ketika ini diketahui, permukaan Mars sangat tidak cocok bagi kehidupan mirip yang kita tahu untuk berkembang biak, bahkan untuk tanaman dan hewan. Mars begitu dingin, terancam radiasi, sangat kering, serta beberapa faktor lainnya. Namun, nyatanya ada banyak pola kehidupan di Bumi yang ekstrem mirip di Mars, contohnya kehidupan di Antartika dan Gurun Atacama di Cile.

Saat ini belum diketahui apakah Mars memang mempunyai kehidupan atau tidak. Kalupun ada, tampaknya hanya berupa kehidupan mikroorganisme, yang bila dikonfirmasi keberadaannya akan menjadi kehidupan lain selain di Bumi.

6. Kehidupan di Bumi Berasal dari Mars? 
Ada sebuah meteorit yang ditemukan di Antartika yang diperkirakan berasal dari Mars. Meteorit tersebut terpental dari Planet Merah ketika ada asteroid raksasa yang menabraknya beberapa juta tahun yang lalu.

Setelah diteliti, meteorit tersebut mempunyai struktur yang ibarat dengan batuan yang terbentuk oleh mikroba di Bumi. Temuan ini lantas meningkatkan kemungkinan bahwa kehidupan di Bumi bekerjsama berasal dari Mars. Benar atau tidaknya, inilah salah satu misteri terbesar planet Mars.

7. Bisakah Manusia Hidup di Mars? 
Bisakah planet mars dihuni manusia? Untuk menjawab apakah benar atau tidak kehidupan abnormal itu memang ada di Mars, kita sebagai insan mungkin benar-benar harus pergi ke sana dan mencari tahu sendiri.

Misi mendaratkan insan di Mars bekerjsama sudah dicanangkan NASA pada tahun 1969. Namun, penjelajahan antarplanet bagi insan menjadikan tantangan besar dari segi ilmiah dan teknologi. Kala itu, teknologi masih tidak memungkinkan.

Para astronot Mars akan menemui persoalan serius terkait makanan, air dan oksigen, serta efek jelek dari gravitasi mikro dan radiasi bila melaksanakan perjalanan ke Mars. Maka dari itu, NASA mengundurkan misi ambisiusnya itu hingga ke tahun 2030-an mendatang.

Tapi pertanyaannya, apakah insan sanggup hidup di Mars? Jawabannya, tidak. Kondisi di Mars benar-benar berbeda dengan di Bumi. Dengan begitu, semoga insan sanggup hidup di sana, kita memerlukan kawasan tinggal khusus dan persiapan yang benar-benar matang. Mungkin saja satu dekade mendatang, teknologi yang insan miliki sudah mumpuni untuk perjalanan antarplanet ke Mars.

Menguak Fakta Legenda Danau Toba, yang Terkenal Angker dan Sering Minta Tumbal


Nah, itulah gosip terkait misteri planet mars yang sanggup kami sampaikan. Benar tidaknya wallahualam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan.