Punya Anak Pria Baik Memang Bangga, Tapi Punya Anak Wanita Akan Sanggup Keistimewaan Ini


Keistimewaan mempunyai anak pertama perempuan (sumber via NU online.com)

Tak perlu iri kalau tak punya anak laki-laki, lantaran Allah menawarkan keistimewaan kepada para orang bau tanah yang mempunyai anak perempuan

Dari erat Rasulullah sampai pelindung dari api neraka.


Kebanyakan orang bau tanah beranggapan kalau punya anak perempuan itu ngga bisa jadi penopang untuk adik-adiknya nanti.

Ternyata semua itu salah, justru anak perempuan itu membawa keistimewaan bagi orang bau tanah di dunia bahkan kelak di akhirat.

Kehadiran anak dalam rumah tangga muslim merupakan nikmat yang besar dari Allah Ta’ala. Namun, sebagian orang ada yang lebih mendambakan kehadiran anak pria daripada anak perempuan. Anak pria dianggap lebih mulia daripada anak perempuan. Mereka besar hati dan bergembira tatakala dikaruniai anak laki-laki.

Sebaliknya, bagi sebagian orang kehadiran anak perempuan merupakan malu dan dianggap bencana. Mereka duka dan kecewa kalau dikaruniai anak perempuan. Padahal kehadiran anak perempuan juga termasuk nikmat dari Allah. Bahkan Islam secara khusus menjelaskan wacana keutamaan anak perempuan dan ganjaran bagi orangtua yang memelihara dan mendidik bawah umur perempuan mereka, menyerupai yang dilansir oleh muslim.or

Al Imam Muslim rahimahullah menciptakan sebuah kepingan dalam kitab shahihnya dengan judul
(باب فَضْلِ الإِحْسَانِ إِلَى الْبَنَاتِ) “Keutamaan Berbuat Baik kepada Anak-Anak Perempuan”. Beliau membawakan tiga hadits sebagai berikut :

Pertama. Hadits dari  ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata,

جَاءَتْنِى امْرَأَةٌ وَمَعَهَا ابْنَتَانِ لَهَا فَسَأَلَتْنِى فَلَمْ تَجِدْ عِنْدِى شَيْئًا غَيْرَ تَمْرَةٍ وَاحِدَةٍ فَأَعْطَيْتُهَا إِيَّاهَا فَأَخَذَتْهَا فَقَسَمَتْهَا بَيْنَ ابْنَتَيْهَا وَلَمْ تَأْكُلْ مِنْهَا شَيْئًا ثُمَّ قَامَتْ فَخَرَجَتْ وَابْنَتَاهَا فَدَخَلَ عَلَىَّ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- فَحَدَّثْتُهُ حَدِيثَهَا فَقَالَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- « مَنِ ابْتُلِىَ مِنَ الْبَنَاتِ بِشَىْءٍ فَأَحْسَنَ إِلَيْهِنَّ كُنَّ لَهُ سِتْرًا مِنَ النَّارِ »

“Ada seorang perempuan yang tiba menemuiku dengan membawa dua anak perempuannya. Dia meminta-minta kepadaku, namun saya tidak mempunyai apapun kecuali satu buah kurma. Lalu akau berikan sebuah kurma tersebut untuknya. Wanita itu mendapatkan kurma tersebut dan membaginya menjadi dua untuk diberikan kepada kedua anaknya, sementara dia sendiri tidak ikut memakannya. Kemudian perempuan itu berdiri dan keluar bersama anaknya. Setelah itu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tiba dan saya ceritakan insiden tadi kepada beliau, maka Nabi shallallhu ‘alaii wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan bawah umur perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka bawah umur perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim 2629)

Kedua. Diriwayatkan juga dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata,

جَاءَتْنِى مِسْكِينَةٌ تَحْمِلُ ابْنَتَيْنِ لَهَا فَأَطْعَمْتُهَا ثَلاَثَ تَمَرَاتٍ فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً وَرَفَعَتْ إِلَى فِيهَا تَمْرَةً لِتَأْكُلَهَا فَاسْتَطْعَمَتْهَا ابْنَتَاهَا فَشَقَّتِ التَّمْرَةَ الَّتِى كَانَتْ تُرِيدُ أَنْ تَأْكُلَهَا بَيْنَهُمَا فَأَعْجَبَنِى شَأْنُهَا فَذَكَرْتُ الَّذِى صَنَعَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ « إِنَّ اللَّهَ قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الْجَنَّةَ أَوْ أَعْتَقَهَا بِهَا مِنَ النَّارِ »

