Dua Amalan Ringan Tapi Dapat Memperberat Timbangan Amal Di Akhirat


Gambar dari infoyunik.com

Pastinya antum sudah melaksanakan amalan ini setiap hari tapi tidak sadar.

Padahal amalan ini keistimewaannya bisa memperberat timbangan amal di darul abadi jikalau terus di dzikirkan.

Setelah final zaman terjadi, kehidupan insan tidak lantas berakhir begitu saja. Justru insiden ini menjadi awal mula bagi kehidupan yang kekal awet selamanya. Setelah menjalani fase hisab atau perhitungan, maka akan diketahui insan akan masuk nirwana atau di neraka.

Nantinya amal baik dan jelek insan ditimbang terlebih dahulu. Ada yang nilai amalnya memberatkan timbangan kebaikan, ada pula kebaikan yang nilainya tidak begitu memberatkan.

Dua kalimat berikut ini ternyata mempunyai nilai yang berat ketika ditimbang pada hari kiamat. Kalimatnya begitu gampang diucapkan dan sangat dicintai Allah SWT.

:

Sudah pernahkah kita mengucapkannya? Seperti apa lafadznya?

Ternyata kalimat tersebut berbunyi Subhaanallaahi Wa Bihamdihi Subhaanallaahil 'Adzim yang mempunyai arti "Maha Suci Allah dan segala puji untuk-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung." Pengetahuan ini bersumber dari hadist Nabi Muhammad SAW. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

"Dua kalimat yang ringan diucapkan lisan, berat ditimbangan, dan dicintai oleh Al-Rahman (Allah): Subhaanallaahi Wa Bihamdihi Subhaanallaahil 'Adzim." 

Seperti yang dilansir oleh infoyunik.com, Hadist ini diriwayatkan oleh HR. Muttafaq 'Alaih.

Sangat ringan bukan? Jumlah hurufnya sangat sedikit, serta huruf-huruf tersebut  mempunyai daerah keluar yang mudah. Tidak ada abjad yang berat diucapkan. Sehingga ringan diucapkan. Pahalanya pun sangat berlimpah, menunjukan Allah SWT begitu gampang memperlihatkan rahmat dan kasih sayangnya kepada hamba-Nya.

Dzikir Subhanallahi Wa Bihamdihi ini mempunyai makna menyucikan Allah SWT dari apa-apa yang tidak pantas untuknya.

Dia Maha tepat dari segala sisi. Kemudian, kalimat tersebut digandengkan dengan tasbih kebanggaan yang memperlihatkan kesempurnaan karunia dan pemberian-Nya kepada semua makhluk-Nya. Juga memperlihatkan kesempurnaan hikmah, pengetahuan, dan sifat-sifat-Nya yang lain.

Subhanallah al-Adzim berarti Allah pemilik keagungan, kebesaran, keperkasaan, kekuasaan. Tidak ada sesuatu yang kekuasaan, kemampuan, kebijaksanaan, pengetahuan yang lebih agung daripada Allah. Dia maka agung dengan Dzat dan sifat-sifat-Nya.

Kandungan yang ada di dalam kalimat ini

Dua kalimat zikir di atas mengandung maqam raja' (pengharapan) dan khauf (Takut).

Raja' terdapat pada sifat kebanggaan yang berupa sanjungan baik atas apa yang Dia perbuat dan sifat-sifat kesempurnaan dan kemuliaan yang disandang-Nya.

Sedangkan khauf diperoleh dari makna keagungan, kebesaran, keperkasaan, kekuasaan.

Saat mengetahui begitu mudahnya di ucapkan, agar kita tidak lagi menyia-nyiakan waktu untuk tidak berucap kalimat yang sangat kaya akan pahala tersebut.

Wallahu Ta'ala A'lam.