11 Tips Menentukan Cincin Kawin Semoga Tidak Menyesal Nantinya


cincin kawin via beautynesia.id

Di masa kini ini, cincin kawin menjadi embel-embel dalam program pernikahan. Namun, tidak disangka banyak pasangan yang gundah menentukan cincin kawinnya. Agar kau tidak bingung, simak yuk tipsnya pada artikel ini.

Pernikahan merupakan salah satu momen terbaik dan penting dalam kehidupan setiap manusia. Riset menunjukan bahwa ijab kabul sanggup menciptakan diri senang dan sanggup berbangga diri.

Tidak sanggup dipungkiri bahwa setiap insan akan mempunyai pasangan hingga simpulan hayatnya. Pernikahan adalah suatu ikatan dimana antara seorang pria dan wanita menjadi satu yang bertujuan untuk membentuk suatu keluarga.

Dalam suatu pernikahan, mendengar kata cincin kawin bukanlah suatu hal yang asing. Pertukaran cincin kawin di dalam prosesi ijab kabul dilakukan pada ketika pengucapan kesepakatan kedua mempelai untuk menjalani kehidupan bersama.

Agar kau tidak menyesal dalam menentukan cincin kawin, inilah 11 tips menentukan cincin kawin yang sanggup kau jadikan pertimbangan. Langsung saja, inilah tipsnya.

5 Rukun Nikah dalam Islam yang Wajib Diketahui Semua Calon Pengantin

11 Tips Memilih Cincin Pernikahan

ilustrasi menentukan cincin kawin via thewedding.id

Ingin menentukan cincin kawin namun masih gundah dengan banyaknya pilihan model yang tersedia di toko perhiasan? Mari simak ulasannya biar Anda menemukan cincin kawin yang sesuai dalam 11 tips berikut ini.

Pilihan model cincin kawin mensugesti kecantikan cincin secara keseluruhan ketika dipakai. Untuk itu, selain memperhatikan pilihan mata berlian cincin, pilihan model rangka cincin juga sama pentingnya.

1. Persempit pilihan Anda  

Buatlah daftar pertanyaan untuk Anda dan pasangan mengenai cincin nikah sebelum melihat-lihat koleksi yang tersedia. Anda sanggup memulai dengan pertanyaan menyerupai jenis logam yang diinginkan, model yang sederhana, unik atau mewah, hingga apakah Anda berdua menginginkan ornamen menyerupai berlian atau kerikil permata pada bab rangka cincin.

Daftar pertanyaan seperti ini akan membantu Anda dan Si Dia mengeliminasi dan mengerucutkan pilihan.

2. Pertimbangkan untuk membeli cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus 

ilustrasi cincin kawin via irulitsna.blogspot.com

Jika Anda sudah mempunyai cincin pertunangan, cara ini tidak berlaku. Akan tetapi, mengetahui model cincin yang cocok degan cincin pertunangan Anda, akan sangat membantu dalam menciptakan keputusan.

Contohnya, sebuah cincin tunangan dengan berlian berbentuk pear yang unik harus dipadukan dengan model cincin nikah yang sederhana dan tidak heboh. Misalnya, memadukan cincin tunangan solitaire dengan cincin kawin bertahta berlian-berlian kecil.

3. Mulai pencarian anda lebih awal 

Ketika Anda sudah mempunyai inspirasi dasar mengenai pilihan cincin nikah, saatnya mencoba meluangkan waktu paling tidak dua atau tiga bulan sebelum tanggal ijab kabul Anda untuk mencari, membandingkan harga dan melihat kembali koleksi cincin yang menarik perhatian Anda dan pasangan.

Terlebih kalau Anda ingin mendesain sendiri cincin nikah, atau menambahkan ukiran. Biasanya hal ini akan memakan waktu hingga satu bulan atau lebih.

4. Mix It Up!

Anda dan pasangan mungkin memiliki  pilihan logam berbeda untuk rangka cincin nikah kalian. Jangan khawatir akan perbedaan tersebut. Sebaliknya, hal ini sanggup membantu menciptakan cincin terasa lebih personal.

Anda sanggup meminta teladan koleksi cincin nikah yang menggabungkan dua jenis logam berbeda, contohnya cincin braided bands dari emas putih dengan aksen emas kuning. Atau, Anda dan Si Dia sanggup mengenakan cincin nikah dengan jenis logam yang berbeda sesuai selera tapi dengan mencari aspek yang harmonis antara satu sama lain, menyerupai menambahkan ukiran yang sama atau klop satu dengan yang lain.

