Sakit Gigi Yang Tak Kunjung Sembuh, Bukan Sakit Biasa, Penyebabnya Pun Berbeda


Sakit gigi via scpatriotclub.com

Sakit gigi penyebabnya sanggup banyak sekali macam, mulai dari kuliner hingga cara perawatan gigi yang salah, baik itu dari sikat gigi atau cara menyikat gigi.

Jika sakit gigi berkepanjangan, cek dulu penyebabnya berikut ini, biar Anda sanggup menentukan cara mana yang tepat untuk menyebuhkannya.

Sakit gigi ialah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut sanggup bervariasi, mulai dari ringan hingga parah. Tahukah Anda kalau plak penyebab sakit gigi berlubang mulai terbentuk di gigi dalam waktu 20 menit setelah makan? Lalu, makanan apa saja yang membuat sakit gigi?

Cara mengobati sakit gigi sanggup eksklusif menuju dokter atau Anda juga sanggup mengobatinya sendiri secara alami, apa saja obat sakit gigi secara alami? Salah satu cara mengobati sakit gigi secara alami ialah dengan berkumur air garam, dan masih ada cara lain yang akan kami bahas seteah ini.

Penyebab gigi berlubang ialah jarang menggosok gigi, selain itu ada faktor lain yang mengakibatkan sakit gigi. Apa saja penyebab sakit gigi?  Sakit gigi ialah persoalan kesehatan yang umum terjadi. Mereka yang mengalaminya akan sangat terganggu. Jika Anda mengalami sakit gigi segera obati secara alami atau Anda sanggup eksklusif berobat kedokter.

Penyebab Sakit Gigi

Gigi berlubang memang sanggup dialami oleh siapa saja, baik belum dewasa maupun remaja hingga lansia. Banyak faktor yang sanggup mengakibatkan gigi berlubang.

Cara menyikat gigi yang salah
Jarang kita sadari bahwa kita menyikat gigi dengan cara yang salah. Mungkin ada sebagian yang beranggapan, Yang penting sikat gigi supaya lisan nggak bau. Hal ini tentu merupakan cara berpikir yang salah.

Karena kalau Anda asal-asalan menyikat gigi, maka sisa kuliner yang ada pada gigi Anda tidak akan terbasmi dengan sempurna. Hal ini akan mengakibatkan kuman-kuman pada sisa kuliner membuat gigi Anda berlubang. Maka dari itu, mulailah terapkan cara menyikat gigi dengan benar selama minimal 2 menit.

Jarang menyikat gigi
Penyebab gigi berlubang selanjutnya ialah jarang menggosok gigi. Ketika Anda jarang dan malas menggosok gigi Anda, maka basil dan kuman dari sisa-sisa kuliner akan berkembang biak dengan cepat dan mengakibatkan gigi Anda berlubang. Rajinlah menyikat gigi 2 kali sehari. Setelah sarapan dan sebelum tidur.

Alat menyikat gigi salah
Memakai sikat gigi dan pasta gigi yang tidak sesuai ternyata sanggup mengakibatkan lubang pada gigi Anda. Misalnya lisan Anda kecil namun menggunakan sikat gigi yang besar. Hal ini tentu akan membuat sikat gigi tidak sanggup menjangkau semua gigi Anda dengan tepat sehingga sisa makan yang tertinggal dalam lisan tidak terbasmi dengan baik.

Terlalu banyak mengkonsumsi kuliner manis
Rasanya hampir semua kuliner mengandung gula atau perasa kuliner manis. Ketika Anda terlalu banyak mengkonsumsi kuliner dan minuman manis, basil justru semakin nyaman bersarang di lisan Anda. Bakteri yang berkembang akan mengubah zat-zat menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Karies gigi
Penyebab gigi berlubang terakhir ialah karies gigi. Karies gigi merupakan penyakit infeksi pada gigi yang merusak struktur gigi. Jika tidak segera ditangani maka sanggup jadi gigi Anda berlubang atau parahnya harus dicabut biar infeksi tidak menyebar. Karies gigi sanggup disebabkan oleh enamel gigi yang tidak terbentuk sempurna, masuknya basil streptococcus mutans dan lactoballi ke dalam mulut.


Penyebab sakit gigi via intisari.grid.id

Makanan yang Menyebabkan Sakit Gigi

Kebiasaan menjaga kebersihan lisan dan gigi patut dipelihara seumur hidup. Namun akan jauh lebih cantik kalau Anda mengimbanginya dengan tidak mengonsumsi minuman dan kuliner yang sanggup merusak gigi. Sejumlah kuliner di bawah ini tanpa disadari sanggup mengakibatkan sakit gigi hingga gigi berlubang.

1. Permen asam
Tidak mengherankan kalau permen menduduki peringkat pertama sebagai kuliner penyebab sakit gigi dan gigi berlubang. Namun, ternyata tidak cuma permen manis bergula yang sanggup merusak gigi. Permen asam pun efeknya sanggup jauh lebih merusak.

2. Soda
Minuman soda mengandung gula yang sangat tinggi, yang pamornya sudah sangat populer sebagai penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, sifat sodanya sanggup membuat lisan kering. Kondisi lisan kering ialah ladang bagi basil jahat untuk semakin melancarkan aksinya merusak gigi.

3. Es batu
Banyak orang yang hobi mengunyah es kerikil sembari menghabiskan minuman dinginnya. Namun, kebiasaan ini jelek bagi kesehatan lisan dan gigi. American Dental Association menyatakan bahwa mengunyah es sanggup merusak email gigi sehingga gigi jadi lebih sensitif dan rentan patah atau retak. Memaksa mengunyah es kerikil yang keras juga sanggup membuat gigi lama-lama melonggar dan rentan copot.