“Seorang perempuan miskin tiba kepadaku dengan membawa dua anak perempuannya, lalu  saya memberinya tiga buah kurma. Kemudian dia memberi untuk anaknya masing-masing satu buah kurma, dan satu kurma hendak dia masukkan ke mulutnya untuk dimakan sendiri. Namun kedua anaknya meminta kurma tersebut. Maka si ibu pun membagi dua kurma yang semula hendak dia makan untuk diberikan kepada kedua anaknya. Peristiwa itu membuatku takjub sehingga saya ceritakan perbuatan perempuan tadi kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, : Sesungguhnya Allah telah menetapkan baginya nirwana dan membebaskannya dari neraka” (H.R Muslim 2630)

Ketiga. Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ


“Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan sampai remaja maka ia akan tiba pada hari tamat zaman bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

Umumnya para suami istri mendapatkan anak perempuan atau laki laki asalkan sehat dan kelak menjadi anak yang berakhlaq baik. anak laki laki dan anak perempuan tentu mempunyai keistimewaan yang berbeda walaupun sama sama anugrah dari Allah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam.

1. Pelindung dari Api Neraka



“Siapa yang diuji dengan kehadiran anak perempuan, maka anak itu akan menjadi pelindung baginya di neraka”. (HR Ahmad). Jika seorang pasangan suami diberi anugrah oleh Allah dengan titipan seorang anak perempuan dan bisa melewati ujian Allah dalam hal menuntun dan mendidik anak perempuan tersebut pada jalan Allah, maka akan menjadi pelindung kedua orang tuanya dari api neraka.

:
Anak perempuan yang dididik dengan kasih sayang sampai bisa menjadi anak yang sholehah menyerupai mempunyai hati yang lembut, menutup aurat, dan berbakti memperlihatkan keberhasilan orang bau tanah dalam mendidik anak tersebut. orang bau tanah sanggup mengajarkan cara bergaul yang baik berdasarkan islam biar kelak menjadi anak sholehah dan menjadi penghalang orang tuanya dari api neraka

2. Dekat dengan Rasulullah



Rasulullah juga mempunyai anak perempuan yang amat disayangi dan sholehah, yakni Fatimah Az Zahra. Pada hari tamat zaman nanti, orang bau tanah yang mempunyai dua anak perempuan dan nrimo menghidupi semata lantaran Allah, akan menerima syafaat pada hari kiamat. kenikmatan tersebut merupakan salah satu wujud kasih sayang Allah kepada wanita.

3. Jalan Masuk Surga



Allah menjamin nirwana bagi orang bau tanah yang mempunyai anak perempuan dan memperlakukan anak tersebut dengan baik serta tidak membeda bedakan kasih sayangnya dengan anak laki laki. ciri ciri perempuan penghuni nirwana ialah yang mendapatkan anugrah Allah berupa anak perempuan dengan senang dan mendidiknya semata lantaran Allah.

4. Lebih Dekat Secara Hati Nurani



Harus dibiasakan dengan ilmu agama semenjak kecil, sehingga saat remaja ia akan paham wacana ilmu agama dan mempunyai kedekatan yang lebih dengan orang tuanya lantaran dididik nuraninya untuk menjadi anak yang berbakti. Tetap ada pula hak orang bau tanah terhadap anak perempuannya yang sudah menikah alasannya orang tualah yang mendidik menjadi perempuan yang berbakti.

5. Pelindung di Hari Kiamat



Jelas dari hadist tersebut bahwa seseorang yang dianugrahi Allah 3 anak perempuan dan bersabar dalam mengurusnya serta bekerja keras untuk mendidiknya menjadi anak sholehah, kelak akan dilindungi saat hari tamat zaman alasannya kebaikannya pada ketiga anaknya. itulah salah satu pemberian saat hari tamat zaman berdasarkan islam.

6. Cermin Kelembutan Hati



Anak perempuan mempunyai hati yang lembut, umumya anak perempuan terbiasa bermain segala sesuatu yang berafiliasi dengan keindahan, menyerupai boneka yang bagus atau bermain masak memasak.

Hal tersebut merupakan cermin kelembutan hati yang telah Allah tanamkan semenjak kecil sebagai ciri khas anak perempuan. Orang bau tanah harus bisa mengarahkannya menjadi orang yang berhati dan bersikap lembut terhadap orang bau tanah dan sesama.

7. Praktis dalam Membantu Orang Tua



Anak perempuan seringkali lebih senang bermain di rumah daripada bepergian keluar. Hal tersebut sanggup menjadi sisi positif kalau kedua orang bau tanah sanggup mendidiknya.

Dengan demikian orang bau tanah akan merasa sangat terbantu saat anak perempuan tersebut sudah bisa membantu orang tuanya. Selain termasuk didikan biar anak menjadi berbakti, kebiasaan baik tersebut nantinya akan sangat bermanfaat untuknya saat ia sudah dewasa, ia menjadi lebih sanggup berdiri diatas kaki sendiri dalam hal apapun.