5. Tentukan budget Anda 

ilustrasi budget nikah via nu..or.id

Siapkan 3% dari budget ijab kabul sebagai budget cincin ijab kabul Anda dan Si Dia. Bandingkan harga rangka cincin mudah dan harga cincin yang sudah diberi detail tertentu.

Memodifikasi cincin sesuai dengan selera, menyerupai menambah ukiran atau memasang berlian, tentu akan memakan biaya lebih banyak.

6. Ingat gaya hidup Anda 

Hindari membuang-buang uang Anda untuk membeli cincin nikah yang cantik, berharga mahal tapi tidak nyaman dikenakan atau harus sering dilepas alasannya tuntutan aktivitas.

Ingat satu hal penting ini: Anda akan menggunakan cincin tersebut setiap hari, jadi pilihlah cincin nikah yang dengan sanggup menjadi bab dari gaya hidup Anda. Anda dan pasangan sanggup menentukan model cincin yang biasa disebut comfort fit yang ramping dengan sisi-sisi yang membulat.

Cincin dengan jenis logam solid tanpa hiasan kerikil permata atau pahatan rumit akan nyaman digunakan ketika mengerjakan sesuatu yang selalu menggunakan tangan menyerupai memasak. Sementara jenis logam platinum cocok untuk yang beraktivitas super aktif alasannya daya tahannya, terutama dari goresan.

10 Inspirasi Souvenir Pernikahan yang Unik

7. Jangan terburu-buru ketika memilih 

Mungkin Anda tertarik dan ingin membeli tipe cincin braided rose gold ring atau  diamond eternity band, tapi ada baiknya ketika melihat-lihat cincin dengan model lainnya.

Berbicaralah dengan pakar perhiasan dan biarkan mereka menawarkan saran sesuai dengan kesukaan Anda. Ingat juga bahwa kenyamanan yakni hal yang penting. Cobalah mengenakan cincin selama beberapa saat, kemudian gunakan untuk menulis atau mengetik sebagai tes kenyamanan.

8. Berpikir jangka panjang


ilustrasi berpikir via kepo20.blogspot.com

Selain trendi, Anda perlu memastikan bahwa cincin nikah pilihan Anda sanggup digunakan hingga berpuluh-puluh tahun kemudian, tetap nyaman dan sesuai untuk segala jenis kegiatan, baik itu pertemuan, kegiatan sosial dan lain-lain.

Namun, jangan terlalu pusing alasannya Anda selalu mempunyai waktu untuk meng-upgrade cincin ijab kabul tersebut kemudian.

9. Perhitungkan duduk masalah perawatan 

Memperhitungkan duduk masalah perawatan perhiasaan sangat penting. Terlebih cincin ijab kabul adalah cincin yang akan dikenakan setiap hari.

Pilih model dan jenis logam dengan cara perawatan sehari-hari yang gampang dilakukan sendiri menyerupai cincin emas.

10. Tentukan ukuran dengan tepat 

Pemakaian cincin nikah cenderung terus-menerus, dari musim satu ke musim yang lain, pada masa kehamilan, ketika bekerja, ketika suhu badan sedang panas, cuek dan ketika berkeringat.

Pilih waktu final fitting ketika Anda dalam keadaan hening dan suhu badan normal. Ini berarti Anda tidak sanggup melakukannya di pagi hari, atau sesudah berolahraga dan ketika suhu badan sedang panas atau kedinginan.

11. Periksa kualitas 

ilustrasi menyelidiki kualitas cincin kawin via banjarmasin.tribunnews.com

Pemeriksaan kualitas tidak hanya berlaku untuk cincin kawin tapi juga seluruh jenis cincin. Pastikan cincin yang Anda pilih mempunyai minimal dua tanda di bab dalam: tanda pembuat cincin dan tanda kualitas menyerupai PLAT atau 24 K.

Contoh Dekorasi Pernikahan yang Bisa Dibuat Sendiri Tanpa Perlu Bayar EO

Demikian 11 tips menentukan cincin kawin yang sanggup kau jadikan pertimbangan. Tips di atas membantumu biar tidak menyesal ketika sudah membelinya. Semoga bermanfaat dan lancar program ijab kabul yang akan kau langsungkan.
Related Posts