Cara Gampang Melaksanakan Abolisi Tiket Kereta Api


pembatalan tiket kereta api via phinemo.com

Kadang perjalanan hidup tidak sesuai rencana, menyerupai juga ketika kita mau bepergian dengan memakai kereta api.

Ketika kita sudah memesan tiket kereta api untuk pergi liburan, ternyata libur dirubah. Nah, untuk itu cara peniadaan tiket kereta api wajib diketahui! Berikut inilah langkahnya. 

Cara membatalkan tiket Kereta / Refund Tiket KAI / Pengembalian tiket KAI yang wajib Anda ketahui untuk mendapatkan pengembalian uang.

Mungkin sebagian dari Anda merasa resah bagaimana cara peniadaan tiket kereta yang telah dibeli. Pembatalan tiket ini memerlukan beberapa proses. Bagi sebagian orang, proses peniadaan tiket yang sudah dipesan akan merepotkan, menyerupai ketika anda harus membatalkan tiket kereta api. Namun, asal kau mengikuti prosedurnya dengan benar, melaksanakan peniadaan tiket kereta api gampang kok!

Meski pembelian tiket kereta api sanggup dilakukan lewat ponsel, Pembatalan tiket kereta api (KA) yang sudah dipesan tidak sanggup dilakukan secara online menyerupai halnya ketika pemesanan. Ternyata, tiket kereta sanggup di-refund lho. Meski tidak semua stasiun kereta api melayani akomodasi ini.

Ini syarat peniadaan tiket kereta api yang saya sanggup dari website resmi PT KAI, juga dari syarat dan ketentuan pada formulir peniadaan tiket kereta api.

Setelah sekian usang bekerja, kesudahannya kau bersama teman-teman tercinta memutuskan untuk liburan bersama. Wah, pastinya asik banget dong kalau sanggup pergi liburan bersama.

Apalagi dalam agenda liburan kali ini, kalian memutuskan untuk bepergian ke luar kota dengan kereta api.

Namun, planning tinggalah rencana, ternyata lantaran satu dan lain hal, salah satu temanmu mendadak membatalkan perjalanan.

Padahal, semua tiket kereta sudah terlanjur dibeli. Duh, mimpi jelek banget, nih. Mau nggak mau, kau harus segera mencari cara refund tiket kereta api.

Bepergian ke luar kota dengan memakai kereta, entah untuk liburan atau perjalanan bisnis, memang sungguh menyenangkan. Selain mudah dan cepat, naik kereta juga kini jauh lebih nyaman.

Namun, kalau mendadak harus batal pergi, tentunya kau harus melakukan pembatalan tiket kereta api. Nah, kau udah tahu belum cara pembatalan tiket kereta api yang sanggup membuatmu mendapatkan refund tiket kereta?

Yuk, simak gimana cara cancel tiket kereta api plus cara refund tiket kereta api.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api & Cara Refund Tiket Kereta Api

1. Mendatangi Stasiun Pembatalan Tiket Kereta Api

Sobat, pastinya udah tahu kalau beli tiket kereta api online memang sanggup di mana saja.

Meskipun demikian, Sobat  perlu tahu bahwa setiap proses pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api, semuanya hanya sanggup dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

Artinya, kau harus mendatangi eksklusif stasiun untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api atau refund.

Beberapa syarat pembatalan tiket kereta api yang perlu kau siapkan sebelum tiba ke stasiun pembatalan tiket kereta api adalah booking ID, identitas asli, dan fotokopi identitas tersebut.

Pihak yang harus mengurus cara membatalkan tiket kereta api ialah pemilik tiket sendiri. Kalau kau kebetulan nggak sanggup tiba ke stasiun lantaran suatu sebab, kau sanggup meminta tolong sobat atau saudaramu yang terpercaya buat mengurusnya.

Jangan lupa, sertakan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai.

Perlu kau catat lagi, nggak semua stasiun melayani pengajuan pembatalan tiket kereta api. Berikut ini ialah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api, yaitu:

DAOP 1 Jakarta: Stasiun Jakartakota, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang, Stasiun Rangkasbitung.

DAOP 2 Bandung: Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Kiaracondong.

DAOP 3 Cirebon: Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang.

DAOP 4 Semarang: Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Semarangponcol. Stasiun Semarangtawang, Stasiun Bojonegoro.

DAOP 5 Purwokerto: Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo.

DAOP 6 Yogyakarta: Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan.

DAOP 7 Madiun: Stasiun Madiun, Stasun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono.

DAOP 8 Surabaya: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Blitar.