8. Kabar Gembira dari Allah



Anak perempuan sebetulnya yaitu sebuah kabar gembira dari Allah, bagi orang yang menolaknya hal tersebut dipandang jelek oleh Allah alasannya Allah amat memuliakan perempuan dengan aneka macam syariatNya menyerupai wajib menutup aurat biar tidak digoda oleh lelaki.

9. Cermin Ibu



Anak perempuan merupakan cermin dari ibunya, kalau seorang ibu bisa mendidiknya dengan cara yang islami dan menghindarkannya dari imbas jelek lingkungan, maka anak tersebut juga akan menjadi perempuan yang sholehah menyerupai ibunya. Sebab itu sebagai orang bau tanah harus memberi tumpuan yang baik terlebih dahulu gres mengajarkan pada anaknya.

10. Memberi Kebanggaan



Orang bau tanah yang mempunyai anak perempuan dan mmapu membesarkan sampai tumbuh remaja dan mempunyai sifat yang sholehah, tentu akan merasa besar hati alasannya bisa menjadian anaknya tersebut sukses dan mempunyai kemampuan yang sama dengan anak laki laki.

11. Jalan untuk Berbuat Baik



“Tidaklah seorang muslim yang mempunyai dua anak perempuan yang telah remaja kemudian dia berbuat baik pada keduanya kecuali akan dimasukkan ke surga”. (Shahih Al Adabil Mufrad).

Banyak tantangan mempunyai anak perempuan yang semua itu merupakan jalan kebaikan untuk mendidik dan menyayangi, contohnya ialah wacana menawarkan kesadaran untuk menjaga diri dengan menutup aurat dengan sempurna. Hal tersebut merupakan salah satu jalan kebaikan yang sanggup orang bau tanah terapkan untuk anak perempuannya biar sanggup menggapai surgaNya.

12. Meningkatkan Kasih Sayang



“Aku pun melihat Abu Bakar mencium pipi putrinya sambil berkata, bagaimana keadaanmu putriku?”. (HR Bukhari).

Memiliki anak perempuan sanggup menjadi sarana untuk meningkatkan kasih sayang, sehingga akan meningkatkan kasih sayang dan rahmat Allah pula bagi orang tuanya.

13. Dimuliakan Oleh Allah

Jelas dari aneka macam ayat Al Qur’an dan hadist bahwa perempuan selalu dimuliaka dan dilindungi, hal tersebut berlaku semenjak kecil, selama masa dewasa, juga sehabis anak perempuan tersbut berkeluarga. Sungguh keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam ialah orang tuanya akan menjadi hamba yang beruntung alasannya pintu amalan kebaikan terbuka dengan lebar.

14. Memiliki Derajat yang Sama

Anak perempuan mempunyai derajat yang sama dengan anak laki laki. Anak perempuan tidak berbeda dalam hal kepandaian dalam pendidikan maupun dalam pekerjaan. Keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam ialah anak perempuan tersebut tidak mempunyai perbedaan di mata Allah, semua mempunyai kesempatan yang sama untuk beribadah dan menerima jalan berbuat baik yang sama pula.

15. Lebih Cerdas dalam Ilmu dan Menerima Nasehat

Anak perempuan yang cenderung berdasarkan dan akan memudahkan orang bau tanah dalam mmeberi ilmu dan memberi nasehat. Memang tidak semua anak perempuan baik dan penurut, hal itu tergantung dari cara orang tuanya mendidik semenjak kecil dan bagaimana cara orang tuanya menanamkan kesadaran nurani islami di hati anaknya.

Anak perempuan yang sholeh, dalam pergaulan atau dalam lingkungan apapun akan tetap mengingat nasehat orang tuanya untuk menjaga diri dan melaksanakan yang terbaik dalam setiap urusannya, hal itu sanggup terjadi kalau orang bau tanah berhasil menanamkan rasa bakti semenjak dini.

Keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam ialah ujian bagi orang bau tanah untuk melaksanakan hal tersebut, orang bau tanah mempunyai tanggung jawab untuk mendidik anak perempuannya sampai anak perempuan tersebut menikah dan telah mempunyai suami sebagai pemimpinnya. Ujian tersebut akan mengakibatkan orang bau tanah lebih sabar saat memberi ilmu dan memberi nasehat sehingga kelak anaknya bisa tumbuh menjadi perempuan yang cerdas dan sholehah.

Demikian artikel mengenai keutamaan mempunyai anak perempuan dalam islam, jangan lupa bersyukur dengan cara selalu mengajarkan kebaikan dan memberi yang terbaik untuk anak anda. ajarkan segala kewajiban untuk perempuan dan wawasan islami pada anak perempuan anda biar bisa badan menjadi anak yang sholeh dan kelak bisa membawa orang tuanya ke surga.

Semoga bermanfaat.