Viral Bunyi Seolah-Olah Terompet Terdengar Di Langit Pekalongan, Fenomena Apa?


Gambar gambaran Suara Misterius Bikin Heboh Warga Pekalongan (tribunnews.com)
Suara misterius menggema di langit dini hari, warga Pekalongan gempar...

Suara yang menyerupai terompet tersebut muncul sekitar pukul 01.00 WIB, Jumat dini hari (14/12). Bahkan terdengar di Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, sampai Kabupaten Batang.

Untuk sementara, BMKG menduga hal ini sebagai penyebabnya...

Suara gila yang menyerupai mirip dengungan terompet terdengar dari langit di sejumlah kawasan di Jawa Tengah, Jumat dini hari (14/12).

Fenomena itu pun pribadi menciptakan geger warganet. Fans page Facebook Pekalongan INFO (@pekalonganinfo) mengunggah video rekaman bunyi itu sekitar pukul 01.45 WIB. Dalam video berdurasi 17 detik itu, terdengar bunyi dengungan menyerupai terompet dari langit.

Seseorang yang merekam bunyi itu juga berucap keheranan, “Suara apa itu?


Posting-an tersebut pribadi diserbu komentar dan dibagikan ribuan kali.

Sejumlah pengguna Facebook mengaku mendengarkan bunyi yang sama pada jam tersebut.

Andriyani Phuji Rahayu, salah seorang warganet asal Kabupaten Batang, mengaku mendengar bunyi tersebut dengan jelas.

Saya d batang/gringsing juga dnger kira q psawt keras bngt ky d atas rumah (Saya di Batang/Gringsing juga dengar. Kirain saya pesawat. Keras banget kaya di atas rumah),” tulisnya di kolom komentar.

Suara itu ternyata tidak hanya terdengar di sekitar Pekalongan dan Batang, tetapi juga di Tegal dan Brebes.

Seorang warganet dengan nama akun Facebook "Ręsį Måhăşãdû" mengaku mendengarkan bunyi yang sama pada pukul 00.40 WIB. “Nang brebes (suara muncul) pukul 00.40 pak,” tulisnya.

Seorang warga Tegal, Hendri Lisdiant, juga mengungkapkan hal senada. Tengah malam, ia mendengar bunyi dengungan dengan durasi yang cukup panjang. Karena penasaran, ia pun menanyakan apa yang dialaminya lewat unggahan status di Facebook. “Apa sekitar jam 00.00 ke atas ada yg denger bunyi dengungan keras??” tulisnya.

Apa yang sesungguhnya terjadi?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih mendiskusikan terkait fenomena bunyi misterius yang terjadi di langit Pantura dini hari tadi. Namun dipastikan bunyi itu bukan berasal dari fenomena cuaca.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko, menyampaikan BMKG belum dapat mengidentifikasi asal suara. Namun kemungkinannya dari pesawat dengan baling-baling.

"Menurut isu dari BMKG Ahmad Yani belum dapat teridentifikasi. Kalau dari suaranya menyerupai dengan baling-baling atau propeller," kata Iis menyerupai dikutip dari detikcom, Jumat (14/12/2018).

Suara pesawat dapat terdengar kalau pesawat itu terbang di bawah 24 ribu kaki. Meski demikian ketika bunyi terdengar yaitu sekita pukul 01.00 tidak terlihat ada pesawat sebab berawan.

"Yang terang bukan fenomena cuaca yang menyebabkan bunyi tersebut," terang Iis.

Sementara dikutip dari Tribu-video.com, dipantau melalui aplikasi radar penerbangan menunjukkan, memang ada pesawat yang melintas sekira pukul 01.00 WIB yakni pesawat Boeing 737-8U3.

Pesawat tersebut melintas di atas kota Pekalongan rute Jakarta menuju Sorong dengan ketinggian 35 ribu kaki dan berkecepatan mencapai 467 knot.

Pesawat jenis Boeing 737 merupakan jenis pesawat komersial dengan mesin ganda yang diproduksi oleh pabrik Boeing di Seattle Amerika Serikat.

Namun sampai kini, belum ada yang tahu niscaya penyebab sesungguhnya.