Meninggal Sebelum Nikah, Dicerai Suami Dll, Ini 6 Keadaan Perempuan Di Nirwana Kelak


Gambar ilustrasi dilansir dari islamidia.com

Jika lelaki kelak mendapat bidadari di nirwana bagaimana dengan wanita?

Mengenai pertanyaan tersebut, ada 6 keadaan bagi perempuan di nirwana kelak, tergantung keadaan mereka semasa di dunia.

Baik yang meninggal sebelum menikah, dicerai oleh suami dan lain-lain. Berikut dalilnya...

Ada yang menyampaikan bahwa apabila seorang pria menghunui surga, maka ia akan mendapat bidadari.

Ada pula yang menyampaikan istri yang menikah lagi sesudah suami pertamanya meninggal dunia, kelak di alam abadi istri tersebut akan bertemu dengan suami keduanya, bukan dengan suami pertamanya?

Lantas benarkah demikian?

Lelaki mendapat bidadari surga

Ketika kita membuka lembaran-lembaran ayat suci al Quran, kita menemukan bahwa Allah SWT saat menyebut amalan shaleh, Dia mengiringinya dengan menyebut ganjaran pahala dan perolehan nirwana yang dihiasai dengan sungai-sungai yang mengalir di bawahnya, berbagaimacam buah-buahan kesukaan manusia, kebun yang indah, istana megah yang terbuat dari emas dan mutiara, daerah tidur, permadani dan bantal  dari emas  dan permata. Tak ada kehidupan yang paling indah selain di alam nirwana sana.

Selain itu, Allah SWT juga menceritakan bahwa di dalamnya terdapat bidadari-bidadari manis bermata jeli yang menjadi isteri bagi kaum Adam yang berada di Surga. Dalilnya yaitu firman Allah SWT dalam surat Ar rahman, ayat 46-54. dan surat al Waaqi’ah, ayat 11-40.

Allah juga berfirman :

إِلَّا عِبَادَ اللَّهِ الْمُخْلَصِينَ (40) أُولَئِكَ لَهُمْ رِزْقٌ مَعْلُومٌ (41) فَوَاكِهُ وَهُمْ مُكْرَمُونَ (42) فِي جَنَّاتِ النَّعِيمِ (43) عَلَى سُرُرٍ مُتَقَابِلِينَ (44) يُطَافُ عَلَيْهِمْ بِكَأْسٍ مِنْ مَعِينٍ (45) بَيْضَاءَ لَذَّةٍ لِلشَّارِبِينَ (46) لَا فِيهَا غَوْلٌ وَلَا هُمْ عَنْهَا يُنْزَفُونَ (47) وَعِنْدَهُمْ قَاصِرَاتُ الطَّرْفِ عِينٌ (48) كَأَنَّهُنَّ بَيْضٌ مَكْنُونٌ (49)

Tetapi hamba-hamba Allah yang dibersihkan (dari dosa). Mereka itu memperoleh rezki yang tertentu, yaitu buah-buahan. Dan mereka yaitu orang-rang yang dimuliakan, di dalam surga-surga yang penuh nikmat, di atas tahta tahta kebesaran berhadap-hadapan. Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamer dari sungai yang mengalir. Warnanya putih bersih, sedap rasanya bagi orang orang yang minum. Tidak ada dalam khamer itu al kohol dan mereka tiada mabuk karenanya. Disisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya, seperti mereka yaitu telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik. ( QS : Ash Shaaffaat, 40-49).

Lantas Bagaimana dengan wanita?

Keadaan perempuan di dunia ada enam:

1. Meninggal sebelum menikah.
2. Ditalak suami pertama, dan tidak menikah lagi hingga meninggal.
3. Menikah dengan lelaki yang bukan jago surga. Misalnya, suaminya murtad atau melaksanakan kesyirikan.
4. Meninggal lebih dahulu sebelum suaminya.
5. Ditinggal mati suaminya, dan tidak menikah lagi hingga meninggal.
6. Ditalak atau ditinggal mati suaminya, lalu menikah dengan lelaki lain.

Untuk perempuan jenis pertama, kedua, dan ketiga, ia akan dinikahkan dengan seorang lelaki yang menjadi penghuni surga. Dia mempunyai sifat yang sempurna, sebagaimana penghuni nirwana lainnya. Ini menurut sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ما في الجنة أعزب

Di surga, tidak ada orang yang tidak menikah.” (H.R. Ahmad dan Muslim)

Dilansir dari konsultasisyariah.com, untuk perempuan jenis keempat dan kelima, ia akan dinikahkan dengan suaminya di dunia.

Adapun perempuan yang keenam akan dinikahkan dengan suami yang terakhir. Ini menurut sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

أيما امرأة تُوفي عنها زوجها ، فتزوجت بعده ، فهي لآخر أزواجها

Wanita mana pun yang ditinggal mati suaminya, lalu si perempuan menikah lagi, maka ia menjadi istri bagi suaminya yang terakhir.” (H.R. Thabrani; dinilai sahih oleh Al-Albani),

Namun demikian, Allah tak pernah menyia-nyiakan satu amalpun, baik pria maupun perempuan.

Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang berzakat diantara kamu, baik pria ataupun perempuan" (Ali-Imran: 195).

"Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik pria maupun wanita, sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam nirwana dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun" (An-Nisa': 124).

"Sesungguhnya pria dan perempuan yang muslim, pria dan perempuan yang mu'min, pria dan perempuan yang tetap dalam keta'atannya, pria dan perempuan yang benar, pria dan perempuan yang sabar, pria dan perempuan yang khusyu', pria dan perempuan yang bersedekah, pria dan perempuan yang berpuasa, pria dan perempuan yang memelihara kehormatannya, pria dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar"(Al-Ahzab: 35).

Allah telah menyebutkan bahwa mereka akan masuk Surga dalam firman-Nya:

"Mereka dan istri-istri mereka berada dalam daerah yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan" (Yasin: 56).

"Masuklah kau ke dalam Surga, kau dan istri-istri kau digembirakan"(Az-Zukhruf:70).

Kaprikornus Allah niscaya adil pada kita semua! Demikian, Wallahu A'lam.
Related Posts