Cara Menghemat Energi Dalam Rumah


Hemat via benergi.com

Sekarang pemanasan global semakin meningkat, banya teknologi modern yang banyak menghabiskan energi. Kita harus mengetahui cara menghemat energi untuk membantu mengurangi pemanasan global ini.

Penghematan energi sangat penting untuk kita lakukan, apalagi mengingat akhir-akhir ini telah terjadi krisis energi di dunia. Karena terjadinya krisis energi ini, kita harus tahu cara menghemat energi agar kita tidak selalu boros ketika memakainya. Salah satunya yaitu kita harus sanggup menghemat energi di dapur, bagaimana cara menghemat energi di dapur? Simak caranya disini.

Perkembangan zaman yang semakin maju menciptakan kebutuhan energi semakin besar untuk kehidupan yang modern ini, salah satu cara yang sanggup kita lakukan yaitu dengan menghemat energi listrik maupun energi materi bakar. Dengan begitu, kita telah sanggup membantu mengurangi pengeluaran energi.

Cara Menghemat Energi, penghematan energi yaitu tindakan yang penting untuk mengurangi beban lingkungan dan menurunkan konsumsi listrik. Menghemat energi juga akan menambah isi kantong Anda. Sumber energi memang sanggup diperbaharui, namun tidak sebanding dengan penggunaannya. Berikut 10 Cara Menghemat Energi di Dapur yang harus Anda ketahui dan Anda coba.


Cara menghemat energi via slideplayer.info

10 Cara Praktis Menghemat Energi di Dapur

1. Memilih Alat Listrik dengan Daya Rendah

Banyak dari alat dapur yang sekarang menggunakan listrik menyerupai panggangan listrik, blender, mixer atau alat dapur lainnya. Alat-alat tersebut memang sangat membantu dan memudahkan dalam mengolah masakan. Namun ada baiknya kita sanggup menentukan alat listrik dengan daya yang rendah, sehingga energi yang dipakai tidak terlalu besar.

2. Mengurangi Menggunakan Alat Listrik

Alat-alat elektronik menyerupai blender atau mixer memang sangat membantu dan memudahkan kita di dapur. Namun ada baiknya untuk mengurangi penggunaan alat listrik tersebut, apabila kita masih sanggup melakukannya secara manual. Misalnya menghaluskan bumbu dalam jumlah yang sedikit tidak perlu menggunakan blender yang akan menggunakan listrik.

3. Tidak Harus memasak

Memasak sendiri biasanya dianggap lebih puas, namun dengan memasak seringkali justru akan menciptakan pengeluaran lebih boros. Kadang kala membeli kuliner justru akan lebih hemat, apalagi jikalau porsi yang diharapkan sedikit atau hanya untuk makan sendiri dalam sehari. Jika memang menyerupai itu sebaiknya tidak harus memasak, semoga pengeluaran lebih hemat.

4. Memasak Sekali Sehari

Jika memang harus memasak, usahakan untuk memasak satu kali saja yang sanggup mencukupi kebutuhan makan sekeluarga dalam sehari. Dengan demikian selain sanggup menghemat waktu, memasak sekali dalam sehari juga akan membantu untuk menghemat materi bakar kompor sehingga penggunaannya tidak terlalu boros.

5. Mengurangi Memasak Beraneka Macam

Memasak dengan beraneka macam kuliner memang menyenangkan, namun hal ini akan menciptakan penggunaan materi bakar kompor lebih banyak pula alasannya dipakai untuk memasak dalam waktu yang cukup usang untuk memasak aneka macam aneka makanan. Kita sanggup memadukan beberapa jenis kuliner dibanding harus memasak dengan cara yang berbeda.

6. Makan dengan Lalapan

Beberapa sayuran sanggup kita konsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Biasanya kita sebut hal itu dengan lalapan. Sayuran kubis, daun kemangi dan mentimun biasanya dipakai sebagai lalapan. Lalapan ini juga biasa dikonsumsi dengan sambal dan sanggup dinikmati dengan ayam atau ikan goreng maupun bakar.

7. Menggunakan Kompor Secara Efisien

Menggunakan kompor secara efisien akan membantu kita untuk mengurangi penggunaan materi bakar kompor tersebut. Yakni dengan cara meminimalisir waktu nyala kompor. Sebaiknya jangan menyalakan kompor ketika wajan atau panci belum berada di atas kompor atau bahkan belum menyiapkan materi kuliner yang akan di masak. Hal ini perlu kita hindari untuk lebih menghemat.

8. Mematikan Kompor Sebelum Masakan Matang

Seringkali kita mematikan kompor jikalau kuliner telah matang dengan sempurna. Padahal kita sanggup mematikannya lebih dulu walaupun kuliner tersebut belum matang secara sempurna.

Dengan cara mendiamkan kuliner beberapa menit di atas kompor akan menciptakan kuliner matang tepat dengan menggunakan panas sisa pada wajan. Dengan demikian hal ini akan membantu untuk menghemat penggunaan energi materi bakar.

9. Menggunakan Ceret Peluit untuk Memasak Air

Banyak barang dapur yang sanggup menjadi pilihan. Salah satunya dengan menggunakan ceret peluit untuk memasak air. Dengan ceret ini kita akan tahu bahwa air telah matang dikala mengeluarkan suar menyerupai peluit. Dengan begitu kita akan cepat mematikan kompor sehingga sanggup menghemat energi materi bakar.

10. Membuka Kulkas secara Efisien

Menggunakan kulkas secara efisien merupakan salah satu cara menghemat energi. Sebaiknya jangan terlalu sering membuka pintu kulkas atau membukanya terlalu lama.

Mesin pendingin di dalam kulkas akan bekerja lebih dikala kita membuka kulkas sehingga daya energi yang dibutuhkan pun cukup besar. Maka dari itu, bukalah kulkas secara efisien dan sesuai kebutuhan semoga sanggup menghemat energi.


Menghemat energi via tandapagar.com

Ada kalanya, energi di bumi akan habis. Untuk menghindari hal ini cepat terjadi, cobalah berusaha untuk menghemat energi dengan beberapa cara di atas.

Kurangi acara yang memang tidak terlalu membutuhkan penggunaan energi. Jikalau terpaksa, gunakanlah secara bijak energi tersebut. Gunakan alat-alat yang sekiranya sanggup membantu melaksanakan penghematan. Semoga cara menghemat energi ini sanggup sangat membantu dan bermanfaat bagi Anda.
Related Posts