Pingin Rumah Adem Tanpa Ac, Tanam Saja 7 Bunga Indah Ini Dirumah Anda!


Tanaman yang bisa membuat sejuk udara di rumah (foto: kumparan.com)

Mengejutkan...

Selain memakai AC, ternyata ada cara gampang untuk mensiasati hawa panas secara alami di rumah.

Salah satunya yakni dengan menanam 7 tumbuhan rambat ini di pagar atau dinding rumah. 

Sangat menarik untuk Anda coba!

Cuaca makin ke sini memang kadang tidak bisa diprediksi. Kadang panas, tetapi sesekali hujan deras.

Jika sedang cuaca panas biasanya kita pengen cepat-cepat pulang dan menyalakan AC atau kipas biar bikin hawa adem.

Tapi kalau terus-terusan memanfaatkan teknologi semacam itu bisa bikin tagihan listrik membengkak dan juga bikin cepat rusak.

Namun ternyata, bersama-sama kita bisa membuat adem rumah dengan cara alami. Yaitu dengan menanam bunga atau tumbuhan rambat di sekitar rumah.

Selain bikin adem ternyata tumbuhan rambat ini juga bikin rumah asri dan tentunya ekonomis biaya.

Berikut tujuh tujuh tumbuhan rambat berbunga indah yang jikalau anda tanam di bersahabat rumah, akan membuat rumah Anda adem meski tanpa AC:

1. Bougenville



Dilansir dari kumparan.com, bunga berwarna merah muda keunguan dengan tekstur tipis ini akan tetap tumbuh dan tahan panas meski jarang disiram.

Ternyata bunga aslinya berwarna putih dan tekstur yang tipis layaknya kertas ini bisa dapat untuk mengakali situasi rumah yang panas.

Daun dan bunganya yang rindang dan indah akan membawa kesegaran udara di sekitar.

2. Morning Glory



Tanaman ini bisa hidup keadaan panas atau cuek sekalipun. Bunga yang mekar ternyata menyimpan aroma yang menyegarkan.

Warna kelopak bunga dipengaruhi suhu. Jika suhu panas dan terkena sinar matahari secara intens bunga akan berwarna ungu, jikalau ditanam di suhu cuek dan kurang cahaya matahari bunga berwarna biru.

Tanaman ini cukup gampang perawatannya. Morning Glory hanya cukup disiram lima hingga tujuh hari sementara untuk pemupukan dua bulan sekali.

3. Alamanda



Bunga ini lebih sering di jumpai di Indonesia. Bunga ini bisa tumbuh baik di cuaca panas dengan intensitas matahari yang penuh dan kondisi tanah berpasir sekalipun.

Bunga ini memang sering berbunga akan tetapi tidak sebanyak bunga Bougenville. Cara yang paling gampang untuk menanam bunga ini yakni dengan memakai cara stek.

4. Petrea Volubilis



Tanaman rambat ini bisa dijadikan acuan jikalau Anda suka bunga berwarna ungu. Tanaman rambat ini bisa tumbuh di kawasan tropis menyerupai Indonesia.

Bunga ini mempunyai ciri khas tersendiri, sebelum gugur kelopak bunga akan bermetamorfosis hijau.

5. Antigonon Leptolupus



Tanaman ini cukup gampang dijumpai di Indonesia. Perawatannya pun terbilang gampang bahkan tidak memerlukan penyiraman dan pemupukan.

Selain bisa dijadikan tumbuhan rambat, ternyata ia bisa dijadikan obat herbal untuk penyakit diabetes. Tanaman ini sering dianggap gulma lantaran bisa tumbuh dengan cepat.

6. Mandivella Sanderi



Tanaman asal Florida Amerika Serikat ini sekilas hampir menyerupai dengan bunga Alameda, hanya warna kelopak dan daunnya saja yang berbeda.

Tanaman rambat ini sangat menyukai cuaca panas sehingga banyak bunga bermekaran. Adapun warna bunganya berwarna pink, putih, dan merah muda.

Perawatan tumbuhan ini hanya memerlukan sinar matahari yang cukup dan melaksanakan penyiraman yang rutin pada sore hari.

7. Soapwort



Tanaman ini terbilang cepat tumbuh dan berbunga sangat banyak. Biasanya tumbuhan ini dipakai untuk menghiasi pagar dan dinding rumah biar terlihat anggun dan asri.

Meskipun tahan dengan sifat panas nyatanya perawatan tumbuhan terbilang gampang bahkan tidak butuh perlakuan khusus.

Memang sih, tanaman-tanaman tersebut tidak bisa membuat udara menjadi cuek secara instan kayak AC.

Namun, tumbuhan ini banyak dipakai untuk membuat suasana asri di rumah. Setelah tumbuh besar dan rindang, suasana sejuk dan indah bakal Anda rasakan.

Kaprikornus mulailah menanam sekarang, itung-itung menanam bunga untuk investasi kesegaran jangka panjang!