Viral 4 Matahari Muncul Di Kepulauan Riau, Begini Klarifikasi Ilmiahnya!


Gambar 4 matahari yang muncul di kepulauan Riau, diolah dari youtube.com

Mungkin anda bertanya-tanya, apa yang bekerjsama terjadi?

Sebuah video penampakan 4 matahari viral di media sosial, dan menciptakan bayak warga heboh.

Meski hal tersebut terbilang kejadian langka, begini klarifikasi ilmiahnya!

Peneliti Sains Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Erma Yulihastin menyampaikan fenomena matahari sebagaimana tergambar dalam video yang viral itu dinamakan sun dog.

Sun dog merupakan fenomena dikala matahari terlihat lebih dari satu. Namun, berdasarkan Erma, bukan jumlah matahari yang bertambah, melainkan hanya pantulan sinar matahari.

Matahari seolah bertambah lantaran sinar matahari yang menerobos awan sirus, awan yang mengandung kristal es.

"Syarat pertama, pembentukan di ekspresi dominan kemarau dikala uap air sangat minim, kering, dan dingin. Kedua, harus ada awannya, awan sirus yang mengandung kristal es sehingga beliau yang nantinya berfungsi sebagai restructor sinar matahari sehingga (matahari) dapat tampak meniru diri menyerupai itu," kata Erma, menyerupai dilansir dari detik.com, Kamis (11/10/2018).

Erma juga mengaku kaget melihat fenomena sun dog menyerupai terlihat dalam video. Sebab, dalam video tersebut terang terlihat bahwa matahari tampak banyak.

"Sebenarnya, bentuknya juga nggak selalu persis menyerupai matahari juga, dapat menyerupai pancaran cahaya yang membaur, dapat juga nggak terlalu terang mataharinya. Tapi yang beredar kan yang terang banget, ya, itu mungkin lantaran posisi matahari itu rendah. Makara memungkinkan untuk meniru diri, terlihat menyerupai itu," papar Erma.

:

Erma Yulihastin juga menyebut menyebut fenomena ini langka.

"Ini termasuk yang langka, ya. Langka dapat sejelas itu. Makanya masyarakat kelihatan di video itu kaget, heboh, lantaran mataharinya kelihatan banyak. Dan mereka belum tercerahkan ihwal sun dog ini," kata Erna.

Erma menyampaikan fenomena sun dog lebih sering terjadi di luar negeri, alasannya ialah awan di luar negri relatif lebih cuek daripada di Indonesia.

Berikut video penampakan 4 matahari yang viral tersebut: