Sabda Rasulullah, Ini Anugrah Bagi Orang Bau Tanah Yang Miliki 3 Anak Perempuan


Keutamaan mempunyai 3 anak perempuan (sumber via ruqoyyah.com)

MasyaAllah..

Betapa mulianya orang renta yang mempunyai 3 perempuan sekaligus. Sungguh Allah akan menganugerahkan ini kelak di akhirat.

Seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah,..


Keutamaan mempunyai anak perempuan. Kebanyakan orang ingin mempunyai anak laki-laki, hal ini dikarenakan oleh kepercayaan bahwa anak pria dapat menolong orang renta lebih lagi untuk bekerja. Dengan mempunyai anak pria dapat memperoleh lebih banyak harta, serta anggaran untuk menafkahi anak pria juga lebih gampang ketimbang perempuan.

Tetapi pola tersebut sebaiknya dihindarkan lantaran Islam juga mengajarkan keutamaan melahirkan anak perempuan yang nyatanya mempunyai banyak fungsi bagi orang tuanya. Tidak hanya tersebut beberapa ajaran yang diberikan terhadap anak perempuan bakal dapat sehingga bekal untuknya dikala selesai zaman telah datang nantinya. Sebab itulah baik halnya apabila orang renta mempunyai anak perempuan misalnya diajarkan oleh beberapa hadits berikut.

Nah jadi bagaimana keutamaan mempunyai 3 anak perempuan ???

Hadits keutamaan mempunyai anak perempuan

Kisah yang pertama berasal dari A’isyah radhiyallahu‘anha yang menceritakan bahwa ia berjumpa dengan seorang bunda yang mempunyai dua orang anak perempuan & mereka meminta sesuatu. 

Sayangnya pada dikala tersebut A’isyah sedang tidak mempunyai apapun tidak hanya suatu kurma saja. Tetapi dikala diberikan kepadanya, bunda tersebut justru membagi kurma yang hanya suatu tersebut menjadi dua yang kemudian diberikan pada anaknya. 

Saat hal tersebut diceritakan terhadap rasulullah maka dijawab mengenai keutamaan merawat anak perempuan yang bakal menjadi tameng bagi orang tuanya di neraka,  itulah lantaran untuk mempunyai anak perempuan.

Selain hadits keutamaan anak perempuan, ada pula hadits perihal keutamaan mempunyai anak perempuan dari Anas yang berbicara bahwa orang renta yang memelihara serta memperlihatkan nafkah dengan baik terhadap dua anaknya yang perempuan hingga saatnya baligh maka kekerabatan orang renta tersebut dengan rasulullah bakal menjadi bersahabat di hari selesai zaman layaknya jari-jari tangan yang bersahabat satu dengan yang lainnya., menyerupai yang dilansir oleh ruqoyyah.com

Ada lagi hadits perihal keutamaan anak perempuan lainnya dari Ibnu Abbas yang menyebutkan bahwa siapapun yang mempunyai anak perempuan serta memelihara & tidak membunuhnya dengan cara dikuburkan dalam keadaan hidup, serta tidak menghina anak perempuan, atau lebih mengunggulkan anak pria daripada anaknya yang perempuan, dengan demikian keutamaan mengasuh anak perempuan yang bakal membawanya ke surga.

:

Ada pula Uqbah yang berbicara hadits dari rasulullah yang menceritakan bahwa orang renta yang memelihara 3 anaknya perempuan dengan sabar serta memberinya makan & minum juga pakaian yang berasal dari kesuksesan usahanya, dengan demikian anak-anaknya yang perempuan tersebut yang bakal sehingga tameng baginya dihari selesai zaman maupun di neraka. 

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ فَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ، وَأَطْعَمَهُنَّ، وَسَقَاهُنَّ، وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Siapa yang mempunyai 3 anak perempuan, kemudian beliau bersabar, memberinya makan, minum, dan pakaian dari hasil usahanya, maka semuanya akan menjadi tameng dari neraka pada hari kiamat.

(HR. Ahmad 17403, Ibnu Majah 3669, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Hadits keutamaan anak perempuan yang terbaru berasal dari Anas yang berbicara bahwa orang renta yang mempunyai dua atau tiga orang anak perempuan atau bahkan saudara perempuan serta menafkahi mereka hingga saatnya mereka menikah maupun hingga mereka meninggal maka kekerabatan orang renta tersebut dengan rasulullah bakal menjadi bersahabat di hari selesai zaman misalnya jari-jari yang bersahabat satu dengan yang lainnya. Demikianlah keutamaan mempunyai anak perempuan.

مَنْ عَالَ ابْنَتَيْنِ أَوْ ثَلَاثَ بَنَاتٍ، أَوْ أُخْتَيْنِ أَوْ ثَلَاثَ أَخَوَاتٍ، حَتَّى يَبِنَّ أَوْ يَمُوتَ عَنْهُنَّ، كُنْتُ أَنَا وَهُوَ كَهَاتَيْنِ ” وَأَشَارَ بِأُصْبُعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

”Siapa yang menafkahi dua atau tiga anak perempuan atau saudara perempuan, hingga mereka menikah atau hingga beliau mati, maka saya dan beliau menyerupai dua jari ini.” Beliau berisyarat dengan dua jari: telunjuk dan jari tengah. (HR. Ahmad 12498 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Kita dapat melihat dari beberapa hadits keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam berdasarkan islam yang telah disebutkan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa mempunyai anak perempuan merupakan hal yang baik. Hal tersebut dikarenakan anak perempuan dapat menyelamatkan orang renta mereka dari siksa api neraka.

Bukan hanya hal tersebut, orang renta juga harus memperlihatkan nafkah yang benar terhadap anak perempuan mereka hingga mereka risikonya menikah dengan sabar. Mereka juga dihentikan merasa murka serta terhina dikala mempunyai anak perempuan, lantaran hal tersebut benar-benar kurang baik. 

Kita lihat ada banyak keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam yang dijelaskan dalam hadits di Al-Quran yang niscaya saja merupakan salah satu aturan yang harus diikuti dengan baik oleh semua umat muslim.

Kesimpulan keutamaan anak perempuan dan keutamaan mendidik anak perempuan:
1. Anak perempuan akan menjadi tameng bagi orang tuanya di neraka
2. Mengasuh 3 anak perempuan maka akan menyebabkan tameng dikala kiamat
3. Anak perempuan wajib mengasuh orang tuanya. 

Itulah artikel keutamaan punya 3 anak perempuan, dan ternyata keutamaan anak perempuan dalam islam itu harus merawat dan mengasihi anak perempuan.

Wallahu A'lam.