4. Buah kering
Meski namanya buah, tetapi buah kering tetap berbeda dengan buah segar. Kismis, aprikot, plum, sultana, dan buah lainnya yang dikeringkan mempunyai tekstur yang sangat manis dan cenderung lengket. Tidak menutup kemungkinan buah tersebut sanggup terjebak di sela-sela gigi dan menjadi kuliner empuk bagi bakteri. Plak gigi yang menumpuk lama-lama sanggup membuat sakit gigi bahkan gigi berlubang.

5. Acar
Acar menjadi kuliner embel-embel yang sering dicari ketika Anda butuh sesuatu yang segar ketika makan berat. Rasa asam cuka acar juga sanggup membuat nafsu makan makin meningkat. Namun, sebuah studi pada tahun 2004 yang dilakukan terhadap lebih dari dua ribu siswa di Inggris menunjukan bahwa acar ialah kuliner penyebab sakit gigi nomor satu dibandingkan dengan kuliner lainnya.

6. Roti putih
Roti putih ternyata sama berbahayanya dengan permen. Roti putih kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula. Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan roti sanggup mengundang basil untuk bersarang dan berkembang biak. Lama kelamaan basil akan membolongi gigi dan membuat rasa sakit yang menusuk.

7. Alkohol
Minum alkohol membuat lisan kering dan dehidrasi. Padahal, air liur diperlukan lisan untuk membersihkan diri dari sisa-sisa kuliner serta melindungi jaringan lunak di lisan dari iritasi dan infeksi.

Mulut yang kering menjadi sumber penyakit lantaran sanggup mengakibatkan kuman berkembang dengan subur. Kondisi ini lama-lama akan menjadi akar dari banyak persoalan kerusakan gigi dan infeksi lisan lainnya, menyerupai penyakit gusi hingga lidah.

Oleh lantaran itu, selalu jaga kesehatan lisan serta teladan makan dan minum kita biar tidak hingga terkena sakit gigi. Kenapa sakit gigi berlubang? Kenapa sakit gigi sanggup bengkak? Apa sakit gigi sanggup mengakibatkan sakit kepala?


Mengobati sakit gigi via hellosehat.com

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami

Cara mengobati sakit gigi sanggup eksklusif menuju dokter atau Anda mencoba cara mengobati sakit gigi secara alami. Berikut cara mengobati sakit gigi secara alami.

1. Garam
Garam sanggup dipakai sebagai mengobati sakit gigi yang mujarab. Sodium yang tinggi sanggup membasmi basil penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptic alami anyir kesehatan lisan Anda. Masukkan 2 sdm garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi biar basil sanggup dibasmi hingga bersih.

2. Lemon
Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami biar kadar pH dalam lisan seimbang. Selain lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi basil penyebab gigi berlubang. Peras 1 buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari biar basil benar-benar hilang.

3. jeruk nipis
Sama halnya dengan lemon, jeruk nipis juga efektif untuk membasmi basil dalam lisan sehingga kesehatan lisan terjaga. Peras 2 buah jeruk nipis, campurkan dengan segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.

4. Bawang merah
Bawang merah mengandung antiseptic alami yang efektif membunuh kuman. Caranya ialah dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan sdt garam kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

5. bawang putih
Bawang putih sama dengan bawang merah mempunyai kegunaan sebagai antiseptic alami. Caranya ialah dengan menumbuk halus 1 siung bawang putih dengan sdt garam kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

6. Jahe
Ada kandungan antibakteri yang berfungsi memberangus basil dalam mulut. Caranya ialah dengan memarut 1 buah jahe. Kemudian peras airnya. Gunakan air persan jahe untuk berkumur.

7. air kelapa
Air kelapa juga mempunyai kegunaan sebagai antiseptic alami. Berkumurlah dengan menggunakan air kelapa alami setiap sehabis menggosok gigi.


Sakit gigi berlubang via dream.co.id

Gigi berlubang merupakan salah satu tanda gigi tidak sehat. Penyebabnya adalah  plak, yaitu zat lengket di lisan yang sebagian besar tercipta akhir adanya tumpukan kuman atau bakteri. Bakteri dalam lisan rajin mengubah kuliner menjadi asam. Apabila bakteri, sisa kuliner yang tertinggal, air liur, dan asam dalam lisan bergabung menjadi satu, bersiap-siaplah akan munculnya plak. Dan asam pada plak pun kemudian sanggup merusak enamel pelindung gigi hingga membuat gigi berlubang.

Masalah atau gangguan pada gigi sanggup mengakibatkan peradangan pada jaringan sekitarnya termasuk gusi dan dinding mulut. Adanya peradangan pada dinding lisan sanggup mengakibatkan pembengkakan pada pipi kalau dilihat dari luar. Kemungkinan besar pembengkakan ini berkaitan dengan sakit gigi yang Anda alami.

Gangguan gigi sanggup menjadikan imbas nyeri alih / nyeri menjalar ke kepala. Hal ini diakibatkan lantaran saraf gigi yang berdekatan dan saling berafiliasi dengan saraf otak. Sehingga kalau terdapat peradangan pada gigi yang merangsang saraf untuk mengirimkan sinyal nyeri akan turut serta mensugesti saraf otak untuk mencicipi nyeri tersebut.

Sebab lain ialah kalau terjadi infeksi pada gigi maka infeksi akan merangsang saraf menghasilkan zat kimia tertentu dimana zat kimia ini sanggup merangsang saraf kawasan sekitar gigi yang sakit untuk mencicipi nyeri yang sama.

Bagaimana sudah tahukan apa saja penyebab dan cara mengobati sakit gigi, kalau Anda tidak ingin sakit gigi maka selalu jaga kesehatan dan kebersihan lisan Anda. Demikian isu ini kami sampaikan, semoga sanggup membantu dan bermanfaat bagi Anda.