DAOP 9 Jember: Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Kalibaru, Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Pasuruan.

DIVRE I Sumatera Utara: Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Kisaran Ranntauprapat.

DIVRE II Sumatera Barat: Stasiun Padang

DIVRE III Sumatera Selatan: Stasiun Prabumulih, Stasiun Kertapati, Stasiun Lubuklinggau, Stasiun Baturaja, Stasiun Tanjungkarang, dan Stasiun Kotabumi.

2. Lengkapi Data Penumpang

Langkah ke-2 dalam cara pembatalan tiket kereta apii ialah melengkapi data penumpang. Setelah hingga ke stasiun pembatalan tiket kereta api, kau harus bertanya dulu pada Customer Service yang tersedia di stasiun pembatalan tiket kereta api tersebut, lantaran nggak semua loket di stasiun melayani peniadaan tiket.

Nantinya, oleh Customer Service kau akan diberikan formulir pembatalan tiket kereta api & diarahkan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api.

Jadi, jangan aib buat bertanya dulu pada Customer Service di stasiun pembatalan tiket kereta api agar syarat pembatalan tiket kereta api milikmu lengkap.

Lengkapi data penumpang dengan mengisi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari dua rangkap formulir, yang satu ialah data tiket, sedangkan yang rangkap satunya ialah data penumpang.

Formulir ini ialah syarat pembatalan tiket kereta api yang harus kau isi secara lengkap, Sobat . Kalau kau masih resah dengan cara pembatalan tiket kereta api step ke-2 ini, kau sanggup bertanya eksklusif pada Customer Service di stasiun.

Mereka akan dengan bahagia hati menjelaskan cara pembatalan tiket kereta api tahap ke-2 ini padamu.

3. Mendatangi Loket untuk Refund Tiket Kereta Api

Nah, sesudah cara pembatalan tiket kereta api yang ke-2 beres, kau harus memerhatikan cara refund tiket kereta.

Bener kan, kalau melakukanpembatalan tiket kereta api, tentu kau juga menginginkan untuk mendapatkan refund.

Cara refund tiket kereta api ialah dengan mendatangi loket stasiun yang diinformasikan oleh Customer Service di tahap cara pembatalan tiket kereta api yang ke-2.

Kamu akan diberi pilihan untuk menentukan cara refund tiket kereta memakai metode transfer bank atau tunai.

Refund ini akan diberikan padamu sesudah 30×24 jam semenjak pengurusan pembatalan tiket kereta api, dengan cara kau membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitasmu.

Ingat ya, kalau formulir pembatalan tiket kereta api milikmu hilang ketika mengambil refund, kau harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

4. Terima Refund

Ini cara pembatalan tiket kereta api yang terakhir dan pastinya kau tunggu-tunggu. Yap, refund. Setelah 30×24 jam, saatnya kau buat mendapatkan refund tiket kereta api yang kau kembalikan.

Perlu kau catat, nih. Sama menyerupai ketika kau memesan tiket pesawat, ketika melaksanakan pengajuan refund karena pembatalan tiket kereta api, jumlah refund yang kau dapatkan pastinya tidak full 100% kembali. Nilai refund ditentukan sesuai dengan waktu pengajuan pembatalan tiket kereta api yang kau ajukan. Biasanya, kau akan mendapatkan pengembalian atau refund sebesar 75%.

Nah, kalau kalian bertanya kapan paling lambat mengajukan permohonan pembatalan tiket kereta api, jawabannya ialah 30 menit. Betul, untuk melakukan pembatalan tiket kereta api yang kau pesan, harus dilakukan paling lambat 30 menit sebelum waktu keberangkatan terencana untuk perjalanan keretamu.

Kalau kau melaksanakan peniadaan lebih lambat dari itu, maka tiket yang kau pesan akan dinyatakan hangus.

Nah, beres deh cara pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api yang harus kau ketahui. Untuk lebih lengkapnya, kau sanggup melihat banyak sekali syarat tentang pembatalan tiket kereta api di foto berikut ini.


syarat peniadaan kereta api via blog.tiket.com

Gimana? Itu 4 step cara pembatalan tiket kereta api. Praktis banget kan cara pembatalkan tiket kereta api di atas? Cara refund tiket kereta juga nggak susah, kok. PT KAI kooperatif banget buat melayani kau yang butuh mengurus cara pembatalan tiket kereta api.

Selain cara-cara di atas, sebisa mungkin hindarilah membatalkan tiket pada simpulan pekan. Stasiun kereta akan cenderung lebih penuh ketika simpulan pekan dan antrian pastinya juga lebih panjang kan.